Doa Ketika Telinga Berdengung (Berdenging)

By | Oktober 14, 2019
doa saat ketika telinga berdengung berdenging

Doa ketika kedua telinga atau kuping kanan kiri berdengung, berdenging, makna arti, penyakit, penyebab, mengobati.

Doagama.com – Doa ketika telinga berdengung arab latin dan artinya. Telinga merupakan salah satu indra vital dalam tubuh manusia, fungsinya yaitu untuk menerima getaran gelombang suara yang kemudian diteruskan ke saraf otak.

Kesehatan telinga harus kita jaga, jangan sampai pendengaran kita terganggu karena penyakit maupun hal-hal lain. Salah satunya adalah telinga yang mudah berdengung. Mungkin kita pernah merasa tiba-tiba telinga kita berdengung padahal tidak mendengar suara keras.

Berdengung adalah kondisi di mana telinga kita menerima gelombang suara dengan frekuensi lebih tinggi atau lebih rendah dibanding kemampuan telinga itu sendiri. Dengung mengakibatkan telinga menjadi sakit dan bahkan buruknya dalam beberapa saat tidak bisa mendengar suara di sekitar.

Telinga yang rusak, lecet, atau sakit akan lebih mudah berdengung, dan dampak yang ditimbulkannya pun akan semakin hebat di mana getaran yang kita terima menjadi lebih kencang serta rasa sakit yang ditimbulkan juga jauh lebih dahsyat.

Dalam perspektif agama Islam, telinga yang berdengung bisa jadi disebabkan karena bisikan dari makhluk ghaib, baik syaitan, jin maupun iblis. Berbeda dengan malaikat yang memberikan kenyamanan dan kesejukan, bisikan syaitan akan membuat telinga kita sakit bukan main.

Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya apabila merasakan dengung pada telinga, sebaiknya membaca doa mohon perlindungan kepada Allah SWT. Karena hanya Allah lah yang dapat membantu kita apabila mengalami masalah.

Dalam sebuah hadits diriwayatkan sebuah doa pendek yang dapat diamalkan atau dilafalkan ketika telinga sedang berdengung, bergetar, sakit, gendang telinga bergetar, daun telinga goyang, dan menyebabkan kita pusing.

Tentunya doa ini bukan merupakan doa wajib, namun akan lebih baik apabila diamalkan karena sebagai umat muslim, kita sangat dianjurkan untuk membaca doa baik saat, ketika, maupun setelah terjadi atau melaksanakan sesuatu, termasuk saat kuping berdengung.

Doa Ketika Telinga Berdengung (Berdenging)

doa ketika telinga berdengung berdenging
doa ketika telinga berdengung berdenging

Ada pula yang mengatakan bahwa ketika ada suara “nging” yang tiba-tiba kita dengar, maka sebenarnya itu adalah pertanda bahwa Rasulullah SAW sedang menyebut nama kita.

Untuk itu, saat kita mendengar suara tersebut alangkah baiknya melafadzkan doa yang tujuannya untuk mengingat Rasulullah Nabi Muhammad SAW.

Bacalah doa untuk mohon kepada Allah SWT supaya memberi syafaat dan sholawat serta salam kepada Baginda Nabi SAW agar Sang Nabi selalu diselimuti kebaikan.

Berikut adalah bacan doa lafadz ketika saat telinga kanan dan kiri berdengung, berdenging, sesuai sunnah berdasar hadits shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

1. Doa Ketika Telinga Berdengung (Berdenging)

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ذَكَرَهُ اللهُ مَنْ ذَكَرَنِيْ بِخَيْرٍ

Allâhumma shalli ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin, dzakarahullâhu man dzakaranî bikhairin.

Artinya :
“Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas sayyidina Muhammad dan atas keluarga sayyidina muhammad. Semoga Allah menyebut dengan rahmat orang yang menyebutku dengan kebaikan.”

2. Doa Saat Telinga Berdengung (Berdenging)

Kita juga dapat membaca doa lain saat telinga atau kuping tiba-tiba berdenging, berdengung yaitu doa pendek, ringkas dan singkat berikut ini.

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحَمَّدٍ ذَ كَرَاللهُ بِخَيْرٍ مَنْ ذَ كَرَنِيْ

Allaahumma sholli ‘alaa Muhammadin dzakarallaahu bikhoirin man dzakaronii.

Artinya :
“Ya Allah semoga sholawat dilimpahkan atas Nabi Muhammad. Semoga Allah menyebut suatu kebaikan kepada orang yang menyebut daku.”

Makna dan Arti Telinga Berdengung (Berdenging) Dalam Islam

Beberapa sumber menyebutkan tanda, makna dan arti dari telinga yang berdenging sebelah kiri dan kanan, baik laki-laki maupun perempuan, memang ini hanya mitos, namun bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi kita.

Penyebab telinga berdengung atau berdenging berdasarkan medis sangat banyak, namun orang Indonesia yang kebanyakan suka hal-hal berbau mistis akan beranggapan bahwa telinga yang berbunyi “nging” atau “ngung” memiliki makna sebagai berikut.

1. Makna Arti Telinga Berdengung Sebelah Kanan

Berikut adalah beberapa arti, tanda, makna, penyebab, firasat, rahasia, mitos, dibalik telinga sebelah kanan yang berdenging atau berdengung.

  • Pertama, merupakan tanda bahwa telinga sebelah kanan atau telinga bagian dalam rusak.
  • Ketika telinga yang berdenging adalah sebelah kanan saja, mungkin itu merupakan tanda munculnya tumor otak.
  • Terjadi karena mendengar suara keras karena telinga kanan merupakan tempat masuknya suara.
  • Merupakan tanda munculnya penyakit meniere, abnormalitas atau tinnitus pulsatile.

2. Makna Arti Telinga Berdengung Sebelah Kiri

Sedangkan apabila telinga yang berdengung adalah bagian kiri, yaitu tempat keluarnya suara, maka artinya akan menjadi lain. Berikut beberapa hal yang terjadi saat telinga kiri berdenging.

  • Telinga kiri yang bergetar juga menjadi tanda awal munculnya penyakit tinnitus, meneiere, hingga trauma pada telinga dan otak.
  • Merupakan tanda awal bahwa pendengaran mulai berkurang, sulit mendengar dan memiliki kecenderungan untuk menjadi tuli.
  • Ada banyak tumpukan kotoran yang ada pada telinga bagin kiri.
  • Berubahnya struktur tulang pada telinga bagian dalam atau tengah.

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai doa sakit ketika telinga berdengung, makna arti telinga berdenging sebelah kiri menurut islam, menurutwaktu, obat telinga berdenging dalam islam.

Arti telinga berdenging sebelah kanan dalam islam, rahasia, tandanya apa, menurut kejawen, firasat telinga berdenging bagi wanita dan laki-laki, telinga bergemuruh.

Cara mengatasi telinga berdengung karena flu, obat tetes telinga, maksud berdengung telinga kanan, saya sembuh dari tinnitus, titik refleksi telinga berdengung dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *