Doa Sujud Syukur Arab Latin dan Artinya

By | September 30, 2019
bacaan doa sujud syukur

Bacaan doa sujud syukur arab latin dan artinya sesuai sunnah lengkap.

Doagama.com – Doa sujud syukur arab latin dan artinya. Perlu diketahui bahwa setiap keinginan yang terkabul, pasti datangnya dari Allah SWT. Semua terjadi hanya atas kehendak-Nya.

Kita wajib bersyukur atas apa yang diberkahkan kepada kita. Tujuannya untuk mengucapkan terima kasih atas nikmat yang diberikan-Nya. Bisa dengan mengucap alhamdulillah atau bersujud sambil berdoa.

Sujud yang ditujukan untuk mengungkapkan rasa syukur disebut dengan sujud syukur. Doa atau lafadz yang dibaca pada saat sujud syukur bukanlah kalimat tahmid.

Kita harus membiasakan kebiasaan baik ini. Bersyukurlah dengan bersujud, atau setidaknya dengan mengucap kalimat syukur. Kadang kita lupa bahwa apa yang kita capai merupakan atas berkat bantuan Allah SWT.

Kadang kita beranggapan bahwa apa yang kita dapat hanya merupakan hasil dari jerih payah kita sendiri. Kita sering melupakan fakta bahwa Tuhan, Allah SWT merupakan Dzat yang menghendaki semua itu terjadi.

Mengucapkan kalimat alhamdulillah sudah baik, namun melaksanakan sujud syukur sambil berdoa akan memiliki keutamaan, hikmah dan manfaat yang luar biasa.

Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana sih, bacaan doa ketika sujud syukur yang benar dan baik, cara melakukan sujud syukur dan hadits yang mendasarinya.

Bacaan Doa Sujud Syukur

doa sujud syukur
doa sujud syukur

Sujud syukur dilakukan dengan cara sujud seperti pada sholat, namun bacaan doanya berbeda dari doa sujud pada saat sholat. Sujud syukur dilakukan dengan cara melafadzkan bacaan yang telah ditentukan.

Ada urutan doa yang harus dibaca secara urut mulai dari awal hingga akhir, tidak boleh dilompati atau dilewatkan salah satu atau beberapa diantaranya.

Doa sujud syukur ini juga disebut dengan dzikir atau wirid syukur. Doa dibaca pelan dalam hati, namun dengan niat bersungguh-sungguh untuk mengharap ridha Allah SWT.

Berikut adalah teks lafadz, bacaan doa sujud syukur dalam al quran, subhanallah walhamdulillah, hukum, hikmah, wikipedia, terakhir, doa sujud syukur bahasa arab, latin dan artinya sesuai sunnah.

1. Baca Tasbih, Tahmid dan Tahlil

Pertama membaca bacaan kalimat tasbih, tahmid dan tahlil terlebih dahulu yang merupakan tiga dari sekian banyak kalimat thayyibah atau kalimat baik yang disukai Allah SWT.

سُبْحَانَ اللّهِ والْحَمْدُللّهِ وَ لا اِلهَ اِلَّا اللّهُ وَ اللّهُ اَكْبَرُلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بالله العلي العظيم

Subhaanallohi walhamdulillaahi walaa ilaaha illalloohu walloohuakbar, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim.

Artinya :
“Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi, Maha Agung.”

2. Baca Doa atau Dzikir Syukur

Yang kedua adalah berdoa untuk berdzikir kepada Allah SWT, Tuhan yang menciptakan segala sesuatu yang ada di dunia, termasuk mengatur segala kejadian yang terdapat di muka bumi.

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ فَتَبَا رَكَ اللهُ اَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَ

Artinya :
“Aku sujudkan wajahku kepada yang menciptakannya, membentuk rupanya, dan membuka pendengaran serta penglihatan. Maha Suci Allah sebaik-baik Pencipta.”

3. Baca Al-Quran Surat An-Nami ayat 19

Doa dilanjutkan dengan membaca salah satu ayat dalam Al-Quran, makna dari doa sujud ini adalah mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

رَبِّ اَوۡزِعۡنِیۡۤ اَنۡ اَشۡکُرَ نِعۡمَتَکَ الَّتِیۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَیَّ وَ عَلٰی وَالِدَیَّ وَ اَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰىہُ وَ اَدۡخِلۡنِیۡ بِرَحۡمَتِکَ فِیۡ عِبَادِکَ الصّٰلِحِیۡنَ

Artinya :
“Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.”

4. Baca Doa Sujud Sesuai Hadits Nabi

Terkahir adalah membaca doa untuk meminta pertolongan agar ucapan syukurnya dapat mendatangkan keridha’an serta meningkatkan amal dan taqwa kepada Allah Ta’ala.

اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Artinya :
“Ya Allah, bantulah aku dalam selalu berdzikir atau mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu dan memperbagus ibadah kepada-Mu.”

Hadits Doa Sujud Syukur

Rangkaian doa sujud syukur dari awal hingga akhir tersebut berasal dari dua hadits shahih, yang pertama adalah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Bakar R.A.

Beliau menjelaskan bahwa ia pernah diceritai oleh Abu Dawud, sahabat Rasulullah SAW yakni ketika Nabi mendapat berita bagus, maka ia akan bersujud mengucap syukur.

Artinya :
“Apabila Nabi Muhammad Saw. menerima berita yang menggembirakannya, biasanya beliau terus bersujud kepada Allah SWT.”

Selain itu, Abdurrahma bin Auf juga menulis hadits dalil yang menjelaskan bahwa Rasul pernah mencontohkan untuk bersujud ketika mendapat kabar menyenangkan dan bersyukur akan hal itu.

Artinya :
“Suatu hari, Rasulullah keluar dari kediamannya. Tiba-tiba, beliau terperangah lalu masuk kembali ke dalam, kemudian beliau menghadap kiblat dan bersujud syukur lama sekali, lalu beliau mengangkat kepalanya dan berkata, ‘Jibril datang kepadaku mengatakan bahwa Allah berkata kepadamu, “Barang siapa membaca shalawat dan salam kepadamu maka Aku mengucapkan shalawat dan salam kepadanya,’ aku bersujud mensyukuri itu.”

Cara Melakukan Sujud Syukur

Sujud syukur memang dilakukan seperti sujud pada sholat umumnya, namun pelaksanaannya membutuhkan waktu lebih lama karena doa yang dibaca lebih panjang.

Sebelum bersujud, pada saat sujud dan ketika ingin mengakhiri sujud syukur, kita perlu melakukannya sesuai dengan tuntunan, panduan dan tata cara yang tepat.

Berikut adalah tata cara melaksanakan sujud syukur mulai dari awal hingga akhir secara lengkap dan jelas.

1. Sudi Dari Hadats Besar dan Kecil

Pertama, pastikan telah suci dari hadats besar dan kecil. Jika terkena hadats besar maka harus mandi wajib namun bila terkena hadats kecil cukup wudhu atau tayamum.

2. Menutup Aurat, Menghadap Kiblat

Kedua adalah menurutp aurat, bagi perempuan wajib mengenakan mukena. Kemudian menghadap kiblat seperti pada saat akan menjalankan ibadah sholat.

3. Melakukan Takbir

Membaca kalimat takbir yakni allahu akbar seperti saat ingin sholat bisa dengan suara yang pelan maupun suara yang dibaca dari dalam hati sehingga tidak terdengar orang lain.

4. Membaca Niat

Kemudian membaca niat yakni sebagai tanda awal bahwa kita ingin melaksanakan sujud sebagai bentuk pengungkapan rasa syukur terhadap nikmat dan berkah Allah SWT.

نَوَيْتُ سُجُوْدَ الشُّكْرِ سُنَةَ للهِ تَعَالَى

Nawaitu sujudas syukri sunnatan lillahi ta’ala.

Aritnya :
“Saya niat melakukan sujud syukur sunnah karena Allah Ta’ala.”

5. Sujud Sekali Sambil Berdoa

Melakukan sujud seperti pada saat sholat wajib atau sunnah sambil membaca doa dengan urutan atau rangkaian sesuai seperti yagn dijelaskan sebelumnya.

6. Mengucap Salam

Setelah selesai, ganti posisi menjadi duduk seperti posisi atau gerakan duduk pada saat sholat sambil mengucap salam dengan emnolehkan kepala ke kanan dan ke kiri.

Akhir Kata

Itulah dia penjelasan doa sujud syukur yang dilakukan bila kita mendapat hadiah, menang perlombaan, juara kelas, lulus ujian, terhindar dari marabahaya, mendapat pertolongan luar biasa dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *