Doa Agar Terhindar Dari Masalah dan Kesulitan

By | Agustus 12, 2019
doa agar terhindar dari masalah

Bacaan doa supaya terhindar dari masalah, kesulitan, kesusahan, keuangan, cobaan, hutang yang berat agar cepat selesai.

Doagama.com – Doa agar terhindar dari masalah dan kesulitan. Tidak ada seorangpun di dunia ini yang tidak memiliki masalah. Semua orang pasti akan diberi ujian dan cobaan dari Allah SWT. Semakin tinggi derajat manusia, maka kesusahannya akan semakin berat.

Contoh saja Nabi Muhammad SAW dan Nabi Ibrahim AS. Mereka mendapat cobaan yang sangat berat, diancam dibunuh berkali-kali namun karena keteguhan dan keimanannya kepada Allah SWT yang sangat tinggi, maka Dia membantu para Rasul-Nya.

Manusia biasa seperti kita pun, apabila memiliki masalah seperti kesulitan keuangan, ekonomi, hutang, masalah keluarga, perceraian, sakit hati, dikucilkan masyarakat, terkena fitnah dan sebagainya pasti juga akan dibantu oleh Allah SWT apabila terus berdoa memohon pertolongannya.

Hadits Berdoa Agar Terhindar Dari Kesulitan

Seperti kematian, masalah bisa datang tiba-tiba tidak tentu waktu dan kondisi. Untuk itu kita harus selalu siap baik secara mental maupun fisik apabila sebuah cobaan datang dari Allah SWT.

Hal itu juga berlaku untuk akhir masalah bahwa cobaan bisa saja langsung berhenti, bisa saja terus berlajut. Bahkan ketika kita mengira kesulitan sudah selesai, bisa saja ada masalah lain yang muncul dan bahkan lebih berat.

Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW sangat mengajurkan kita untuk membaca lafadz doa ketika ditimpa kesulitan yang sangat berat pada pagi, siang dan malam atau sebanyak tiga kali sehari.

عَنْ أَبَانَ بْنِ عُثْمَانَ عَنْ عُثْمَانَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ قَالَ بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ لمْ َفْجَأْهُفَاجِئَةُ بَلَاءٍ حَتَّى اللَّيْلِ وَمَنْ قَالَهَا حِينَ يُمْسِيلَمْ تَفْجَأْهُ فَاجِئَةُ بَلَاءٍ حَتَّى يُصْبِحَ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

Artinya :
“Dari Aban Bin Utsman dari Utsman bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa membaca BISMILLAAHIL LADZII LAA YADLURRU MA’AS MIHI SYAI’UN FIL ARDLI WALA FIS SAMAA’WAHUWAS SAMII’UL ‘ALIIM (dengan nama Allah, dengan nama-Nya tidak akan berbahaya sesuatu yang ada di bumi maupun yang ada di langit, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui) sebanyak tiga kali, maka tidak akan ditimpa musibah mengejutkan hingga malam hari, dan barangsiapa membacanya di waktu sore maka tidak akan ditimpa musibah mengejutkan hingga pagi hari jika Allah menghendaki.” (HR. Ahmad – 497).

Bacaan Doa Agar Terhindar Dari Masalah

doa terhindar dari masalah
doa terhindar dari masalah

Nah untuk teks atau tulisan bacaan doa yang terdapat dalam hadits tersebut, silahkan simak di bawah ini.

Berikut adalah lafadz bacaan doa agar masalah cepat selesai atau doa menghadapi kesulitan dalam pekerjaan, hukum, hutang dan sebagainya dalam bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia.

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillaahil ladzii laa yadlurru ma’as mihi syai’un fil ardli walaa fis samaa’i wahuwas samii’ul ‘aliim.

Artinya :
“Dengan nama Allah, dengan nama-Nya tidak akan berbahaya sesuatu yang ada di bumi maupun yang ada di langit, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Akhir Kata

Yang terakhir yang perlu dipahami bahwa Allah SWT tidak mesti langsung mengabulkan permintaan kita untuk cepat menyelesaikan masalah meski kita sering membaca doa terhindar dari masalah karena beberapa alasan.

Alasan pertama bisa karena kita masih belum layak untuk keluar dari cobaan tersebut dan masih harus melewati ujian supaya kita bisa lebih dekat kepada Allah SWT.

Alasan lainnya adalah karena Allah SWT yakin bahwa kita layak untuk mendapat cobaan tersebut karena kadar keimanan dan ketaqwaan kita cukup tinggi.

Makin beriman seseorang, masalah yang dihadapi akan makin berat, bukan karena Allah tidak sayang, melainkan karena Dia yakin kita mampu melewatinya. Amin.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *