Doa Menyembuhkan Sakit Perut Diajarkan Rasulullah SAW

By | Oktober 27, 2019
doa menyembuhkan ketika sakit perut

Doa menyembuhkan sakit perut, kembung, mencret, mules, haid, yang diajarkan Nabi Muhammad Rasulullah SAW.

Doagama.com – Doa menyembuhkan sakit perut diajarkan rasulullah saw. Sehat itu mahal harganya, salah satu bagian tubuh yang wajib kita jaga adalah perut.

Perut memiliki peran vital bagi tubuh, karena di perutlah terjadi pencernaan makanan dalam usus. Perut juga menjadi bagian tubuh yang mudah sakit, terutama apabila salah mengonsumsi makanan.

Kita juga harus memerhatikan apa sih yang tidak boleh dimasukkan ke dalam perut, baik karena sedang terkena penyakit tertentu maupun karena alergi sejak bawaan lahir.

Salah makan sedikit saja, perut kita bisa menjadi mual, mules, perih, melilit, bahkan menyebabkan diare atau mencret. Sakit perut juga sering terjadi pada wanita terutama ketika sedang haid atau datang bulan.

Saat sakit perut, tentu kita tidak bisa banyak melakukan apa-apa, bahkan kadang orang yang mengalami sakit perut parah harus berbaring di rumah sakit untuk jangka waktu yang lama.

Wanita yang sedang haid dan mengalami sakit perut juga akan lebih mudah marah, merasa emosi bahkan jika disinggung hal-hal yang sepele, jadi sebaiknya hindarilah berdebat dengan mereka.

Ketika kita tidak bisa menahan sakit, ketika kita tidak bisa menahan amarah dan emosi gara-gara perut yang sakit, sebaiknya kita berdoa kepada Allah SWT.

Tujuan atau makna dari doa saat sakit perut adalah agar supaya penyakit perut segera sembuh, lekas pulih, diringankan beban penyakitnya, dan diangkat rasa sakit yang diderita.

Doa Untuk Menyembuhkan Sakit Perut

doa sakit perut
doa sakit perut

Dalam sebuah hadits yang shahih dijelaskan bahwa Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk berdoa ketika ada bagian tubuh yang sakit atau terkena penyakit.

Sebenarnya doa ini bukan merupakan doa khusus untuk menyembuhkan perut yang sakit, melainkan doa umum ketika ada bagian tubuh yang tengah sakit.

Dijelaskan dalam sebuah hadits riwayat Imam Muslim bahwa suatu saat sahabat Nabi Utsman bin Abil ‘Ash merasakan sakit pada bagian tubuhnya, yakni bagian perut.

Kemudian dia mendatangi Rasul dan mengadukan sakit yang dia derita, mendengarkeluhan dari Utsman tersebut, Rasul kemudian membacakan sebuah doa dzikir. Berikut adalah bunyi haditsnya.

ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِى تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَقُلْ بِسْمِ اللهِ ,ثَلاَ ثًا .وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَ تِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya :
“Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah “Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.” (HR. Muslim).

1. Doa Ketika Sakit Perut Yang Diajarkan Rasulullah SAW

Dan dari doa tersebut kita mengetahui bagaimana bacaan doa agar penyakit perut segera sembuh, termasuk ke dalam doa ruqyah yang juga merupakan dzikir.

Berikut adalah lafadz bacaan doa ketika sakit perut, menyembuhkan penyakit perut sesuai sunnah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW berdasar hadits shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya.

  • Pertama, menempelkan tangan di bagian perut.
  • Kedua, membaca Basmallah (Bismillah) 3x.
  • Lalu, emudian membaca doa dibawah ini.

أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A’uudzu billaahi waqudrotihi min syarrimaa ‘ajidu wa’uhaadziru.

Artinya :
“Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.”

2. Doa Sakit Perut Ketika Haid

Perempuan adalah makhluk istimewa, setiap bulannya mereka akan ‘kedatangan tamu’ yang disebut dengan haid dan menstruasi. Saat sedang haid, pasti perut akan terasa lebih sakit dibanding biasanya.

Biasanya rasa sakit muncul sebagai nyeri di pinggul. Walaupun haid adalh anugerah dari Allah SWT, tapi tidak sedikit perempuan yang tidak tahan akan sakit yang dirasa.

Saat merasa sakit haid, seorang perempuan bisa membaca doa seperti di atas.

ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِى تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَ ثًا .وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاللهِ وَقُدْرَ تِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya :
“Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah “Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.” (HR. Muslim).

3. Doa Sakit Perut Pada Bayi

Bayi atau balita masih memiliki tubuh yang lemah, salah makan sedikit saja perut bayi bisa sakit dan menimbulkan diare atau mencret. Dan pasti sebelum keluar, bayi akan menangis keras terlebih dahulu.

Saat bayi menderita sakit perut, kita harus segera membawanya ke dokter, mencarikan obat yang cocok dengan kodisi perutnya serta berdoa memohon kesembuhan perut bayi kepada Allah SWT dengan doa sebagai berikut.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammadin thibbil qulubi wa dawa-iha wa afiyatil abdani wa syifa-iha wa nuril abshori wa dhiya-iha wa `ala alihi wa shohbihi wa sallim.

Artinya :
“Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para shahabat-shahabatnya.”

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai doa sakit perut, kembung, dalam rumi, mencret, cirit birit, zikir untuk sakit perut, gastrik, doa sakit perut wanita mengandung, haid, hamil, menstruasi, datang bulan.

Doa untuk orang sakit perempuan, doa kesembuhan untuk anak, doa agaar penyakit diangkat oleh Allah SWT, doa untuk anak sakit sesuai sunnah, doa minta kesembuhan untuk diri sendiri.

Doa menghilangkan penyakit, doa menghilangkan rasa sakit perut, di tubuh, dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *