Doa Ketika Susah Tidur Arab Latin dan Artinya

By | Agustus 27, 2019
doa ketika susah tidur

Lafadz bacaan doa ketika susah tidur atau sulit memejamkan mata pada malam hari tulisan arab, latin dan artinya.

Doagama.com – Doa ketika susah tidur arab latin dan artinya. Tidur adalah kegiatan beristirahat dengan memejamkan mata serta terjadi di saat kondisi tubuh sedang tidak sadarkan diri.

Manusia biasanya tidur pada malam hari ya walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa ada sebagian orang yang terbiasa tertidur pada siang hari sehingga di waktu malam, biasanya mereka terjaga.

Begadang hingga dinihari adalah kebiasaan yang buruk karena selain membuat tubuh menjadi lemas, mata juga tidak akan kuat untuk terbuka dalam waktu lama pada siang hari.

Hal tersebut tentu akan mengganggu kegiatan atau akfititas sehari-hari seperti bekerja, belajar di sekolah, bermain, jalan-jalan bersama teman, bepergian dan sebagainya.

Dokter juga menyarankan agar kita mengurangi kebiasaan tersebut. Selain dapat membuat mudah mengantuk dan menguap pada siang hari, kurang tidur juga akan berdampak pada ketidakstabilan emosi, kemampuan kognitif dan fungsi otak.

Selain itu, efek lain dari terjaga semalaman adalah risiko penyakit berat seperti kanker, obesitas, tekanan darah tinggi dan yang paling buruk adalah kita akan terbiasa untuk kesulitan saat ingin tidur pada waktu petang.

Hadits Berdoa Ketika Susah Tidur

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk mengucapkan doa sebelum tidur, hal tersebut bertujuan agar saat istirahat, tubuh kita dijauhkan dari segala macam marabahaya, binatang jahat, dan gangguan lainnya.

Termasuk untuk meminta perlindungan dari Allah SWT supaya syaitan, jin dan iblis tidak mengganggu dengan memberi bisikan-bisikan melalui mimpi buruk.

Sejatinya, Nabi Muhammad mencontohkan beberapa teks doa yang bisa dibaca pada saat seseorang kesulitan untuk tidur, diantaranya adalah yang diriwayatkan oleh Zaid bin Tsabit dan Khalid bin Walid.

Untuk doa saat susah tidur yang diriwayatkan oleh Zaid R.A. sendiri ada dua macam, ada yang pendek dan ada yang panjang sehingga total terdapat tiga macam doa bila kesulitan tidur.

Doa menghadapi kesulitan tidur yang diriwayatkan oleh Zaid bin Tsabit dapat ditemui pada kitab al-Mu’jam al-Kabir karya At-Thabrani, seorang tokoh muslim dunia yang sangat terkenal karya-karyanya.

Sementara itu doa yang diriwayatkan oleh Khalid bin Walid dapat ditemuipada beberapa kitab seperti Musnad Al-Bazar, Al-Muj’am Al-Kabir, dan Mushannaf Ibn Abi Syaibah.

Bacaan Doa Ketika Susah Tidur

doa susah tidur
doa susah tidur

Berikut adalah teks, tulisan, lafadz, bacaan doa ketika susah tidur bahasa Arab, latin dan artinya yang memiliki banyak keutamaan, faedah, fadhilah, manfaat dan hikmah.

1. Doa Susah Tidur Riwayat Zaid bin Tsabit

اَللّٰهُمَّ غَارَتِ النُّجُوْمُ وَهَدَاتِ الْعُيُوْنُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّوْمُ لاَتَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلاَنَوْمٌ يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ أَهْدِىءْ لَيْلِى وَأَنِمْ عَيْنِيْ

Allaahumma ghaaratin-nujuum wa hada’atil ‘uyuunu wa anta hayyuun qayyuum, la ta’khuzuka sinatuw wa laa naumuy yaa hayyu yaa qoyyumu adhi’i lailii wa anim ‘aini.

Artinya :
“Ya Allah, bintang-bintang telah tenggelam, dan semua mata telah lelap dalam tidurnya sedang Engkau maha hidup lagi maha terus-menerus mengurus makhluk. tidak pernah mengantuk dan tidak pula pernah tidur. wahai Tuhan yang Maha Hidup dan Maha mengurusi makhluk, tenangkanlah malam hariku dan tidurkanlah mataku.”

2. Doa Susah Tidur Riwayat Khalid bin Walid Pendek

فَأَمَرَهُ أَنْ يَتَعَوَّذَ عِنْدَ مَنَامِهِ بِكَلِمَات اللهِ التَّامَاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Artinya :
“Aku berlindung kepada Allah dengan kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, dan dari kejahatan hamba-Nya dan dari godaan setan yang menghampiri.”

3. Doa Susah Tidur Riwayat Khalid bin Walid Panjang

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ وَمَا أَظَلَّتْ وَرَبَّ الأَرَضِينَ وَمَا أَقَلَّتْ وَرَبَّ الشَّيَاطِينِ وَمَا أَضَلَّتْ كُنْ لِي جَارًا مِنْ شَرِّ جَمِيعِ الْجِنِّ وَالإِنْسِ ، وأَنْ يُفْرَطَ عَلَيَّ أَحَدٌ مِنْهُمْ أَوْ أَنْ يُؤْذِيَنِي عَزَّ جَارُكَ وَجَلَّ ثَنَاؤُكَ وَلا إِلَهَ غَيْرُكَ

Artinya :
“Ya Allah Tuhan langit dan apa yang dinaungi, Tuhan Bumi dan apa yang diangkat, Tuhannya para setan dan apapun yang disesatkan, Jadilah Engkau (wahai Tuhanku) yang berada di sisiku (melindungiku) dari seluruh kejahatan jin dan manusia, dari tindakan berlebih-lebihan mereka atau dari gangguan salah satu dari mereka. perlindungan-Mu sangatlah agung demikian pula juga pujian kepada-Mu, dan tiada Tuhan selain-Mu.”

Penyebab Susah Tidur

Insomnia atau terbangun pada malam hari dan susah tidur tidak terjadi tanpa penyebab. Setidaknya ada beberapa hal yang membuat orang tidak bisa memejamkan mata pada malam hari.

Berikut adalah beberapa hal yang membuat orang mengalami kesulitan untuk tidur seperti yang dirangkum dari berbagai sumber menurut para dokter ahli.

  • Pertama adalah Anda mencoba tidur terlalu cepat, seperti pada sore hari.
  • Anda memiliki jadwal tidur berbeda pada hari kerja dan hari libur.
  • Tidak punya rutinitas atau kegiatan sebelum tidur.
  • Terlalu banyak minum kopi atau mengonsumsi kafein.
  • Beranjak dari tempat tidur ketika terbangun pada tengah malam.
  • Terlalu gelisah, cemas, takur, khawatir dan memikirkan banyak hal.
  • Sibuk bermain gadget, smartphone, laptop, ponsel atau komputer menjelang tidur.
  • Merasa harus tidur 8 jam penuh.
  • Pengaruh obat-obatan dan alergi terhadap sesuatu.
  • Kondisi gangguan mental dan kesehatan tubuh.

Hal yang Harus Dilakukan Saat Susah Tidur

Ketika sudah terlanjut terbangun pada malam hari, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah membaca salah satu doa di atas.

Apabila terbangun dari tidur di tengah malam karena mimpi buruk atau jahat, maka bacalah doa ketika mendapat mimpi buruk.

Kemudian cobalah tenangkan diri dan hilangkan rasa gugup atau gelisah yang muncul dalam pikiran. Jika belum bisa tenang, cobalah beberapa tips berikut ini.

Apa-apa saja yang harus dikerjakan saat insomnia, terbangun dari tidur pada malam hari atau susah tidur?

  • Pertaa adalah coba pikirkan hal-hal positif yang mneyenangkan, hilangkan perasaan dan prasangka negatif yang tidak tentu kebenarannya.
  • Fokus memikirkan satu hal saja, jangan terlalu banyak macam-macam pikiran yang justru membuat konsentrasi untuk tidur buyar.
  • Bisa dicoba dengan membaca buku sebelum tidur karena ampuh untuk membuat mata mengantuk.
  • Mendengarkan musik dengan nada atau suara yagn merdu, melow dan lembut.
  • Regangkan tubuh seperti ketika pemanasan sebelum olahraga agar otot tidak kaku.
  • Latihan 4,7, 8, yakni tarik napas selama 4 detik, tahan napas 7 detik, buang napas 8 detik, ulangi terus menerus.
  • Selesaikan tugas yang belum selesai supaya hati dan pikiran tenang.
  • Minum-minuman hangat seperti susu atau teh, asal jangan kopi berkafein.
  • Terakhir adalah mencoba menutup mata dengan kain penutup.

Dan jangan lupa pula membaca doa sebelum tidur agar tidur nyenyak, dijauhkan dari godaan syaitan serta bisa bangun dengan tubuh yang segar bugar.

Akhir Kata

Itulah teks lafadz doa yang diucapkan saat susah atau sulit tidur. Doa susah tidur siang, sesuai sunnah, download mp3, doa tidak bisa tidur karena gelisah.

Doa supaya cepat tidur dan mengantuk, doa agar cepat tidur dan bangun pagi, doa agar bisa tidur nyenyak di malam hari dan mimpi indah.

Ayat al-quran pengantar tidur, resep susah tidur, doa anak susah tidur malam mp3, merdu, ungkapan sulit tidur pada tengah malam hari dinihari.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *