Doa Menghilangkan Sakit Kepala, Pusing, Migrain

By | Oktober 20, 2019
doa menghilangkan sakit kepala

Doa menghilangkan sakit kepala, pusing, migrain, demam, vertigo agar cepat sembuh yang diajarkan rasulullah saw.

Doagama.com – Doa menghilangkan sakit kepala, pusing, migrain. Kepala merupakan bagian paling penting dalam tubuh kita karena di dalamnya terdapat otak sebagai pusat pengendali tubuh.

Kepala juga merupakan bagian dari badan yagn mudah terserang penyakit, contohnya seperti sakit kepala karena pusing, demam atau migrain yang kerap terjadi pada diri manusia.

Tentu jika kepala kita terasa sakit, maka kita tidak bisa menjalankan aktifitas secara normal seperti biasanya, mulai dari belajar di sekolah menjadi tidak fokus maupun pekerjaan menjadi berantakan.

Ketika dahi mulai panas, kepala nyut-nyutan dan merasa sakit di bagian depan, samping atau belakang, segeralah cari obat sakit kepala yang biasa Anda minum.

Jangan sampai membuat penyakit kepala menjadi lebih parah karena jika tidak ditangani dengan cepat, bukan tidak mungkin penyakit kepala bisa menjadi lebih parah.

Selain minum obat, ada pula upaya lain yang bisa dilakukan untuk memulihkan kondisi kepala yang sakit, yakni dengan berdoa kepada Alah SWT.

Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa Rasulullah SAW mencontohkan umatnya untuk berdoa kepada Allah SWT setiapa ada bagian tubuh yang sakit termasuk bagian kepala.

Nabi Muhammad SAW mencontohkan doa ini ketika beliau terserang demam dan badannya panas menggigil, Rasul selalu membaca doa ini yang ditujukan kepada Allah SWT.

Baca : Doa Ketika Telinga Berdengung

Di sini kita akan membahas mengenai doa tersebut, selain itu ada pula beberapa doa lain untuk mohon kesembuhan penyakit kepala menurut agama Islam, silahkan disimak di bawah ini.

Doa Menghilangkan Sakit Kepala

doa sakit kepala
doa sakit kepala

Doa ketika kepala sakit paling afdol sebaiknya dibaca ketika merasa benar-benar pusing, bukan ketika hendak minum obat karena inti dari doa ini adalah agar Allah SWT membantu mengurangi rasa sakit yang diderita.

Ada tiga macam doa memohon kesembuhan penyakit kepala, yang bersumber dari berbagai hadits shahih dan merupakan doa-doa yang diajarkan oleh Baginda Rasul.

Berikut adalah lafadz bacaan doa saat sakit kepala menyembuhkan dan menghilangkan penyakit sesuai sunnah dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

1. Doa Sakit Kepala Biar Cepat Sembuh

Makna atua fadhilah dari doa ini adalah memohon kesembuhan dari sakit kepala baik karena penyakit maupun racun berbahaya kaena Allah SWT adalah dzat yang maha menyembuhkan.

بِسْمِ اللهِ خَيْرِاْلاَسْمَآءِ بِسْمِ اللهِ رَبِّ السَّمَآءِ وَاْلاَرْضِ بِسْمِ اللهِ الَّذِى اسْمُهُ بَرَكَةٌ وَشِفَاءٌ بِسْمِ اللهِ الَّذِى لاَيَضُرُّمَعَ اسْمِهِ سُمٌّ وَلاَ دَاءٌ بِسْمِ اللهِ الَّذِى لاَيَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِى اْلاَرْضِ وَلاَفِى السَّمَآءِ

Bismillahi khoiril asmaai bismillahi robbissamaai wal ardhi bismillahilladzis muhu barokatun wasyifaaun bismillaahilladzhi laa yadhzurru ma’asmihi summu walaa daaun bismillaahilladzhi laa yadhzurru ma’asmihi syayun fil ardhi wa laa fissamaai.

Artinya :
“Dengan nama Allah sebaik-baik semua nama dengan nama Allah, Tuhan langit dan bumi. Dengan nama Allah, Dzat yang namanya membawa obat. Dengan nama Allah, Dzat yang di tanganNya tersedia obat. Dengan nama Alah, Dzat yang tiada membahayakan bersama nama-Nya racun dan tiada pula penyakit. Dengan nama Alah yang tiada membahayakan bersama nama-Nya segala sesuatu yang ada di bumi dan di langit.”

2. Doa Sakit Kepala Belakang

Keutamaan dari doa terhindar dari penyakit kepala yang pendek, singkat atau ringkas ini adalah meminta izin kepada Allah SWT agar Dia menyembuhkan penyakityang kita derita dalam tubuh.

بسم الله تربة أرضنا بريقة بعضنا يشفى به سقيمنا بإذن ربنا

Bismillahi turbatu ardhina bi riqati ba’dina yashfi bihi saqimana bi idzni rabbina.

Artinya :
“Dengan menyebut nama Allah SWT, debu dari lantai ini, dan dengan ludah sebagian dari kita semoga menyembuhkan penyakit kita dengan izin Tuhan kita.”

3. Doa Yang Diajarkan Rasulullah Ketika Sakit Kepala

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa doa berikut ini merupakan doa yang kerap dibaca Rasul ketika sakit kepala, pening, pusing, agarlekas sembuh.

بسم الله الرحمن الرحيم بِاسْمِ اللهِ اْلكَبِيْرِ وَاَعُوْذُ بِاللهِ اْلعَظِيْمِ مِنْ كُلِّ شَرِّ عِرْقٍ نَعَّارٍ وَمِنْ شَرِّ حَرِّ النَّارِ

Bismillahir rahmanir rohim bismillahil kabiril ‘adzim wa a’uzubillahil ‘adzimi min syarri ‘irqin na’arin wa min syarri harrin nar.

Artinya :
“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang, dengan menyebut nama Allah Yang Maha Besar. Dan aku berlindung kepada Allah Yang Maha Agung dari kejahatan segala semburan yang mendidih dan dari kejahatan panasnya api neraka.”

Amalan Saat Sakit Kepala

Ada banyak macam-macm penyakit kepala yang bisa diderita manusia, mulai dari sakit kepala tegang, leher atau tulang belakang, sakit kepala belakang mata, dehidrasi, sakit kepala sebelah, cluster dan yang lain.

sakit kepala yang diderita terus-menerus dan tidak sembuh-sembuh akan membuat aktifitas keseharian kita terganggu, selain berdoa, berikut ada beberapa amalan yang bisa dilkaukan saat sakit kepala menghadang.

Jika ada di antara kita yang mengalami sakit kepala, baik keluarga, diri sendiri, teman, sahabat maupun yang lain silahkan amalkan doa dzikir wirid berikut ini.

  • ASTAGFIRULLAHAL ‘AZHIM 3x
  • LAA ILAHA ILLALLAH
  • SUBHANAL GHANIYIL QADIM 7x

Selanjutnya letakkan tangan ke bagian kepala yang sakit. Jika sakit kepala ada di bagian depan maka taruh tangan di dahi, jika yang sakit adalah bagian belakang maka taruh telapak tangan ke bagian tengkuk.

Kemudian bacalah doa berikut ini satu kali dengan secara benar-benar khusyu memohon serta yakin kepada-Nya bahwa Dia, Allah yagn maha kuasa sanggup dan mampu menyembuhkan penyakit yang kita derita.

MUSTAJAB MINALLAH LA HAULA WALA QUWWATA ILLA BILLAH.

Insyaallah Allah Ta’ala akan membantu kita untuk mengangkat segala macam penyakit yang sedang hinggap di kepala dan membuat otak dan pikiran tidak bisa bekerja dengan baik.

Akhir Kata

Sekian tentang doa sakit kepala, doa sakit kepala biar cepat sembuh, belakang, ustaz sharhan, amalan, ruqyah sakit kepala, vertigo, hilang ingatan, doa anak sakit panas dan batuk.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *