Doa Pengantin Baru Untuk Orang Menikah

By | Oktober 26, 2019
doa pengantin baru untuk orang menikah

Doa teks ucapan untuk pengantin baru atau orang menikah lengkap barakallahu.

Doagama.com – Doa pengantin baru untuk orang menikah. Semua orang di dunia tentu ingin bahagia, memiliki pasangan hidup yang saling mendukung satu sama lain.

Pernikahan, perkawinan dalam hal ini ijab kabul dilakukan agar sepasang kekasih atau pacar resmi menjadi suami istri dan memulai kehidupan baru dalam ikatan rumah tangga.

Pernikahan bukan akhir dari perjalanan cinta, melainkan awal dari kehidupan yang baru bersama pasangan, untuk itu, kita dianjurkan untuk mendoakan orang yang baru menikah.

Ucapkanlah syukur kepada Allah SWT atas berkat dan rahmatnya sehingga kita (atau orang lain) dpat dipertemukan dengan jodoh yang selama ini dicari-cari.

Tanpa bantuan Allah Ta’ala, mungkin kita (atau orang lain) tidak akan pernah bertemu dengan belahan jiwa. Memang Allah menakdirkan manusia hidup berpasang-pasangan, tapi usaha untuk menemukan pasangan juga perlu dilakukan.

Ada banyak macam-macam doa untuk pengantin atau mempelai yang baru saja menikah, doa yang bertujuan untuk mengucap syukur karena acara pernikahan berjalan lancar dan baik-baik saja.

Selain itu doa untuk orang menikah juga diucapkan agar pernikahan yang dijalani dapat menjadi awal pintu berkah lainnya, menjagi keluarga yang sakinah, mawadah dan warrahmah.

Di sini kita akan membahas beberapa doa lengkap untuk pengantin anyar, doa yang ditulis dengan menggunakan bahasa Arab dilengkapi tulisan latin serta artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

Doa Untuk Pengantin Baru Nikah

doa pengantin baru
doa pengantin baru

Setidaknya ada 5 doa mustajab untuk sepasang kekasih yang baru saja melangsungkan pernikahan. Doa-doa berikut bersumber dari berbagia hadits shahih sesuai sunnah.

Doa pernikahan ini bisa dibaca oleh pengantin laki-laki dan perempuan, tamu undangan, penghulu, kedua orangtua baik kandung maupun mertua, kerabat, saudara, maupun hadirin lainnya.

Doa orang menikah bisa dibaca ketika acara lamaran, sehari menjelang hari pernikahan, ketika setelah ijab kabul, akad nikah, saat resepsi atau pesta perayaan nikah dan sebagainya.

Berikut adalah teks, lafadz, ucapan, bacaan doa untuk pengantin yang baru nikah untuk orang menikah agar hidup bahagia selalu, samawa, dalam bahasa Arab, latinnya beserta terjemahan bahasa Indonesia.

1. Doa Lengkap Untuk Pengantin Baru

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Barakallahu laka, wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khair.

Artinya :
“Mudah-mudahan Allah SWT memberkahimu, baik ketika senang maupun susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.” – (HR. Abu Dawud).

2. Teks Bacaan Doa Pengantin Baru

اَللّٰهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِيْ، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِيْ

Artinya :
“Ya Allah SWT, berikanlah makan kepada orang yang memberi makan kepadaku, dan berikanlah minum kepada orang yang memberi minum kepadaku.”

3. Doa Untuk Orang Menikah

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Artinya :
“Ya Allah SWT, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka.” – (HR. Ahmad).

4. Doa Khusus Untuk Pengantin Baru

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ

Artinya :
“Ya Allah SWT, berkahilah apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, Ampunilah mereka dan sayangilah mereka.” – (HR. Muslim).

5. Doa Setelah Akad Nikah

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُوْنَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ اْلأَبْرَارُ، وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ الْمَلاَئِكَةُ

Artinya :
“Telah berbuka di sisi kalian orang-orang yang berpuasa, dan telah menyantap makanan kalian orang-orang yang baik, dan para Malaikat telah mendoakan kalian.”

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai doa pengantin baru nikah jawi, lengkap untuk pengantin, teks bacaan, doa pernikahan barakallahu, ucapan koleksi doa untuk pengantin mempelai pernikahan.

Doa pengantin di undangan, doa untuk orang menikah, doa setelah akad nikah, doa malam pertama, doa ulang tahun pernikahan, resepsi, barakallau lakuma wa baraka alaikuma.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *