Doa Agar Terhindar Dari Sifat Iri, Dengki, Hasad

By | Agustus 8, 2019
doa menghindari agar terhindar dari sifat iri

Bacaan doa agar terhindar dari sifar isi hati, dengki, hasad bahasa arab, latin dan artinya.

Doagama.com – Doa agar terhindar dari sifat iri, dengki, hasad. Sebagia manusia yang hidup di dunia tentu kita tidak ingin menjadi orang yang mudah iri, tidak ada untungnya sama sekali bagi kita memiliki sifat tersebut.

Sifat iri hati (hasad) atau dengki hanya akan merugikan diri sendiri, bukan orang lain. Oleh karena itu, senantiasalah mengucap doa menghilangkan penyakit hati memohon kepada Allah SWT agar terhindar dari sifat tercela tersebut.

Perbedaan Sifat Iri (Hasad) dan Dengki

Mungkin di sini ada yang bertanya apa sih bedanya sifat iri dan dengki itu? Bukankah keduanya hampir mirip dan pengertiannya tidak berbeda jauh? Benar, namun meski begitu kedua sifat tersebut punya penjelasan yang berbeda.

Sifat iri merupakan sifat tidak suka atas rezeki dan berkah yang diterima oleh orang lain dari Allah SWT. Meliputi juga keberhasilan, pencapaian sukses, cita-cita yang tercapai dan kebahagiaan.

Sedangkan sifat dengki merupakan tindakan yang dilakukan untuk menyikapi sifat iri tersebut. Biasanya orang dengki akan melakukan berbagai cara agar orang yang mendapat rezeki menjadi celaka, sedih dan semacamnya.

Kedua sifat tersebut bukanlah sifat yang terpuji karena selain membuat orang lain tidak percaya kepada kita, juga akan membuat hati kita merasa tidak tenang sebelum kita mendapat apa yang orang lain miliki.

Bacaan Doa Menghindari Sifat Iri, Dengki dan Hasad

doa agar terhindar dari sifat iri dengki hasad
doa agar terhindar dari sifat iri dengki hasad

Untuk itu umat muslim sangat dianjurkan untuk membaca doa dibersihkan hati atau wirid agar terhindar dari sifat iri yang tujuannya adalah membuat hati kita ikhlas dan ikut bahagia atas pencapaian orang lain.

Berikut adalah lafadz, teks, bacaan doa cara menghilangkan sifat iri dengki sombong bahasa arab, latin dan artinya yang juga merupakan ayat Al-Quran Q.S Al-Hasyr ayat 10.

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِاِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْاِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ

Robbanagh firlanaa wa li ikhwaninaladziinaa sabaquuna bil iimaan wa laa taj’al fii qulubiinaa ghillan lil ladzinaa aamanu robbanaa rouufur roohiim

Artinya :
“Ya Allah, ampunilah dosa‐dosa kami dan dosa‐dosa saudara kami yang telah mendahului kami dengan membawa iman, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang‐orang yang beriman. Ya Allah, sungguh Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.”

Tips Cara Terhindar Dari Sifat Iri Hati

Dikisahkan dalam Al-Quran bahwa doa dijauhkan dari orang yang sirik iri dengki tersebut dilafalkan dalam perjaungan kaum Muhajirin dan Anshar. Mereka berdoa memohon kerendahan dan kesucian hati mereka agar tidak sombong.

Dalam menyikapi sifat tercela tersebut selain berdoa kita juga perlu berusaha untuk menghindarinya. Berikut ada beberapa tips dan cara untuk menghindari sifat iri hati, dengki dan sombong.

  • Selalu mengingat Allah SWT.
  • Memperbanyak bersyukur.
  • Memperbanyak ibadah dan dzikir.
  • Menyadari keburukan sifat hasad.
  • Memelihara sifat rendah hati.
  • Rajin membantu orang lain yang dalam kesulitan.
  • Menumbuhkan rasa saling menghormati.
  • Menumbuhkan perasaan prasangka baik.
  • Rajin bersilaturahmi.
  • Mendahulukan kepentingan umum.

Itulah cara dan tips menghindari diri dan orang yang iri hati dengki dan hasad. Semoga bermanfaat.

Akhir Kata

Demikian artikel mengenai bacaan doa menghindari sifat iri hati, dengki dan hasad dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya. Akibat iri hati dan dengki sangalah buruk maka dari itu perlu kita hindari dengan cara memperbanyak doa.

Karena sifat iri hati dan hasad termasuk penyakit, cara membuang , penyakit hati, doa menghilangkan kedegkian dan hasad, amalan agar terhindar dari penyakit hati.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *