Doa Sesudah Adzan dan Iqomah Arab Latin dan Artinya

By | September 23, 2019
doa sesudah setelah adzan iqomah

Bacaan doa sesudah setelah adzan atau iqomah arab latin dan artinya sesuai sunnah.

Doagama.com – Doa sesudah adzan dan iqomah arab latin dan artinya. Adzan jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya panggilan, pemberitahuan atau seruan.

Maksudnya adalah bahwa suara dari adzan merupakan informasi untuk memberitahukan atau memanggil kita selaku umat Islam untuk menunaikan ibadah sholat wajib.

Dalam sehari, terdapat lima kali adzan, yakni adzan subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya. Sedangkan di hari jumat adzan pada siang hari diganti menjadi adzan jum’at.

Kemudian pada hari raya, adzan dalam sehari bertambah satu, yakni adzan untuk menyerukan muslim dan muslimah mengerjakan sholat idul fitri dan idul adha.

Rentang waktu antara adzan dan sholat sekitar 5 menit. Pada waktu tersebut, umat muslim dapat melakukan sholat sunnah rawatib terlebih dahulu sembari menunggu sholat wajib dilaksanakan.

Ketika sholat wajib hendak dilakukan, muadzin (orang yang mengumangkan adzan) akan menyerukan iqamah. Iqomah sendiri artinya panggilan untuk berdiri dan berbaris melaksanakan sholat wajib.

Ketika muadzin menyerukan adzan, umat muslim wajib menjawabnya. Jawaban suara adzan inilah yang kemudian dinamakan dengan doa setelah adzan.

Di sini kita akan membahas mengenai doa yang dipanjatkan ketika mendengar suara adzan maupun doa yang dilafadzkan setelah mendengar seruan iqamah.

Hadits Berdoa Sesudah Adzan

Rasulullah SAW akan memberikan syafaat kepada siapa saja yang membaca doa sesudah adzan. Hadits tersebut telah diriwayatkan langsung oleh Imam Bukhari berikut ini.

“Dari Jabbir ra sesungguhnya Nabi Saw bersabda : siapa yang mengucapkan setelah panggilan adzan : Allahumma rabba hadzihidda watittammah washsholatil qaimah ati Muhammadanil wasilata walfadhilah wab’tshu maqamammahmudanilladzi wa’adtah (Ya Allah tumpuan doa yang sempurna dan sholat yang didirikan ini. berilah kiranya Nabi Muhammad wasilah dan kemuliaan, dan tempatkanlah ia pada kedudukan terhormat yang telah engkau janjikan), pasti ia akan memperoleh syafa’atku pada hari kiamat.”

Sedangkan ketika telah mendengar suara iqomah, jemaah juga perlu membaca doa singkat. Doa yang lebih pendek dibanding doa setelah adzan. Doa ketika mendengar suara iqomah berasal dari hadits berikut.

“Dari Anas ra sesungguhnya Nabi Saw bersabda: Tidaklah ditolak doa antara adzan dengan iqomah.”

Hadits tersebut berasal dari riwaya Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasa’i. Pentingnya mengucap doa untuk kedua seruan panggila sholat tersebut banyak pula disebutkan pada hadits-hadits lain.

Doa yang sangat penting, doa yang singkat, ringkas, namun memiliki hikmah yang luar biasa. Barangsiapa tidak melewatkannya, maka ia akan mendapat beribu kebaikan.

Ketika kita melihat televisi dan kebetulan mendengar suara adzan di situ, maka kita pastiakan mendengar pula doa setelah adzan yang diperdengarkan oleh muadzin di tv.

Bagi yang belum terbiasa membacanya, mari kita sama-sama membiasakan diri. Caranya yang pertama adalah mendengarnya melalui televisi, lama-kelamaan kita pasti hafal dan lancar mengucapkannya.

Ajarkan kebiasaan ini pula kepada anak-anak, baik laki-laki maupun perempuan. Biasakan mereka dengan kebiasaan yang baik, termasuk untuk mengucap doa setelah adzan dan iqamah sesuai sunnah.

Bacaan Doa Sesudah Adzan dan Iqomah

Ketika mendengar suara adzan di rumah, maka kita sebaiknya diam, mengecilkan suara televisi (jika bukan siaran tentang adzan) agar bisa mendengarnya dengan baik.

Kemudian jika adzan sudah selesai, barulah kita mengucapkan doanya. Jika tidak melaksanakan sholat berjamaah, maka tidak perlu membaca doa setelah iqomah karena itu diperuntukka hanya bagi yang melaksanakan jamaah sholat.

Sedangkan bila di masjid, maka ketika adzan berkumandang kita harus diam pada posisi awal, baik itu berdiri maupun duduk. Jika adzan telah usai, kemudian baru membaca doa sesudah adzan.

Lakukan sholat sunnah qabliyah dua rakaat sebagai penyempurna sholat dan sambil menunggu waktu sholat berjamaah tiba. Ketika iqomah sudah dikumandangkan, hendaknya membaca doa pula.

Berikut adalah lafadz bacaan doa setelah adzan dan iqomah yang lengkap sesuai sunnah dalam teks bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan Indonesia.

1. Bacaan Doa Setelah Adzan

doa sesudah adzan
doa sesudah adzan

اَللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allaahumma robba haadzihid da’watit taammati wash sholaatil qooimati aati muhammadanil wasiilata wal fadhiilata wasy syarofa wad darajatal ‘aaliyatar raofii’ata wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtahu, innaka laa tukhliful mii’aada yaa arhamar roohimiina.

Artinya :
“Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna, dan sholat yang tetap didirikan, karuniailah nabi Muhammad tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi. tempatkanlah dia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji. wahai dzat yang Maha Penyayang.”

2. Bacaan Doa Setelah Iqomah

doa sesudah iqomah
doa sesudah iqomah

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

Aqoomahallaahu wa adaamahaa maadamatis samaawaatu wal ardlu.

Artinya :
“Semoga Allah selalu menegakkan dan mengekalkan adanya shalat selama langit dan bumi masih ada.”

Adab Ketika Mendengar Adzan

Seorang muslim yang baik tentu paham bahwa suara adzan adalah suara yang memiliki kedudukan tinggi. Harus dilafadzkan dengan tajwid yang benar, posisi dan gerakan diam yang baik.

Begitu pula dengan pendengarnya, harus mendengar dengan baik, fokus, tidak main sendiri ketika ada adzan dikumandangkan dari masjid atau mushola.

Sama halnya dengan iqomah, yang merupakan seruan untuk berdiri dan berbaris pada shaf shoat. Semuanya harus dipatuhi, ada adab dan tata krama ketika terdengar suara adzan.

Baik adzan dan iqomah adalah seruan yang menandakan bahwa waktu sholat telah tiba. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mendengar suara adzann.

  • Pertama, cukup diam saja. Jika menjawab atau berbicara saat ada adzan, bisa menjadi peluntur iman kita.
  • Yang kedua, menjawab adzan yakni dengan doa sesudah adzan yang telah disebutkan sebelumnya.
  • Kemudian, perbanyak membaca sholawat. Ketika adzan berkumandang, biasanya kita mendengar ada sholawat yang diucapkan muadzin.
  • Lalu, tidak meninggalkan masjid saat antara adzan dan iqomah keculi ada hal yang mendesak seperti tiba-tiba batal wudhu.
  • Tidak berbicara sendiri atau bercanda dan mengeluarkan suara keras karena mengganggu konsentrasi orang yang sholat sunnah sebelum sholat wajib.
  • Jika masih berada di luar area masjid, segeralah masuk masjid atau mushola.
  • Ajak saudara-saudara muslim kita untuk bersama-sama menunaikan sholat berjamaah di masjid.

Dan masih banyak lagi adab-adab yang perlu dilaksanakan ketika adzan berkumandang. Untuk kedepannya akan diupdate di sini.

Akhir Kata

Sekian penjelasan mengenai doa adzan dan iqomah yang lengkap, doa menjawab adzan, mp3, subuh, latin, doa setelah adzan, sesudah adzan iqomah, jawaban adzan dan sebagainya.

Mari bersama-sama berjuang mendapatkan syafaat dari Baginda Rasul, salah satunya dengan membiasakan diri melafadzkan doa setelah mendengar suara adzan.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *