Doa Setelah Adzan dan Iqomah Sesuai Sunnah Lengkap

By | Oktober 26, 2019
doa sesudah setelah adzan dan iqomah

Bacaan doa pendek sesudah setelah adzan dan iqomah sesuai sunnah, arab, latin dan artinya, subuh.

Doagama.com – Doa setelah adzan dan iqomah sesuai sunnah lengkap. Dalam Al-Quran, disebutkan ada lima jenis sholat wajib yang harus ditunaikan seorang muslim.

Kelima sholat tersebut adalah sholat subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya. Pada hari jumat sholat dzuhur bagi laki-laki diganti dengan sholat jumat.

Untuk memanggil umat muslim menunaikan sholat, maka diadakanlah adzan dengan pengeras suara atau toa. Adzan adalah suara, lafadz, bacaan atau doa panggilan atau seruan untuk sholat.

Adzan dikumandangkan ketika waktu telah memasuki sholat wajib, orang yang mengumandangkan adzan haruslah laki-laki dan disebut dengan muadzin.

Setelah adzan, jamaah sholat diberi waktu beberapa menit untuk menunaikan ibadah sholat qabliyah, yakni sholat dua rakaat untuk menyempurnakan sholat wajib.

Kemudian muadzin mengumandangkan bacaan iqomah/iqamah/iqamat sebagai tanda bahwa sholat berjamaah akan segera dimulai dan jamaah diminta untuk berdiri menyiapkan barisan.

Baik setelah adzan maupun iqomah, umat muslim yang mendengarnya dianjurkan membaca bacaan doa, yakni sebuah doa pendek, ringkas dan singkat yang diajarkan Rasulullah SAW.

Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa membaca doa sesudah adzan atau iqomah memiliki banyak keutamaan diantaranya adalah menyempurnakan adzan serta iqamah itu sendiri.

Di sini kita akan membahas mengenai bacan lafadz doa seusai adzan dan iqomah, bagaimana cara membacanya, tata cara mengamalkannya yang baik dan benar.

Daftar ISI

Doa Setelah Adzan Sesuai Sunnah

doa sesudah adzan
doa sesudah adzan

Setiap muslim yang telah dewasa dan memahami tata cara bacaan tajwid diperbolehkan menjadi muadzin. Ketika menyerukan adzan, muadzin harus berdiri dan tidak boleh duduk.

Ketika muadzin menyerukan suara adzan, jamaah yang baru saja datang ke masjid sebaiknya tetap berdiri sampai adzan selesai dibacakan. Hal tersebut untuk menghormati muadzin.

Setelah adzan selesai, baik muadzin, jamaah yang berdiri maupun jamaah yang tengah duduk (yang datang sebelum adzan dikumandangkan), sama-sama berdoa sambil menadahkan tangan.

Doa yang dibaca seusai adzan mungkin sudah akrab di telinga kita karena sering diperdengarkan di stasiun televisi. Berikut adalah lafadz bacaan doa seusai, setelah, sesudah adzan, doa menjawab adzan.

للهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Allahumma robba hadzihid da’watit taammah wash sholatil qoo-imah, aati Muhammadanil wasilata wal fadhilah, wab’atshu maqoomam mahmuuda alladzi wa ‘adtah’.

Artinya :
“Ya Allah SWT, Rabb pemilik dakwah yang sempurna ini (dakwah tauhid), shalat yang ditegakkan, berikanlah kepada Muhammad SAW wasilah (kedudukan yang tinggi), dan fadilah (kedudukan lain yang mulia.”

Doa Setelah Iqomah Sesuai Sunnah

doa sesudah iqomah
doa sesudah iqomah

Orang yang mengerjakan ibadah sholat qabliyah sebaiknya setelah selesai sholat tetap duduk sambil menunggu muadzin menyerukan iqomah atau seruan untuk berdiri membentuk shaff sholat.

Ketika iqamah dibacakan, para jamaah sebaiknya langsung berdiri kemudian membentuk shaff yang rapat tanpa perlu menunggu iqomah selesai dikumandangkan.

Setelah iqomah selesai, selanjutnya jamaah membaca doa pendek, ringkas, singkat setelah iqomah dalam posisi telah membentuk shaff yang rapi. Doa cukup dibaca pelan dalam hati saja.

Berikut adalah bacaan lafadz doa setelah, sesudah, seusai iqomah, doa jawaban iqomah sesuai sunnah baik untuk NU (Nahdlatul Ulama) maupun Muhammadiyah.

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

Aqaamahallahu wa-ad aamahaa maadaa matis samaawaatu wal-ardl.

Artinya :
“Semoga Allah SWT mendirikannya (shalat) dan mengekalkannya selama langit dan bumi masih ada.”

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai doa adzan latin dan artinya, subuh, sesuai sunnah, mp3, doa pendek setelah adzan, maghrib, bacaan, amalan, teks, lafadz.

Doa setelah iqomah latin, nu, dan artinya, sesuai sunnah, iqomat, iqamah, doa sesudah iqomah sesuai sunnah, yang dianjurkan Rasulullah SAW lengkap.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *