Doa Setelah Sholat Istikharah Singkat dan Lengkap

By | Mei 16, 2019
doa setelah sholat istikharah

Sholat istikharah jodoh, dzikir dan doa setelah sholat istikharah

Doagama.com – Doa setelah sholat istikharah. Shalat istikharah atau sholat mohon petunjuk adalah shalat sunnah yang dikerjakan apabila kita bingung menentukan pilihan yang ada, seperti jodoh, pekerjaan, hajat dan sebagainya.

Umat Islam dianjurkan mohon petunjuk pertama kali hanya kepada Allah SWT karena Allah SWT akan selalu memberi petunjuk kepada hamba-Nya yang sedang dilanda keraguan atau kebimbangan. Karena Allah SWT adalah Maha Memberi Petunjuk.

Sebagai pelengkap sholat istikharah, kita dianjurkan untuk membaca doa sesudah selesai sholat. Pada intinya, tujuan dari membaca doa ini adalah agar hati kita lebih tenang dan otak kita menjadi lebih jernih untuk memantapkan hati menentukan pilihan mana yang akan diambil.

Sholat istikharah sendiri dapat dikerjakan pada waktu kapan saja dan di mana saja, bisa di siang hari maupun malam hari baik di masjid, mushalla maupun di rumah pribadi. Namun sholat ini alangkah baiknya dikerjakan pada waktu sepertiga malam terakhir setelah sholat Isya.

Baca : Sholat Isya

Karena pada waktu malam hari, kita akan lebih khusyu dan tenang dalam mnejalankan sholat. Sholat ini hukumnya sunnah dan dapat dikerjakan sebanyak dua rakaat diakhiri salam, sama seperti sholat sunnah pada umumnya.

Surat yang diutamakan dibaca pada saat mengerjakan sholat istikharah adalah surat Al-Kafirun pada rakaat pertama dan Al-Ikhlas pada rakaat kedua.

Untuk lebih lengkapnya mengenai sholat istiharah, seperti niat, tata cara, keutamaan, waktu pelaksanaan dan sebagainya, silahkan baca artikel berikut.

Baca : Sholat Istikharah

Doa Setelah Sholat Istikharah

Berikut adalah bacaan doa sesudah mengerjakan sholat istikharah dalam bahasa Arab, latin beserta artinya lengkap.

1. Doa Setelah Sholat Istikharah Arab

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَااْلاَمْرَ(…)خَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْهُ لِيَ الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ

2. Doa Setelah Sholat Istikharah Latin

Allaahumma inni astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as aluka min fadlikal ‘aziimi fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa laa a’lamu wa anta ‘allaamul guyuub.

Allaahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro (…..) khairul lii fii diinii wa ma’aasyi faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baarik lii fii hi wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii wa ‘aajlihii fashrifhu ‘annii wasrifnii ‘anhu waqdurhu liyal-khaira haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bihi.

3. Doa Setelah Sholat Istikharah Terjemahan

Artinya :
“Ya Allah sesungguhnya aku memohon petunjuk dari ilmu-Mu, memohon kekuatan dari kekuasaan-Mu, dan memohon karunia-Mu yang besar, karena sesungguhnya aku tidak kuasa sedang Engkau kuasa, dan aku tidak mengetahui sedang Engkau Maha Mengetahui semua yang gaib.

Ya Allah jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini ( sebut keperluanya ) baik bagiku, agama dan kehidupanku, maka tetapkan dan mudahkanlah ia bagiku kemudian berkatilah aku, dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk bagiku, bagi agama dan kehidupanku serta akibat dari urusanku, baik untuk masa sekarang maupun untuk masa mendatang, maka hindarkanlah ia dariku dan hindarkanlah pula diriku darinya, dan tetapkanlah hal yang terbaik bagiku menurut semestinya, kemudian ridhailah aku.”

Akhir Kata

Itu dia bacaan Doa Setelah Sholat Istikharah. Jawaban atas sholat muncul dalam berbagai cara, namun percayalah, Allah SWT akan selalu menolong kita yang sedang dalam kesusahan, Amin.

Artikel ini dicari juga dengan kata kunci jawaban sholat istikharha jodoh, dzikir dan doa sesudah shalat istikharah.

Waktu yang dilarang untuk sholat istikharah, niat sholat istikharah jodoh, sholat istikharah mohon petunjuk dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *