Doa Ketika Sakit Gigi dan Gusi Arab Latin dan Artinya

By | Oktober 7, 2019
doa ketika sakit gigi dan gusi

Kumpulan doa sakit gigi bengkak berlubang dan gusi agar cepat sembuh bahasa arab, latin dan artinya.

Doagama.com – Doa ketika sakit gigi dan gusi arab latin dan artinya. Penyakit gigi dan gusi merupakan salah satu penyakit yang paling menyakitkan bagi manusia namun tidak mematikan.

Bahkan banyak yang bilang lebih baik sakit hati daripada sakit gigi. Sakit hati bisa disembuhkan dengan hiburan sedangkan sakit gigi akan mudah kambuh hanya karena suara keras orang lain.

Penyebab rasa sakit muncul di gigi antara lain karena gigi berlubang, ada karang di sela-sela gigi, ada makanan yang masih menempel, gigi goyang, dan masih banyak lagi.

Sedangkan penyakit pada gusi biasanya muncul karena gusi bengkak, sensitif terhadap air dingin dan macam-macam. Kedua penyakit tersebut sangatlah menyiksa.

Namun perlu diketahui bahwa tidak ada penyakit yang tidak memiliki obat. Salah satu cara berusaha agar gigi cepat sembuh adalah dengan berdoa kepada Allah SWT.

Ada hadits yang diriwayaktan oleh Imam Muslim mengenai keutamaan berlindung kepada Allah SWT tentang marabahaya, penyakit termasuk memohon kesembuhan akan penyakit.

“Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah ‘Auudzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru (Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan)’.”

Doa Ketika Sakit Gigi dan Gusi

doa sakit gigi
doa sakit gigi

Berdasar hadits tersebut kita dapat mengetahui bagaimana amalan ketika gigi sedang sakit untuk meminta kesembuhan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Penjelasan dari hadits tersebut bahwa ketika sakit, baik penyakit apapun, termasuk sakit gigi dan gusi, maka hal pertama yang perlu kita lakukan adalah meletakkan tangan pada tempat yang sakit.

Kemudian setelah itu, dari hati yang paling dalam kita mulai membaca dua doa. Yang pertama adalah bacaan basmallah sebanyak tiga kali dan yang kedua adalah doa ruqyah untuk orang sakit.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah dua doa yang dibaca saat sedang sakit gigi, ngilu gusi dan sebagainya. Yang dilakukan sebagai amalan penyembuh penyakit gigi.

1. Membaca Basmallah

Bacalah teks kalimat basmallah sebanyak tiga kali. Makna dari doa ini adalah untuk mengawali doa berikutnya dengan menyebut dan mengagungkan nama Allah SWT.

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahirrahmanirrahim.

Artinya :
“Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.”

2. Membaca Doa Ruqyah

Kemudian jika sudah membaca doa tersebut, dilanjutkan dengan membaca doa ruqyah mengobati anggota tubuh yang sakit. Berikut adalah teks, lafadz bacaan doanya dalam bahsa Arab, latin dan artinya.

أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A’udzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir.

Artinya :
“Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari kejelekan yang aku dapatkan dan aku waspadai.”

Makna dari doa tersebut adalah kita memohon kepada Allah SWT atas kejelekan (termasuk penyakit) yang dialami dan didapatkan kepada Allah SWT.

Bacalah doa tersebut sebanyak 7 kali setelah membaca bismillah sebanyak 3 kali. InsyaAllah penyakit gigi yang kita derita dapat sembuh segera. Amin ya Rabbal Aalamin.

Tips Menyembuhkan Gigi yang Sakit

Ketika sakit gigi, kita tidak perlu panik karena ketika otak bekerja lebih keras maka gigi akan bereaksi mengeluarkan rasa sakit yang lebih parah. Karena syaraf gigi dan otak saling terhubung.

Ada banyak cara menyembuhkan penyakit gigi berlubang dan ngilu serta gusi bengkak dan sensitif. Tidak perlu keluar rumah untuk membeli obat di apotik atau melakukan perawatan ke dokter gigi.

Di rumah pun sebenarnya ada banyak bahan-bahan dapur yang dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi. Mungkin kita tidak pernah menyadarinya namun beberapa barang berikut sangat berguna.

Berikut adalah beberapa cara megobati sakit gigi selain dengan berdoa. Disertai penjelasan secara lengkap.

1. Kumur Air Garam

Sudah sejak lama air garam menjadi salah satu bahan penyembuh gigi yang sakit. Bahkan banyak obat sakit gigi yag di dalamnya mengandung garam.

Caar menyembuhkan gigi dengan air garam adalah dengan mencampurkannya ke dalam air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur selama 2-3 menit.

2. Kompres Es Dingin

Masukkan sejumlah air dingin ke dalam plastik, kain atau semacamnya lalu tempelkan pada pipi yang berlokasi di gigi yang sakit. Air dingin adalah salah satu obat sakit gigi paling ampuh.

Dinginya air membuat saraf dari gigi ke otak berhenti bekerja sehingga rasa ngilu yang kita alami akan hilang seketika terbawa oleh air yang dingin dan sejuk.

3. Kunyah Bawang Mentah

Bawang merah dan bawang putihyang mentah tidak banyak diketahui orang sebagai bahan obat sakit gigi yang sangat mujarab. Mengunyah bawang bisa membuat rasa sakit pada gigi sedikit berkurang.

Bawang mengandugn zat antiseptik dan antimikroba yang menyebbakan kuman yang bersarang di dalam gigi akan hancur dan tidak bersisa, membuat gigi sakit akan sembuh seketika.

4. Berkumur Dengan Cuka

Campurkan cuka sebanyak 1/2 sendok makan dengan air hangat satu gelas, lalu gunakan sebagai bahan berkumur. Kumur-kumurlah setidaknya 1-2 menit sebelum air tersebut dibuang.

Cuka mengandung antibakteri dan antimikroba yang membantu memusnahkan kuman yang menyerang gigi berlubang dan menyebabkan karang pada gigi.

5. Oleskan Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh sudah dikenal lama sebagai obat sakit gigi alami. Cara menggunakannya adalah mengoleskannya pada bagian kulit pipi di sebelah gigi yang sakit.

Minyak cengkeh memiliki zat eugenol dan zat anestesi yang membantu menetralkan saraf semetara waktu sehingga rasa ngilu pada gigi berlubang tidak akan terasa.

6. Kunyah Daun Jambu

Cara menyembuhkan penyakit gigi dengan daun jambu adalah dengan cara melipat atau menggulung daun jambu lalu kunyah hingga ekstrak airnya keluar.

Ekstrak air tersebut yang mengandung zat antimikroba dan antiradang yang sangat ampuh untuk menyembuhkan gigi yang sakit.

Akhir Kata

Itulah pejelasan mengenai doa sakit gigi dari Rasulullah SAW, doa yang dibaca ketika sakit gigi, agar cepat sembuh, menghilangkan sakit gigi, kumpulan doa penyembuh sakit gigi.

Doa sakit gigi ustaz sharhan, haron din, ruqyah, gusi bengkak, penyebabsakit gigi menurut islam, doa syifa sakit gigi, surat al hasyr 21-24, dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *