Doa Untuk Bayi Lahir (Menyambut dan Menjenguk)

By | Oktober 26, 2019
doa untuk menyambut dan menjenguk bayi lahir

Ucapan doa untuk menyambut dan menjenguk bayi yang baru lahir, ayat alquran, selamat untuk kelahiran anak.

Doagama.com – Doa untuk bayi lahir menyambut dan menjenguk. Setiap pasangan yang telah resmi menjadi suami istri tentu berharap segera memiliki momongan, buah hati, anak atau bayi.

Bayi yang baru saja lahir wajib kita syukuri dan doakan sebagai ungkapan syukur atas anugerah yang diberikan Allah SWT kepada kita yang dipercaya mengasuh seorang anak.

Mengucapkan doa menyambut kelahiran bayi adalah hal yang sangat dianjurkan, bukan hanya sekedar berterima kasih kepada Allah Ta’ala, melainkan juga mendoakan anak agar menjadi sholeh.

Begitu pula dengan orang yang menjenguk atau mengunjungi wanita yang baru melahirkan bayi. Mereka pun dianjurkan untuk mengucap doa menjenguk anak yang baru lahir.

Mendoakan orang lain yang baru saja melahirkan atau mendoakan orang lain yang beru dianugerahi bayi merupakan amalan yang sangat baik dan dicintai Allah Ta’ala.

Di sini ada beberapa macam doa untuk menyambut atau menjenguk bayi atau anak yang baru lahir ke dunia, bersumber dari berbagai hadits shahih sesuai sunnah.

Kita sama-sama akan membahas mengenai masing-masing doa tersebut, doa juga akan ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan Indonesia.

Doa Untuk Menyambut Bayi Lahir

doa untuk bayi lahir
doa untuk bayi lahir

Doa untuk menyambut kelahiran bayi dibaca oleh orangtua (ayah dan ibu), kerabat, saudara, kakek, nenek, dan semua orang yang menyaksikan kelahiran bayi pertama kali.

Baik bayi atau anak yang dilahirkan di rumah sakit, puskesmas, klinik bidan, maupun di rumah pribadi perlu dibacakan doa serta ucapan selamat atas kelahirannya ke dunia.

Namun sebelum itu, terlebih dahulu bayi yang baru dilahirkan dibacakan adzan oleh ayah, kakek, atau laki-laki yang masih dalam satu keluarga. Jika tidak ada, maka adzan boleh diwakilkan oleh yang mampu.

Setelah adzan selesai dikumandangkan di telinga kanan sang jabang bayi, kemudian acara diteruskan dengan sama-sama membaca doa pendek, singkat dan ringkas mengenai sambutan kelahiran bayi.

Berikut adalah teks, lafadz, ucapan, bacaan doa untuk menyambut anak lahir atau kelahiran anak sesuai sunnah dalam bahasa Arab beserta latin dan artinya.

1. Doa Meyambut Kelahiran Bayi Sesuai Sunnah

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْهُ بَارًّا تَقِيًّا رَشِيْدًا وَأَنْبِتْهُ فِي الْإِسْلَامِ نَبَاتًا حَسَنًا

Allaahummaj ‘alhu baarran taqiyyan rasyiidan wa-anbit-hu fil islaami nabaatan hasanan.

Artinya :
“Ya Allah, jadikanlah ia (bayi) orang yang baik, bertakwa, dan cerdas. Tumbuhkanlah ia dalam islam dengan pertumbuhan yang baik.”

2. Doa Untuk Bayi Baru Lahir

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَآمَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَآمَّةٍ

A’uudzu bikalimatillaahi at-taammati min kulli syaithaanin wa haammatin wamin kulli ‘ainin lâmmatin

Artinya :
“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah dari segala setan, kesusahan, dan pandangan yang jahat.”

Doa Untuk Menjenguk Bayi Lahir

Sementara itu doa ketika menjenguk bayi dibaca oleh kerabat, saudara, sahabat, rekan kerja atau orang lain saat menjenguk atau melihat anak bukan pada hari persalinan.

Doa ditujukan bukan hanya untuk bayi agar selalu sehat dan dapat tumbuh menjadi anak yang lucu, gemuk, aktif, rajin, sholeh serta berbakti kepada orang tua.

Namun juga ditujukan untuk sang ibu yang baru selesai menjalani persalinan baik normal ataupun caesar supaya diberi kesehatan, kekuatan dan dijauhkan dari syaitan.

Berikut adalah doa yang dibaca untuk menjenguk bayi ketika bertamu yang ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin serta artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

وَإِنّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Wa innii u’iidzu bika wadzurriyyatahaa minasysyaithaanir rajiim.

Artinya :
“Aku memohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari pada setan yang terkutuk.”

Akhir Kata

Itulah doa bayi lahir, ucapan doa untuk anak baru lahir, doa menjenguk dan menyambut kelahiran bayi sesuai sunnah, ayat alquran untuk bayi baru lahir.

Doa anak baru lahir, ucapan selamat datang kelahiran anak, bayi, buah hati dalam islam, doa yang baru dikaruniai anak, doa anak sholeh, doa anak selamat.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *