Doa Sebelum Tidur Sesuai Sunnah Untuk Islam

By | Oktober 27, 2019
doa sebelum tidur untuk islam sesuai sunnah

Bacaan doa sebelum tidur malam sesuai sunnah untuk islam arab, latin dan artinya.

Doagama.com – doa sebelum tidur sesuai sunnah untuk islam. Tidur disebut juga dengan istirahat, merupakan aktifitas di mana manusia memejamkan mata dalam keadaan tidak sadarkan diri untuk memulihkan energi dan pikiran yang lelah.

Tujuan seseorang tidur adalah agar kekuatannya pulih kembali sehingga bisa mengerjakan aktifitas secara normal. Bila tidak tidur, maka manusia akan mengantuk dan mengganggu pekerjaan.

Tidur seharusnya dapat menjadi kegiatan yang memulihkan tubuh dan menyegarkan jasmani serta rohani, namun kadang tidur juga dapat membawa bencana seperti jika kita mengalami mimpi buruk.

Mimpi buruk tidak bisa dihindari, itu merupakan respon dari otak yang terlalu banyak pikiran. Biasanya seseorang akan bermimpi dari apa yang dia pikirkan tepat sebelum tidur.

Jadi, jika seseorang memikirkan hal-hal yang berat dan buruk sebelum tidur, besar kemungkinan mimpi buruk akan mendatangi kita. Selain itu, bisikan syaitan juga dapat membawa mimpi buruk.

Doa Sebelum Tidur

doa sebelum tidur
doa sebelum tidur

Ada baiknya membaca doa dan dzikir sebelum tidur. Kita pasti pernah diajari membaca doa akan tidur di sekolah, khususnya di TK atau SD oleh guru.

Selain doa yang diajarkan guru di sekolah, ternyata masih banyak doa-doa yang bisa kita ucapkan pada saat menjelang tidur di malam hari. Berikut adalah macam-macamnya.

1. Doa Sebelum Tidur Untuk Menghayati Kematian

Ini adalah teks doa menjelang tidur untuk anak yang paling sering kita dengar. Jika kita memaknainya, maka kita akan mengetahui bahwa ini juga merupakan doa untuk mengingat akan kematian.

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut.

Artinya :
“Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati.” (HR.Bukhari dan Muslim).

2. Doa sebelum Tidur Untuk Mohon Perlindungan

Dalam upaya untuk menghindari godaan syaitan yang terkutuk supaya tidak mengganggu waktu tidur kita, maka kita perlu berdoa memohon pertolongan Allah SWT.

Ayat kursi bisa dibaca pada saat akan tidur, sebagai doa untuk mohon perlindungan kepada-Nya, supaya tidur kita nyenyak dan dihindarkan dari mimpi buruk.

اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.”

Artinya :
“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak atau boleh disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tertidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya.”

3. Doa Sebelum Tidur Untuk Menghapus Dosa

Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa waktu jelang tidur merupakan waktu terbaik untuk berdoa karena pada saat itu kita dapat fokus terhadap kalimat yang kita panjatkan kepada Allah SWT, termasuk doa penghapus dosa sebelum tidur.

نْ قَالَ حِينَ يَأْوِيْ إِلىَ فِرَاشِهِ: لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ، وَحْدَه ُلَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ، وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ، سُبْحَانَ اللهِ، وَالحَمْدُ للهِ ، وَلَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ، وَاللهُ أَكْبَرُ. غُفِرَتْ لَهُ ذُنُوْبُهُ – أَوْ قَالَ: خَطَايَاه، شكَّ مِسْعَرٌ – وَإِن ْكَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ البَحْر)

Artinya :
“Apabila seorang dari kalian menuju kasurnya, dan mengucapkan ‘la ilaha illallah wahdahu la syarikalahu lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai-in qodir’, subhanallah, walhamdulillah, wa la ilaha illallah wallahu akbar’, maka Allah ampuni dosa-dosanya meski sebanyak buih lautan di dunia ini.” (HR. Ibnu Hibban, Ibnus Sunni dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah, dishahihkan al-Albani dalam Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah no. 3414).

4. Doa Sebelum Tidur Mohon Khusnul Khotimah

Ketika tidur, ada dua macam kondisi yang bisa terjadi, yakni seseorang dapat bangun di pagi hari dan bisa saja itu merupakan waktu terakhir dia membuka mata alias meninggal dunia.

Kematian dapat terjadi kapan saja oleh karena itu, sebelum meninggal maka sebaiknya kita membaca doa memohon supaya khusnul khotimah, termasuk saat akan tidur.

اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِي إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ، وَوَجَّهْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ، رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ، لَا مَلْجَأَ وَلّا مَنْجَا مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ، آمَنْتُ بِكِتَابِكَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ

Artinya:
“Apabila seseorang beristhirahat ke tempat tidurnya, maka buru-buru malaikat dan setan mendatanginya. Malaikat berkata, ‘Akhirilah dengan kebaikan!’ Dan, setan berkata, ‘Akhirilah dengan keburukan!’ Jika ia mengingat Allah lalu tidur, maka setan pergi dan malaikat semalaman menjaganya.” (HR.Abu Ya’la, Ibnu Hibban, Hakim, dan lainnya).

Oleh karena itu umat muslim sangat dianjutkan untuk melafalkan kalimat doa istighfar setiap menjelang tidur sebagai upaya untuk bertaubat dan mohon ampun atas segala dosa yang diperbuat.

5. Doa Sebelum Tidur Mohon Kasih Sayang

Terakhir adalah doa untuk memohon kasih sayang dari Allah SWT. Berikut adalah doa sebelum tidur bahasa arab, latin dan terjemahan sesuai sunnah untuk umat Islam agar disayang Allah Ta’ala.

بِاسْمِكَ رَبِّي وَضَعْتُ جَنْبِي، وَبِكَ أَرْفَعُهُ، فَإِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِي فَارْحَمْهَا، وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا، بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِينَ

Artinya:
“Dengan nama Engkau, wahai Tuhanku, aku meletakkan lambungku. Dan, Dengan nama-Mu pula aku bangun daripadanya. Apabila Engkau menahan ruhku (mati), maka berilah rahmat padanya. Tapi, apabila Engkau melepaskannya, maka peliharalah, sebagaimana Engkau memelihara hamba-hamba-Mu yang shalih.” (HR.Bukhari dan Muslim).

Berwudhu Sebelum Tidur

Ketika akan tidur, seseorang sangat dianjutkan untuk mengucap doa. Selain itu, Kanjeng Nabi mengajarkan kepada kita agar berwudhu sebelum tidur sambil membaca doa sebelum dan sesudah wudhu.

Tujuannya adalah agar diri kita menjadi suci sehingga syaitan pun enggan mendekat dan menggantu kita di alam mimpi. Wallahu alam.

Akhir Kata

Terimakasih sudah membaca doa sebelum tidur semoga bermanfaat bagi kita semua bacaan lafadz doa menjelang tidur latin, untuk agama islam, sesuai sunnah, download.

Amalan pelebur dosa sebelum tidur aisyah, doa mau tidur, dan semoga kita sama-sama diijauhkan dari mimpi buruk yang menggangu baik karena beban pikiran maupun gangguan syaitan.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *