Doa Setelah Membaca Al-Quran yang Shahih

By | September 2, 2019
doa setelah sesudah membaca al quran mengaji

Bacaan doa setelah membaca al quran yang shahih arab, latin dan artinya.

Doagama.com – Doa setelah membaca al-quran lengkap. Al-Quran adalah petunjuk bagi umat Islam di seluruh muka bumi. Buku kitab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad ini harus menjadi pegangan kaum muslimin.

Bagi yang kebingungan akan sesuatu, menentukan apakah suatu hal itu halal atau haram, menentukan mana yang harus dikerjakan dan mana yang perlu dihindari, semua jawabannya adalah Al-Quran.

Al-Quran adalah kitab suci, maka dari itu sebelum membacanya kita perlu menyucikan diri dengan berwudhu. Tujuannya agar tubuh kita bersih dari hadats kecil.

Jika di dalam tubuh kita tertempel hadats besar, seperti air liur anjing, babi, air mani, haid dan nifas maka cara membersihkannya adalah dengan mandi wajib.

Selain itu sebelum mengaji kita juga dapat menambahkan amalan lain seperti doa sebelum membaca alquran. Namun bagaimana dengan setelah selesai membacanya?

Apakah cukup dengan melafadzkan shadaqallahul adzim, atau ada kalimat bacaan lain yang shahih berdasar hadits-hadits yang diriwayatkan oleh sahabat Nabi?

Mengenai doa apa yang pantas dibaca selepas selesai membaca Al-Quran, adakah bacaan yang perkaranya sesuai sunnah? Di sini kita akan membahasnya secara lengkap.

Hadits Berdoa Sesudah Membaca Al-Quran

Dalam hadits manapun, tidak ada dalil yang menjelaskan bahwa ada doa khusus yang dapat diucapkan setelah seleasai membaca al-quran. Sehingga ini bukan merupakan kewajiban.

Bahkan dalam sebuah hadits yan diriwayatkan oleh Imam Bukhari, menjelaskan bahwa saat Ibnu Mas’ud selesai ngaji, beliau tidak melafadzkan kalimat, dzikir, doa atau wirid apapun.

Namun bukan berarti bahwa membaca doa sesudah membaca Al-Quran adalah hal yang dilarang, karena sesuatu yang diharamkan pasti tercantum di dalam ayat-ayat Al-Quran.

Lebih dari itu, doa merupakan tiang agama, jembatan untuk berkomunikasi dengan Allah SWT. Maka dari itu kita disunnahkan untuk membacanya sebelum dan sesudah mengerjakan sesuatu.

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُوْلِ اللهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللهَ وَالْيَوْمَ اْلآخِرَ وَذَكَرَ اللهَ كَثِيْرًا

Artinya :
“Sesungguhnya pada diri Rasulullah ada teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap Allah dan hari akhir serta banyak berdzikir kepada Allah.” – (QS. Al-Ahzab: 21)

Jadi pada intinya, jika ditanya soal apakah membaca doa setelah selesai mengaji ada dalilnya? Jawabannya adalah tidak. Namun juga tidak ada larangan untuk melakukannya.

Dengan memperbanyak amalan seperti membaca dzikir sesudah mengaji, semoga Allah Ta’ala semakin melimpahkan berkah dan karunianya kepada kita. Amin.

Bacaan Doa Setelah Membaca Al-Quran

doa setelah membaca al quran
doa setelah membaca al quran

Karena tidak ada doa yang pasti yang dapat diucapkan sesudah tamat Al-Quran, maka kita bisa membaca doa apapun, asalkan doa yang diucapkan adalah doa yang baik.

Di sini ada beberapa contohnya. Intisari dari yang dibaca sesudah membaca Al-Quran adalah mengucap syukur atas kesempatan yang diberikan sehingga kita dapat berdzikir dengan mengaji.

Kemudian juga tujuan dari doa ini adalah memohon kepad Allah SWT supaya setiap surat dan ayat Alquran yang kita baca dapat menjadi ilmu yang bermanfaat serta meningkatkan iman dan taqwa dalam hati.

Berikut adalah teks tulisan lafadz doa setelah sesudah membaca Al-Quran bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan Indonesia dirangkum dari berbagai sumber.

1. Doa Sesudah Membaca Al-Quran Tirmidzi

اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ. وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَهُ آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allahummarhamnii bil qur’aani. waj’alhu lii imaaman wa nuuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa’allimnii minhu maa jahiltu. wazuqnii tilaa watahu aanaa-al laili wa athroofan nahaari. waj’alhu lii hujjatan yaa robbal ‘aalamiina.

Artinya :
“Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur’an yang agung, jadikanlah ia bagiku cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam.”

2. Doa Sesudah Membaca Al-Quran Rasulullah SAW

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Subhanakallahumma wa bihamdika laa ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaika.

Artinya :
“Maha suci Engkau dan pujian kepada-Mu, Tidak ada sesembahan yang berhak di sembah kecuali Engkau, aku meminta ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Kedua doa tersebut dapat kita amalkan pada saat sudah selesai mengaji, tamat atau khatam quran. Sebagai bacaan tambahan untuk meningkatkan amal pahala selain doa sholat.

3. Doa Setelah Membaca Al-Quran Imam Ali

اللَّهُمَّ ارحَمني بِالقُرآنِ وَ اجعَلهُ لي إماماً. و هُدىً و رَحمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرني مِنهُ ما نَسيتُ و عَلِّمني مِنهُ ما جَهِلتُ، وَ ارزُقني تِلاوَتَهُ آناءَ اللَّيلِ و أطرافَ النَّهارِ وَ اجعَلهُ حُجَّةً لي يا رَبَّ العالَمين

Artinya :
“Ya Allah, Aku memohon kekhusyukan sebagaimana kekhusyukan yang dimiliki oleh orang-orang yang khusyuk, berteman dengan orang-orang baik, layak untuk menerima hakekat keimanan, memperoleh kebaikan, terjauhkan dari dosa, memperoleh rahmat, ampunan-Mu, sampainya ke surga dan terbebas dari api jahanam.”

4. Doa Setelah Mengaji Imam Zainal Abidin

اللّهُمَّ اشرَح بِالقُرآنِ صَدري، وَ استَعمِل بِالقُرآنِ بَدَني، و نَوِّر بِالقُرآنِ بَصَري، و أطلِق بِالقُرآنِ لِساني و أَعِنّي عَلَيهِ ما أبقَيتَني فَإِنَّهُ لا حَولَ ولا قُوَّةَ إلّا بِك‏

Artinya :
“Ya Allah, lapangkanlah dadaku dengan al-Quran, amankanlah badanku dengan al-Quran, terangilah penglihatanku dengan al-Quran, bebaskanlah lidahku dengan Al-Quran dan tolonglah aku atasnya selama Engkau hidupkan aku, sebab sesungguhnya tidak ada daya dan tidak ada kekuatan selain dengan-Mu.”

Adab Sesudah Membaca Al-Quran

Saat mengerjakan setiap aktifitas, sebagia seorang muslim kita harus menjaga adab dan tata cara menjaga sopan santun. Karena kita hidup bermasyarakat maka harus menghormati orang lain pula.

Termasuk ketika baca alquran atau mengaji, tentu ada hal-hal yang harus diperhatikan, terlebih karena al-Quran adalah kitab suci yang diturunkan langsung dari Allah SWT.

Karena itu cara membacanya pun berbeda, ada aturan tajwid yang perlu diperhatikan, melafadzkan setiap ayat di dalma Quran dengan memerhatikan panjang pendek sebuah harakat.

Selain itu, pada saat selesai membaca Al-Quran, lakukanlah hal-hal berikut supaya menjadi nilai ibadah lebih di mata Allah SWT dan menjaga tatakrama dalam bermasyarakat.

  • Jika sudah selesai membaca Quran, maka tutuplah dan letakkan di tempat yang tinggi karena kedudukan Quran lebih tinggi dibanding buku lain.
  • Membersihkan tempat menyimpan Alquran jika terdapat debu kotor.
  • Menjauhkan Al-Quran dari anak-anak yang belum mengerti soal kitab suci (balita).
  • Menjauhkan Al-Quran dari barang-barang berbahaya seperti lilin, korek api, air, pisau dan sebagainya.
  • Membaca doa sesudah mengaji seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
  • Tidak terlalu lama menyimpan Al-Quran, segeralah baca kembali.

Akhir Kata

Itulah dia beberapa doa yang bisa diungkapkan sesudah baca Al-Quran atau mengaji, doa setelah embaca alquran kafaratul majelis, mp3, youtube, lagu, lirik, pdf, metode ummi.

Semoga artikel yang ditulis pada hari ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Dan semoga Allah SWT menjabahkan setiap ucapan doa yang kita panjatkan.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *