Doa Setelah Sholat Taubat Nasuha Ringkas dan Lengkap

By | Mei 8, 2019
doa setelah sholat taubat

Doa setelah sholat taubat untuk diri sendiri, doa sholat taubat yusuf mansyur

Doagama.com – Doa Setelah Sholat Taubat. Kemarin saya telah membahas sholat taubat dan menulis doa yang dibaca setelahnya, namun pada artikel tersebut saya hanya menulis satu macam doa sholat taubat yang sebenarnya terdapat 3 macam, yakni doa ringkas, sedang dan lengkap atau panjang.

Baca : Sholat Taubat

Dan pada kesempatan ini, saya ingin menulis lebih lengkap dari artikel tersebut, khusus untuk doa yang dibaca setelah sholat taubat. Doa Sholat taubat sendiri terdiri dari dua macam, yakni niat sholat taubat dan doa setelah sholat taubat.

Silahkan langsung saja simak pembahasannya di bawah ini. Dan apabila ada kesalahan, mohon maaf dan tolong dikoreksi.

Niat Sholat Taubat

Berikut adalah bacaan niat sholat taubat nasuha Arab beserta artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

أصلي سنة التوبة ركعتين لله تعالي

Ushalli sunnatat taubati rokaataini lillahi taala.

Artinya :
“Saya niat shalat sunnah taubat dua rokaat karena Allah.”

Doa Setelah Sholat Taubat

Sholat taubat dikerjakan 2, 4 atau 6 rakaat dengan salam setiap 2 rakaat. Setelah selesai, terdapat bacaan doa setelah sholat taubatan nasuha.

1. Doa Setelah Sholat Taubat Ringkas

Berikut adalah bacaan sholat taubat nasuha yang paling pendek, ringkas dan mudah dihapal.

استغفرالله العظيم الذى لااله الاهو الحي القيوم واتوب اليه توبة عبد ظالم لايملك لنفسه ضراولا نفعا ولاموتا ولاحياة ولانشورا

Artinya :
“Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung, aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah, Tuhan yang senantiasa hidup dan mengawasi, aku memohon taubat kepada-Nya sebagaimana taubatnya hamba yang dholim yang berdosa tidak memiliki daya upaya untuk berbuat mudharat atau manfaat untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti.”

2. Doa Setelah Sholat Taubat Sedang

Berikut adalah doa setelah shalat taubat yang dibaca lebih panjang sedikit, namun tidak terlalu lengkap.

أللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya:
“Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hambaMu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janjiMu yang sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepadaMu dari segala kejahatan yang telah aku lakukan, aku mengakui nikmatMu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yang dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yang telah aku lakukan.”

3. Doa Setelah Sholat Taubat Panjang

Berikut adalah doa setelah shalat taubat yang paling lengkap, ditulis dalam bahasa Arab beserta artinya dalam bahasa Indonesia.

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ تَوْ فِيْقَ اَهْلِ الْهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجِدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّ غْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى اَخَافَكَ . اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ مَخَا فَةً تَحْجُزُ نِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَا عَتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ حَتَّى اُنَا صِحَكَ فِىالتَّوْ بَةِ خَوْ فًا مِنْكَ وَحَتَّى اَخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ وَحَتَّى اَتَوَ كَّلَ عَلَيْكَ فَ اْلاُمُوْرِ كُلِّهَاوَحُسْنَ ظَنٍّ بِكَ . سُبْحَانَ خَالِقِ نُوْرٍ

Artinya:
“Ya Allah sesungguhnya hamba memohon kepadaMu Taufiq(pertolongan)nya orang-orang yang mendapatkan petunjuk(hidayah),dan perbuatannya orang-orang yang bertaubat, dan cita-cita orang-orang yang sabar, dan kesungguhan orang-orang yang takut, dan pencariannya orang-orang yang cinta, dan ibadahnya orang-orang yang menjauhkan diri dari dosa (wara’), dan ma’rifatnya orang-orang berilmu sehingga hamba takut kepadaMu. Ya Allah sesungguhnya hamba memohon kepadaMu rasa takut yang membentengi hamba dari durhaka kepadaMu, sehingga hamba menunaikan keta’atan kepadaMu yang berhak mendapatkan ridhoMu sehingga hamba tulus kepadaMu dalam bertaubat karena takut padaMu, dan sehingga hamba mengikhlaskan ketulusan untukMu karena cinta kepadaMu, dan sehingga hamba berserah diri kepadaMu dalam semua urusan, dan hamba memohon baik sangka kepadaMu. Maha suci Dzat Yang Menciptakan Cahaya.”

Akhir Kata

Itulah Doa Setelah Sholat Taubat. Doa yang dibaca ketika kita selesai melaksanakan ibadah shalat sunnah taubat. Semoga dengan doa ini, dengan berdoa yang sungguh-sungguh, taubat nasuha kita diterima oleh Allah SWT. Amin.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *