Doa Untuk Kedua Orangtua Arab Latin dan Artinya

By | September 19, 2019
doa untuk kedua orangtua sesuai sunnah

Bacan doa untuk kedua orang tua, ayah, bapak, ibu, agar diampuni dosanya arab, latin dan artinya.

Doagama.com – Doa untuk kedua orangtua arab latin dan artinya. Orangtua, bisa disebut juga ayah dan ibu merupakan dua orang yang sangat berjasa dalam hidup kita.

Sejak kecil, merekalah yang mengurus kita, memenuhi kebutuhan dan menjaga kita dari segala ancaman. Hingga kita dewasa pun mereka (orangtua) terus mengawasi agar kita tetap baik-baik saja.

Ada pepatah mengatakan kita tidak bisa membalas jasa kedua orangtua. Memang benar, kebaikan mereka sampai kapanpun tidak akan pernah bisa kita balas. Yang dapat kita lakukan hanyalah mendoakan kedua orangtua.

Doa untuk orangtua diucapkan untuk berbagai macam keperluan, diantaranya ialah untuk memohon agar orangtua selalu dilindungi Allah, agar disembuhkan penyakitnya, jika orang tua masih hidup.

Maupun doa untuk orangtua supaya diampuni dosanya ketika meninggal dunia. Supaya mereka yang meninggalkan kita masuk surga dan ditempatkan di sisi yang terbaik-Nya.

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai doa untuk kedua orangtua yang sudah meninggal. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa doa lain untuk bapak dan ibu tercinta.

Hadits Mendoakan Orangtua

Sebagai anak kita harus berbakti kepada orangtua. Bakti artinya tidak menghianati mereka, tidak berdusta, melakukan perbuatan tercela, tidak kejahatan dan sebagainya.

Sebaliknya, sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangi kita ketika masih kecil. Karena saat orangtua sudah mulai tua, mereka tidak bisa lagi memanjakan kita seperti dahulu.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Thabrani menjelaskan perintah untuk memerlakukan orangtua dengan penuh kasih sayang, cinta dan ketulusan.

Karena ridha Allah SWT tergantung kepada ridha dari orangtua. Jika orangtua tidak menyetujui keputusan kita, maka Allah SWT pun tidak akan mengabulkan apa yang kita inginkan meski sudah sholat tahajud sepanjang malam.

Selain itu, ada pepatah mengatakan bahwa surga berada di telapak kaki ibu. Itu adalah kiasan yang artinya juga sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ridha Allah SWT adalah ridha orangtua.

رِضَى اللهِ فِى رِضَى الْوَالِدَيْنِ وَسُخْطُ اللهِ فِى سُخْطِ الْوَالِدَيْنِ

Artinya :
“Keridhaan Allah itu tergantung pada keridhaan orang tua dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan orang tua.” – (H.R Tabrani)

Saat orangtua senang kepada kita, maka Allah SWT juga demikian. Ketika orangtua murka kepada kita, begitu juga dengan Allah SWT. Itulah pentingnya memerlakukan orangtua dengan penuh cinta.

Meskipun kebanyakan orangtua tidak menuntut banyak kepada anak-anaknya, namun sudah sepantasnya kita sebagai seorang putra/putrinya, mendoakan mereka sepanjang hidup.

Karena doa kepada orangtua merupakan satu kewajiban. Seperti doa untuk orangtua yang masih hidup, doa anak kepada orangtua, doa untuk orangtua yang sakit parah, dan masih banyak lagi.

Bacaan Doa Untuk Kedua Orangtua

doa untuk kedua orangtua
doa untuk kedua orangtua

Banyak sekali cara untuk berbakti kepada ayah dan ibu, salah satunya ialah menjalankan kewajiban kita kepada mereka, yakni mendoakan supaya orngtua tetap sehat, selalu diberi umur panjang dan semacamnya.

Di sini ada beberapa contoh doa untuk kedua orangtua dari anaknya yang bersumber dari haditsh-hadits shahih sesuai sunnah dalam bahasa Arab, latin dan artinya.

Doa yang akan ditulis di sini antara lain adalah doa untuk orangtua yang masih ada, doa mohon agar dosa orangtua diampuni, doa orangtua yang sakit supaya lekas sembuh, serta doa kepada orangtua dan saudaranya.

1. Doa Untuk Orangtua yang Masih Hidup

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa.

Artinya :
“Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil.”

2. Doa Mohon Ampunan Dosa Kedua Orangtua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati Al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil’aliyyil adhiimi.

Artinya :
“Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.”

3. Doa Untuk Orangtua yang Telah Meniggal

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas, wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya :
“Wahai Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dam muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

4. Doa Mohon Kesembuhan Orangtua yang Sakit

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.

Artinya :
“Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

5. Doa Anak Untuk Orangtua dan Saudaranya

اللَّهُمَّ اغْفِرْلِى ذُنُوْبِى وَلِوَالِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيْرَا . وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَلْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ . اَلْاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْاَمْوَاتِ . وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ . رَبِّ اغْفِرْ وَارْ حَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّ احِمِيْنَ . وَلاَحَوْلَ وَلاَقوَّةَ اِلاَّبِاللَّهِ الْعَلِيِ الْعَظِيْمِ

Allahummaghfirlii, waliwaalidayya, war hamhumma, kamaa robbayaanii shagiiroo. Walijami’il muslimina, walmuslimaati, walmu’miniina, wal mu’minaati, al ahyaa’i minhum wal amwati, wataabi’ wabainanaa, wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa anta khoirur roohimiina, walaa quwwata, illa biilaahi ‘aliyyil adzim.

Artinya :
“Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa dosaku dan dosa kedua orang tuaku dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.”

Cara Berbakti Kepada Orangtua

Sebagai anak, wajib hukumnyabagi ktia untuk berbakti kepada kedua orangtua. Banyak cara membaktikan diri kepada ayah dan ibu selain dengan berdoa.

Tujuan dari berbakti adalah untuk menjaga hubungan keluarga, antara orangtua dan anak, agar kita bisa memantau kesehatan orangtua yang mulai mudah terserang penyakit.

Ada dua jenis cara berbakti kepada orangtua, yakni dilakukan jika orangtua masih hidup dan ada juga hal-hal tata krama sopan santun yang dilakukan saat orangtua sudah meninggal. Berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Adab Kepada Orangtua yang Masih Hidup

Berikut adalah adab yang dilakukan anka saat orangtua masih hidup.

  • Pertama, yakni menjaga sopan santun meliputi perkataan, tindakan dan perbuatan kepada orangtua.
  • Harus mematuhi perintah kedua orangtua apabila tidak bertentangan dengan agama.
  • Ketika orangtua memerintahkan hal yang berlawanan dengan nilai keagamaan, maka kita berhak menolaknya.
  • Tidak boleh berkata kasar dan berbuat kasar.
  • Mendengarkan dan mematuhi seluruh nasihat yang diucapkannya.
  • Membantu pekrjaan mereka dalam kehidupan sehari-hari.
  • Wajib menjaga nama baik orangtua di manapun dan kapanpun.
  • Wajib mengurus dan menjaga orangtua terutama ketika mulai beranjak tua.

2. Adab Kepada Orangtua yang Sudah Meninggal

Adapun hal-hal yang wajib dilakukan seoarang anka yang telah ditinggalkan orangtuanya karena wafat antara lain sebagai berikut.

  • Menjalankan nasihat yang diucapkan sewaktu mereka masih hidup.
  • Selalu menjaga nama baik kedua orangtua.
  • Mendoakan agar seluruh dosa yang pernah mereka perbuat dapat diampuni oleh Allah SWT.

Akhir Kata

Itulah beberapa doa orangtua yang sudah meninggal, dalam alquran, contoh doa anak kepada orangtua, yang sakit, sesuai sunnah, mp3, doa untuk kedua orangtua anak, akhirat, dan sebagianya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *