DOA SELAMAT : Arab, Latin, Terjemahan

By | April 7, 2019
bacaan doa selamat islam

Doa selamat islam, bacaan doa keselamatan, doa memohon keselamatan islam

Doagama.com – Bacaan doa selamat. Setiap manusia tentu ingin selamat baik di dunia maupun di akhirat. Pembacaan doa selamat dalam ajaran Islam dilantunkan kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Melindungi agar kita terhindar dari segala marabahaya.

Banyak sekali manfaat dari membaca doa ini setiap hari. Salah satunya adalah dapat membuat hati kita menjadi lebih tenang, mengingatkan kita selalu terhadap Allah SWT dan masih banyak lagi.

Pada artikel ini akan saya bahas secara lengkap bacaan doa-doa selamat dalam agama Islam baik dalam tulisan Arab, tulisan latin maupun arti dan terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia. Silahkan disimak baik-baik.

Manfaat Doa Selamat Islam

Sebelumnya saya telah menyebutkan dua manfaat dari pembacaan doa selamat. Pada sub bab ini akan saya bahas secara lengkap manfaat dari pembacaan doa selamat setiap hari secara rutin.

  • Untuk membuat hati kita menjadi lebih tenang, tenteram dan damai
  • Untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT
  • Agar terhindar dari segala hal buruk baik di dunia atau di akhirat
  • Agar terhindar dari malapetaka, musibah, bencana alam, atau hal-hal berbahaya lainnya
  • Mendoakan untuk keselamatan orang lain
  • Dan masih banyak lagi

Bacaan Doa Selamat Islam

Berikut ini adalah bacaan doa selamat yang saya tulis menggunakan bahasa Arab, tulisan latin dan terjemahan Indonesia secara lengkap. Mohon koreksi apabila ada yang keliru.

Doa Memohon Keselamatan Dunia

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan firrizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti.

Atinya:
“Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.”

Doa Memohon Keselamatan Akhirat

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allohumma hawwin ‘alaina fii sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal’afwa ‘indal hisaabi.

Artinya :
“Ya Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa, selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan.”

Doa Memohon Petunjuk

رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Robbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wahab lanaa milladunka rahmata innaka antal wahhab.

Artinya :
“Ya Allah, janganlah Kau goyahkan hati kami setelah Kau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.”

Doa Memohon Keselamatan Agama

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَّسِيْنَا أَوْ أَخْطَأْنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَاۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَاۗ أَنْتَ مَوْلٰنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Robbanaa laa tuakzidnaa in nasiinaa wa akhto’naa robbanaa wa laa tahmil ‘alainaa isron kama hamaltahu ‘alal ladzIina min qoblinaa. Robbanaa wa laa tuahamilnaa maa laa thooqoto lanaa bihi wa’fua ’anna waghfir lanaa warhamnaa anta maulaanaa fanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin.

Artinya:
“Ya Allah, jangan siksa kami karena lupa atau bersalah. Ya Allah, jangan bebankan pada kami beban berat seperti Kau bebankan pada orang‐orang sebelum kami. Ya Allah, jangan Kau pikulkan pada kami apa yang tidak sanggup kami pikul. Ampunilah dan maafkan kami, serta rahmatilah kami. Kaulah Penolong kami, maka tolonglah kami untuk mengalahkan orang‐orang kafir.” (QS. Al‐Baqoroh: 286).

Waktu Pembacaan

Doa-doa selamat tersebut sebaiknya diucapkan atau dilafalkan pada pagi hari baik ketika setelah sholat Shubuh, ketika hendak pergi bekerja atau sekolah, ketika hendak beraktifitas ataupun ketika baru bangun tidur.

Ucapkan secara rutin pada pagi hari untuk memohon keselamatan dunia dan akhirat. Karena Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Melindungi. Semoga kita senantiasa ada di dalam lindungannya. Amin.

Akhir Kata

Sekian artikel mengenai bacaan Doa Selamat Dalam Islam. Artikel ini juga telah saya publikasikan di blog lainnya pada tautaun Bacaan Doa Selamat Agama Islam.

Semoga dapat menjadi bermanfaat untuk yang sedang mencari kumpulan-kumpulan doa selamat dalam tulisan arab, latin, rumi dan terjemahan bahasa Indonesianya. Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *