Doa Sebelum Membaca Al-Quran Arab dan Artinya

By | September 2, 2019
doa ketika sebelum akan membaca alquran

Bacaan doa sebelum ketika akan membaca alquran mengaji tulisan arab, latin dan artinya.

Doagama.com – Doa sebelum membaca al-quran arab dan artinya. Al-Quran adalah kitab suci umat Islam. Alquran digunakan sebagai petunjuk manusia untuk menjalani kehidupan di muka bumi.

Dalam Al-Quran, jika membacanya dengan seksama untuk memahami maknanya maka kita akan mengetahui apa-apa saja yang dilarang dan apa yang harus dikerjakan seorang muslim.

Al-Quran adalah kitab suci, kedudukannya paling tinggi dibanding kitab-kitab lain dalam agama Islam seperti Zabur, Taurat dan Injil. Karena itu Al-Quran diturunkan pada Nabi akhir zaman, yakni Muhammad SAW.

Al-Quran sejatinya adalah ucapan yang dikatakan Allah SWT, Tuhan semesta alam. Setiap kalimat yang dilafadzkan-Nya disampaikan kepada Malaikat Jibril yang kemudian meneruskannya kepada Sang Rasul.

Rasulullah SAW kemudian menyusun total lebih dari 6000 ayat Al-Quran yang terbagi ke dalam 114 ayat sehingga menjadi lembaran yang menyerupai buku agar umat manusia bisa mudah mempelajarinya.

Membaca satu huruf dalam Al-Quran ganjarannya sangat tinggi, bayangkan bila kita mengaji beberapa surat dalam al-Quran sekaligus, berapa banyak pahala yang kita peroleh? Subhanallah.

Oleh karena itu ketika akan membaca Al-Quran sebaiknya diawali dengan membaca doa. Tidak kalah penting dari itu adalah, seluruh sekujur tubuh harus bersih dari hadats besar dan kecil.

Bagi yang merasa ada najis yang menempel di pakaian atau badan, maka segeralah berwudhu dengan membaca doa wudhu. Jika keluar air mani, haid atau nifas maka harus mandi wajib terlebih dahulu.

Hadits Berdoa Sebelum Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran tidaklah seperti membaca buku-buku pelajaran lain meskipun pada dasarnya Al-Quran adalah sumber ilmu, namun semua yang ada di dalamnya merupakan sebuah kebenaran, bukan teori.

Maka dari itu ketika mau membaca Al-Quran maka tidak boleh sembarangan, ada tata cara khusus untuk mendahuluinya, salah satunya adalah dengan mengucapkan sebuah kalimat doa.

Dalam pengucapan setiap hurufnya, Alquran dilafadzkan dengan tajwid, yakni untuk memperhatikan panjang pendek sebuah bacaan ayat dalam Alquran.

Bagi yang belum terbiasa maka mungkin akan sulit namun jika sudah biasa mengucapkan atau membaca Al-quran denga tajwid, maka pahala yagn melimpah akan diberikan kepadana.

عَنْ عَائِشَةَ رضى الله عنها قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَالَّذِى يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ

Artinya :
“Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala.”

Dalam membaca setiap surat dalam Al-quran pun harus diawali dengan kalimat basmallah. Tapi jika hanya berpindah ayat maka tidak perlu melafadzkannya.

وينبغي أن يحافظ على قراءة بسم الله الرحمن الرحيم في أول كل سورة ، سوى براءة فإن أكثر العلماء قالوا إنها آية حيث تكتب في المصحف ؛ وقد كتبت في أوائل السور سوى براءة

Artinya :
“Selayaknya dijaga untuk membaca bismillahirrahmanirrahim di setiap awal surat. Kecuali surat at-Taubah. Karena mayoritas ulama mengatakan, ini adalah satu ayat (khusus) yang ditulis di mushaf. Dan ayat ini ditulis di semua awal surat, kecuali at-Taubah.”

Itulah mengapa mengaji itu penting, membiasakan diri dengan kalimat tajwid serta membuat diri terbiasa untuk mengucapkan kalimat bismillahirrahmanirrahim sebelu memulai surat, akan meningkatkan kesempurnaan pahala membaca Al-quran.

Baca : Doa Setelah Membaca Al-Quran

Bacaan Doa Sebelum Membaca Al-Quran

doa sebelum membaca alquran
doa sebelum membaca alquran

Seperti yang telah dijeskan sebelumnya bahwa setiapa akan membaca Al-quran, maka ada doa khusus yang harus dibaca. Doa ini berasal dari Rasulullah SAW setiap kali ia mengaji.

Ada dua jenis teks doa yang bisa diucapkan ketika ingin membaca Al-Quran, yakni doa yang pendek dan doa yang lengkap. Kedua-duanya sama-sama berasal dari hadits shahih.

Berikut adalah lafadz bacaan doa sebelum membaca Al-Quran tulisan Arab, latin dan artinya atau terjemahan Indonesia sesuai sunnah Rasul yang singkat dan lengkap.

1. Doa Sebelum Membaca Al-Quran Pendek

Doa ketika akan membaca Al-quran yang singkat ini sebenarnya sama sepeti doa untuk agar terhindar dari godaan syaitan. Doa inilah yang sering dilafadzkan anak-anak ngaji atau orang dewasa yang berdzikir atau wirid.

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Audzubillahi minasyaitan nirrajim.

Artinya :
“Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk.”

Tujuan dari mmebaca doa ini adalah agar supaya syaitan, jin dan iblis tidak mengganggu kita saat tengah fokus berdzikir mengumandangkan surat Al-Quran meski pada dasarnya Allah SWT telah melindungi kita.

2. Doa Sebelum Membaca Al-Quran Panjang

Selain itu, ada pula doa yang lebih panjang. Biasnya doa ketika mau membaca Al-quran ini diucapkan tepat pada saat setelah doa pendek yang di atas.

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Allohummaftah ‘alayya hikmataka wansyur ‘alayya rohmataka wa dzakkirnii maanasiitu yaa dzal jalaali wal ikhroomi.

Artinya :
“Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

Tujuan dari doa ini adalah memohon kepada Allah SWT supaya kegiatan mengaji, berdzikir, yasinan, tahlilan atau sekedar membaca Al-quran dapat bernilai pahala.

Adab Ketika Membaca Al-Quran

Karena Al-quran adalah buku atau kitab yang sangat mulia, maka kitaharus menjaga sopan santun dan tata krama ketika membaca setiap ayat dan suratnya.

Karena pada saat itu, malaikat akan mendengarkan lantunan ayat suci Al-quran yang kita bacakan, Allah SWT pun akan mendengar setiap suara yang keluar dari mulut kita.

Maka dari itu, ketika membaca Al-quran atau mengaji maka perhatikanlah hal-hal berikut ini sebagai tata cara membaca Al-quran yagn baik dan benar.

  • Pertama, hendaklah niat membaca Al-quran dengan ikhlas dan mengharapkan ridha Allah SWT.
  • Disunnahkan untuk membersihkan mulut terlebih dahulu dengan siwak atau bahan semasamnya.
  • Membaca Al-quran harus dalam keadaan suci dari najis besar dan kecil.
  • Membaca Al-quran di tempat yang bersih atau suci, seperti masjid dan mushola misalnya.
  • Menghadap kiblat saat mengaji atau membaca Al-quran.
  • Mulai mebaca Al-quran dengan bacaan ta’awudz, yakni doa baca al-quran pendek yang sudah disebutkan.
  • Membaca “bismillahir rahmanir rahim” pada setiap awal surat selain At-Taubah.
  • Membaca Al-quran dalam keadaan khusyu’, yakni mererungkan setiap inti dan makna yang terkandung di dalamnya.

Akhir Kata

Membac al-quran adalah amal ibadah, maka sudah sepantasnya sebagai orang yang paham bacaan tajwid dalam Al-quran, hendaknya mengajarkan kepada mereka yang belum sanggup.

Contohnya adalah anak-anak. Mengajari anak mengaji merupakan amalan ibadah yang memiliki pahala luar biasa banyak. Maka dari itu, bila ada kesempatan, segera laksanakanlah.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *