Contoh Doa Penutup Ibadah Kristen (Doa Berkat)

By | Juni 10, 2019
doa penutup ibadah

Doa penutup ibadah kristen katolik dan protestan atau doa berkat

Doagama.com – Doa penutup ibadah. Sebagai anak Tuhan yang baik dan sering mengikuti kegiatan ibadah di gereja, tentu kita sudah tidak asing dengan berbagai rangkaian doa yang dibacakan oleh pendeta atau worship leader.

Mulai dari Doa Pembukaan Ibadah, Doa Sebelum Firman Tuhan, Doa Setelah Firman Tuhan, Doa Syafaat, hingga Doa Persembahan dan Doa Penutup. Rangkaian doa tersebut dijadikan sebagai jembatan untuk berkomunikasi dengan Tuhan yang kuasa.

Nah karena kebetulan sedang longgar, saya akan menuliskan beberapa contoh doa saat selesai ibadah umat Kristen mulai dari yang singkat hingga yang agak panjang namun lengkap. Namun sebelum itu, kita perlu mengetahui pengertian dari doa akhir berikut ini.

Apa itu Doa Penutup Ibadah?

Doa penutup merupakan doa yang dibaca untuk mengakhiri rangkaian ibadah umat Kristen seperti ibadah kaum wanita, ibadah kaum pemuda, ibadah penghiburan, ibadah sekolah minggu dan ibadah-ibadah lainnya.

Doa ini berisi ucapan terima kasih kepada Tuhan karena telah menyertai kegiatan ibadah yang baru saja dilalui sehingga berjalan dengan lancar dan tanpa ada halangan. Dan meski ada halangan sekalipun, itu tidak mengganggu konsentrasi dalam beribadah yang dikerjakan.

Doa penutup yang hanya dibaca oleh pendeta ini dibaca pada akhir atau penghujung acara ibadah. Setelah membaca doa ini, seluruh jemaat, worship leader, pendeta dan seluruh orang yang membantu menyukseskan kegiatan ibadah pulang ke rumah masing-masing.

Contoh Doa Penutup Ibadah Kristen

Berikut akan saya berikan dua contoh doa pada akhir acara ibadah kristen. Silahkan disimak dan boleh diambil poin-poinnya saja apabila ingin dikembangkan sesuai kebutuhan.

1. Doa Penutup Kristen Singkat

Tuhan yang maha kuasa, terima kasih atas penyertaan yang telah diberikan sehingga kegiatan ibadah yang kami laksanakan hari ini berjalan baik dan lancar. Setelah ini, kami akan pulang ke rumah masing-masing untuk beristirahat. Kiranya Bapa menyertai perjalanan kami pulang sehingga selamat sampai tujuan. Kiranya, ibadah yang kami laksanakan ini dapat menjadi penambah rindu untuk kembali melaksanakan ibadah di kemudian hari. Dalam nama Tuhan Yesus kami mengucap terima kasih. Amin.

2. Doa Penutup Kristen Panjang

Bapa yang ada di Sorga. Terima kasih atas penyertaan dan kelancaran kegiatan ibadah pada hari ini. Terima kasih telah menuntun kami dari awal rangkaian acara ibadah hingga menuju akhir di mana setelah ini kami akan bersama-sama pulang ke rumah masing-masing. Bapa, kami mohon pertolonganMu agar dilancarkan dalam perjalanan pulang dan bisa selamat sampai tujuan tanpa terjadi masalah apapun.

Kiranya, Bapa berkatilah pula kami ketika sampai di rumah agar selalu rindu melaksanakan kegiatan ibadah. Bagi mereka yang belum berkesempatan melaksanakan ibadah, kiranya Tuhan berkati mereka agar pada waktu selanjutnya mereka dapat melaksanakan ibadah seperti yang kami laksanakan. Dalam nama Yesus Kristus sebagai juru selamat, kami mengucap terima kasih. Haleluya, Amin.

Akhir Kata

Itulah contoh Doa Penutup Ibadah. Semoga dapat menjadi referensi bagi yang ditunjuk untuk membaca teks penutup ibadah kristen di gereja. Silahkan ambil poin-poinnya saja jika dirasa perlu ada pengembangan. Terima kasih.

Baca :

2 thoughts on “Contoh Doa Penutup Ibadah Kristen (Doa Berkat)

  1. Ones

    Onescontoh daonya bisa membantu kita terimakasih TUHAN YESUS MEMBERKATI…..

    AMIN

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *