DOA PULANG SEKOLAH : Arab, Latin, Terjemahan

By | Juli 18, 2019
doa pulang sekolah sesudah belajar

Doa pulang sekolah, sesudah belajar, anak paud, tk, sd, smp, sma, islam.

Doagama.com – Doa pulang sekolah sesudah belajar. Saat sekolah ketika masih kecil, masih ingatkah kalian membaca surat Al-Ashr setiap hendak pulang sekolah? Saat itu kita menganggap surat tersebut sebagai doa wajib sesudah belajar.

Memang kebanyakan sekolah tingkat dasar, baik PAUD, TK, hingga SD/MI masih menggunakan surat Al-Ikhlas sebagai doa untuk mengakhiri pelajaran di kelas. Baik anak-anak muslim NU atau Muhammadiyah sama-sama membaca doa ini di kelas.

Namun pada dasarnya, itu bukan doa yang wajib dibaca pada saat pulang sekolah. Hanya merupakan salah satu surat yang terdapat dalam Al-Quran. Masih banyak doa yang bisa dibaca setelah menyelesaikan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Doa-doa tersebut diambil dari berbagai macam sumber di internet yang menyebutkan bahwa kebanyakan bacaan doanya diambil dari hadits. Selain untuk pulang sekolah, doa ini juga dapat dibaca setelah selesai mengaji, mengikuti pengajian dan majelis taklim.

Hadits Menuntut Ilmu/Belajar

Allah SWT meminta kita untuk terus belajar dan menuntut ilmu. Hal tersebut telah diriwayatkan pada hadits berikut ini.

Artinya:
“Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari suatu ilmu. Niscaya Allah memudahkannya ke jalan menuju surga.”

– (HR. Tirmidzi)

Doa Sesudah Belajar

Berikut adalah bacaan doa sesudah belajar di kelas, tempat ngaji, majelis taklim, pesantren dan tempat belajar lainnya.

1. Doa Sesudah Belajar Untuk PAUD/TK

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Subhanaka Allahuma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik.

Artinya :
“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

2. Doa Sesudah Belajar Anak SD/MI

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

Artinya:
“Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.”

3. Doa Setelah Belajar Ngaji

رَبِّ أَوْزِعْنِيْ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ. وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحاً تَرْضَاهُ .وَأَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Robbi auzi’nii an asykuro ni’matal latii an’amta ‘alayya wa ‘alla waalidayya wa an’ a’mala shoolihan tardhoohu wa adkhilnii birohmatika fii ‘ibaadikash shoolihiin

Artinya:
“Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.”

4. Doa Setelah Belajar Singkat

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma arinal aaqqa haqqan, warzuqnat tibaa’ahu. Wa arinal baathila baa-thilan warzuqnaj tinaabahu.

Artinya :
“Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya.”

Doa Pulang Sekolah

doa pulang sekolah
doa pulang sekolah

Berikut adalah teks bacaan doa pulang sekolah yang diambil dari Surat Al-Ashr ayat 1-3.

بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ . وَالْعَصْرِ . إِنَّ الْإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ . إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ .

Wal’ashr innal insaana lafii khusr, Illaalladziina aamanuu wa’amilush shaalihaati watawaasaw bilhaqqi watawaasaw bishshabr.

Artinya:
“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran.”

Akhir Kata

Itulah bacaan doa pulang sekolah dan doa mengakhiri pelajaran ketika belajar di sekolah untuk anak-anak, pelajar, mahasiswa, santri, agar ilmu yang kita dapat bisa bermanfaat dan menjadi berkah. Amin.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *