DOA REBO WEKASAN : Arab, Latin dan Terjemahan

By | Juli 12, 2019
doa amalan rebo wekasan

Bacaan doa untuk amalan rebo wekasan, rabu pungkasan atau lidaf’il bala bahasa arab, latin beserta artinya atau tejemahan indonesia.

Doagama.com – Doa rebo wekasan beserta artinya. Sesuai judul, artikel ini membahas tentang teks doa yang kerap dibaca oleh umat Islam sebagai amalan di hari rebo wekasan. Bacaan doa ditulis dalam bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia.

Tujuannya adalah untuk memohon kepada Allah SWT agar kita terhindar dari marabahaya, musibah, bencana, cobaan dan penyakit. Karena pada hari tersebut, diyakini sebagai hari diturunkannya segala macam cobaan untuk manusia.

Pengertian Rebo Wekasan

Rebo wekasan, rabu pungkasan atau rebo kasan merupakan hari rabu terakhir di bulan Safar. Pada hari tersebut diyakini sebanyakk 320.000 macam bencana, marabahaya dan penyakit diturunkan sebagai cobaan untuk manusia.

Banyak umat Islam, khususnya Islam kejawen yang meyakini soal ini dan melakukan amalan berupa doa dzikir dan sholat pada hari rebo wekasan. Hal ini didasarkan pada budaya masyarakat Arab kuno atau jahiliyah yang meyakini bahwa Shafar merupakan bulan yang penuh sial.

Hadits Rebo Wekasan

Meski demikian terdapat hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah yang menyebutkan sebagai berikut:

“Tidak ada wabah (yang menyebar dengan sendirinya tanpa kehendak Allah), tidak pula ramalan sial, tidak pula burung hantu dan juga tidak ada kesialan pada bulan Shafar. Menghindarlah dari penyakit kusta sebagaimana engkau menghindari singa.”

– (H.R. Imam Al-Bukhari dan Muslim)

Namun budaya ini masih terus berlanjut bahkan hingga saat ini. Artikel ini tidak dibuat untuk saling berdebat. Hanya untuk berbagi mengenai teks doa yang kerap dibaca sebagai salah satu amalan rebo wekasan selain Sholat Rebo Wekasan.

Doa Rebo Wekasan

doa rebo wekasan
doa rebo wekasan

Berikut adalah bacaan doa amalan rebo wekasan, rabu pungkasan/kasan atau lidaf’il bala. Doa yang juga disebut sebagai doa tolak bala untuk memohon agar terhindar dari marabahaya.

1. Doa Rebo Wekasan Arab

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَصَلىَّ اللهُ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ يَا شَدِيْدَ الْقُوَى وَيَا شَدِيْدَ الْمِحَالِ يَا عَزِيْزُ ذَلَّتْ لِعِزَّتِكَ جَمِيْعُ خَلْقِكَ اِكْفِنِيْ مِنْ جَمِيْعِ خَلْقِكَ يَا مُحْسِنُ يَا مُجَمِّلُ يَا مُتَفَضِّلُ يَا مُنْعِمُ يَا مُكْرِمُ يَا مَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا أَنْتَ اِرْحَمْنِيْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ اللهم بِسِرِّ الْحَسَنِ وَأَخِيْهِ وَجَدِّهِ وَأَبِيْهِ وَأُمِّهِ وَبَنِيْهِ اِكْفِنِيْ شَرَّ هَذَا الْيَوْمِ وَمَا يَنْزِلُ فِيْهِ يَا كَافِيَ الْمُهِمَّاتِ يَا دَافِعَ الْبَلِيَّاتِ فَسَيَكْفِيْكَهُمُ اللهُ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَحَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَصَلىَّ اللهُ تَعَالىَ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ الِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

2. Doa Rebo Wekasan Latin

Bismilahirrahmanirrahim wa shallallahu ‘ala sayidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam. Allahumma ya syadidal quwa wa ya syadidal mihal ya azizu zallat li ‘izzatika jami’u kholqika ikfini min jami-‘i kholqika ya muhsinu ya mujammilu ya mutafadhdhilu ya mun’imu ya mukrimu ya man la ilaha illa anta bi rahmatika ya arhamarrahimin. Allahumma bisirril hasani wa akhihi wa jaddihi wa abihi ikfini syarra hazal yauma wa ma yanzilu fihi ya kafiyal muhimmat ya dafi-‘al baliyyat fasayakfikahumullahu wa huwas sami’ul ‘alim. Wa hasbunallahu wa ni’mal wakilu wa la hawla wa la quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azim. Wa shallallahu ta’ala ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wasallam.

3. Doa Rebo Wekasan Terjemahan

Artinya:
“Dengan Nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga shalawat dan salam Allah senantiasa tercurah pada junjungan kami, Nabi Muhammad Saw, keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah, Tuhan Yang Maha Memiliki Kekuatan dan Keupayaan. Ya Tuhan Yang Maha Mulia dan karena kemuliaan-Mu itu, menjadi hinalah semua makhluk ciptaan-Mu, peliharalah aku dari kejahatan makhluk-Mu. Ya Tuhan Yang Maha Baik. Yang Memberi Keindahan, Keutamaan, Kenikmatan dan Kemuliaan. Ya Allah, Tiada Tuhan kecuali hanya Engkau. Kasihanilah aku dengan Rahmat-Mu, wahai Zat yang Maha Penyayang.

Ya Allah, dengan rahasia kemuliaan Sayyidina Hasan dan saudaranya, serta kakeknya dan ayahnya, ibunya dan keturunannya, jauhkan aku dari kejahatan hari ini dan kejahatan yang akan turun padanya. Wahai Zat Yang Maha Mencukupi harapan dan Menolak bala’, cukuplah Allah Yang Maha Memelihara lagi Maha Mengetahui untuk memelihara segalanya. Cukuplah Allah tempat kami bersandar, tiada daya dan upaya kecuali atas izin Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Dan semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad Saw. beserta keluarganya dan para sahabatnya.”

Akhir Kata

Itulah teks bacaan Doa Rebo Wekasan. Semoga amalan yang kita kerjakan, dapat bernilai pahala di mata Allah SWT. Semoga kita sama-sama dihindarkan dari cobaan yang berat dan apabila ada cobaan datang, semoga kita dapat melewatinya. Amin.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *