DOA UNTUK ORANG SAKIT : Arab, Latin, Terjemahan

By | Juli 18, 2019
doa untuk orang sakit

Ucapan doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh, doa ketika sedang sakit

Doagama.com – Doa untuk orang sakit. Selain berobat, penyakit yang sedang kita alami dapat disembuhkan dengan doa karena Allah SWT memiliki sifat maha mengabulkan. Meminta doa kesembuhan kepada Allah SWT bukan hanya agar diberi kesehatan, melainkan juga yang terbaik untuk kita.

Tidak hanya bagi diri sendiri, kita juga perlu mendoakan orang lain yang sedang dilanda musibah penyakit baik penyakit parah maupun ringan. Ketika ada keluarga, saudara, teman, adik, kakak baik laki-laki maupun perempuan, sudah sepantasnya sebagai muslim, kita mendoakan kesembuhan dan hal-hal yang baik untuk mereka.

Terdapat beberapa doa kesembuhan bagi yang sakit, yang dapat kita amalkan ketika menjenguk orang sakit maupun ketika berada di mana saja. Berikut merupakan doa ucapan untuk orang sakit agar cepat sembuh dalam agama Islam.

Doa Untuk Orang Sakit

Dalam beberapa riwayat yang berasal dari Rasulullah SAW, ketika menjenguk sahabatnya sakit, Rasulullah SAW memiliki lafadz berbeda-beda dalam mendoakan kesembuhan untuk orang sakit. Berikut adalah beberapa doa orang sakit agar cepat sembuh dan diangkat penyakitnya.

1. Doa Kesembuhan Orang Sakit (HR. Bukhari)

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allahumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. La syafiya illa anta syifa’an lā yughadiru saqaman.

Artinya :
“Ya Allah Tuhanku Tuhan seluruh manusia, hilangkanlah segala penyakit yang hinggap. Berilah kesembuhan karena Kau adalah satu-satunya Penyembuh. Tidak ada yang mampu menyembuhkan segala penyakit selain Engkau. Dengan kesembuhan yang tidak meninggalkan rasa nyeri.”

2. Doa Kesembuhan Orang Sakit (HR. Muslim)

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Imsahil ba’sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta.

Artinya :
“Tuhan seluruh manusia, sapukanlah seluruh penyakit ini. Karena hanya ditangan-Mu lah segala penyembuhan ini berada. Dan tidak ada yang mampu mengangkatnya kecuali Engkau.”

3. Doa Kesembuhan Orang Sakit (HR. Abu Dawud)

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka.

Artinya :
“Aku memohon kesembuhan kepada Allah yang paling Agung, Tuhan yang Megah akan menyembuhkanmu.”

4. Doa Kesembuhan Orang Sakit (HR. Tirmidzi)

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan.

Artinya :
“Tuhanku, mohon sembuhkanlah (Nama orang yang sakit). Tuhanku sembuhkanlah (Nama orang yang sakit). Tuhanku tolong sembuhkanlah (Nama orang yang sakit).”

Doa Menjenguk Orang Sakit

Ketika menjenguk orang yang sedang sakit, doa-doa berikut dapat kamu ucapkan. Bisa dibacakan ketika sebelum bertemu orang yang sakit maupun ketika sudah ada di rumahnya. Berikut adalah doa jenguk orang sakit.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqoman.

Artinya :
“Ya Allah Tuhan dari seluruh umat manusia, hilangkanlah segala macam penyakit dan sembuhkanlah ia. Karena hanya Engkaulah yang mampu menyembuhkan, dan tidak ada kesembuhan yang tidak berasal dariMu. Yaitu kesembuhan yang tidak akan menimbulkan kambuh lagi.”

Adab Menjenguk Orang Sakit

Sebagai muslim dan manusia yang bermoral, kita tidak dapat sembarangan menjenguk orang yang sedang sakit. Kita perlu memperhatikan hal-hal berikut sebelum datang ke rumah mereka. Berikut adalah adab ketika menjenguk orang sakit.

  • Perthatikan waktu kunjungan, usahakan jangan menjenguk ketika orang tersebut sedang dirawat, koma, atau dalam kondisi yang sangat parah.
  • Kunjungi ketika kita-kira orang tersebut sudah merasa agar mendingan dari penyakitnya.
  • Perhatikan pula berapa lama waktu kunjungan, usahakan jangan teralalu lama karena orang sakit butuh banyak istirahat.
  • Perhatikan posisi pada saat menjenguk, usahakan berada di sebelah kanan kepala orang yang tengah sakit. Adab tersebut menunjukkan dukungan moral bagiamana kita mengharapkan agar dia cepat sembuh.
  • Jangan mengajak orang yang sedang sakit untuk berbicara panjang lebar, cukup bahas hal-hal yang santai karena tujuan kita adalah memberi semangat orang yang sakit.
  • Meski bukan kewajiban, tapi usahakan membawa oleh-oleh bagi yagn sakit seperti buah-buahan segar, susu atau makanan yang mneyehatkan. Selain agar membantu membuat mereka lekas sembuh, hal ini juga merupakan dukungan moril yang tidak ternilai harganya.

Akhir Kata

Itulah beberapa kumpulan Doa Untuk Orang Sakit. Semoga membantu bagi yang sedang mencari doa supaya cepat sembuh, doa kesembuhan, mendoakan orang sakit, ucapan untuk orang sakit, doa untuk orang sakit perempuan, sesuai sunnah dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *