DOA WUDHU : Niat, Sebelum, Sesudah

By | April 7, 2019
doa sebelum dan sesudah wudhu

Doa sebelum dan sesudah wudhu, niat wudhu, doa setelah wudhu, doa wudhu arab

Doagama.com – Bacaan doa sebelum dan sesudah wudhu Islam. Selain doa saat wudhu, ada pula doa sebelum dan sesudahnya. Wudhu dalam Islam dilakukan ketika kita hendak menunaikan sholat, masuk masjid atau melakukan hal-hal suci.

Pada artikel ini akan saya bahas secara lengkap bagaimana niat wudhu dalam agama Islam, pengertian, tata cara atau gerakannya, serta hal-hal yang membatalkan wudhu itu sendiri. Silahkan disimak semoga bermanfaat. Amin.

Pengertian Wudhu

Menurut laman Wikipedia, Wudhu atau Wudu merupakan salah satu cara untuk menyucikan diri dengan air. Seorang muslim diwajibkan untuk berwudu ketika akan melaksanakan sholat.

Selain dengan air, berwudu juga bisa dilakukan dengan menggunakan debu yang bersih atau suci. Cara wudu seperti ini disebut tayammum dan diperbolehkan dalam al-Quran serta hadits.

Tata Cara Wudhu

Wudu dilakukan dengan cara membasahi beberapa bagian tubuh secara berurutan mulai dari muka, tangan hingga kaki. Namun untuk membasuh seluruh bagian tubuh tersebut tidak boleh sembarangan.

Ada aturan atau tatacara untuk berwudu. Bagian mana yang terlebih dahulu harus dibasuh, yang kanan atau yang kiri dulu, dan berapa kali kita harus membasuhnya. Berikut adalah tatacara berwudhu:

  • Mencuci kedua telapak tangan sebanyak tiga kali
  • Berkumur sebanyak tiga kali
  • Membasuh hidung sebanyak tiga kali
  • Membasuh muka sebanyak tiga kali
  • Membasuh tangan kanan sebanyak tiga kali
  • Membasuh tangan kiri sebanyak tiga kali
  • Membasuh kepala atau dahi mulai dari ubun-ubun
  • Membasuh kedua telinga
  • Mencuci kedua kaki

Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu

Terdapat dua bacaan wudu yang akan dibahas di sini, yakni bacaan sebelum dan sesudah melaksanakan wudu. Berikut adalah bacaannya yang ditulis dengan bahasa Arab, tulisan latin dan terjemahan ke dalam bahasa Indonesia.

Sebelum Wudhu (Niat)

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa.

Artinya :
“Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardu (wajib) karena Allah ta’ala.”

Sesudah Wudhu

اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْ

Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina, waj’alnii min ‘ibadikash shaalihiina.

Artinya:
“Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh.”

Hal Hal yang Membatalkan

Menurut situs resmi NU, terdapat 4 Hal yang Membatalkan Wudhu. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa membuat wudhu kita batal.

  • Keluarnya salah satu dari dua jalan (kecuali sperma)
  • Hilang akal karena tidur, gila, dan sebagianya
  • Bersentuhan kulit dengan yang bukan mahramnya tanpa penghalang
  • Menyentuh kelamin atau lubang dubur dengan menggunakan tangan

Akhir Kata

Terima kasih telah membaca Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu. Semoga dapat bermanfaat dan bertambah amal ibadah kita ketika membagikannya. Amin.

One thought on “DOA WUDHU : Niat, Sebelum, Sesudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *