DOA ZIARAH KUBUR : Arab, Latin, Terjemahan

By | Juli 18, 2019
bacaan doa ziarah kubur yang singkat

Doa ziarah kubur, makam, singkat, umum, pendek, lengkap.

Doagama.com – Doa ziarah kubur yang singkat. Sebelum hari kiamat, setiap manusia yang telah meninggal akan berada di alam kubur di mana pada alam tersebut manusia akan ditanya dan disiksa apabila pernah melakukan dosa.

Orang yang meninggal dunia tidak dapat lagi menebus kesalahan yang pernah dilakukan di dunia. Oleh karena itu, sebagai kerabat, keluarga atau sesama muslim kita wajib mendoakan mereka yang telah meninggal dunia agar diringankan siksa kuburnya.

Umat muslim biasanya melakukan ziarah ketika menjelang bulan suci Ramadhan dan setelah melaksanakan sholat idul fitri. Pada saat ziarah, kebanyakan doa diambil dari ayat-ayat al-Quran. Hal ini sesuai dengan hadits tentang berziarah berikut.

Hadits Tentang Doa Ziarah Kubur

Berikut adalah hadits agar para peziarah kubur memperbanyak membaca ayat-ayat Al-Quran.

ويُستحب للزائر الإِكثار من قراءة القرآن والذكر، والدعاء لأهل تلك المقبرة وسائر الموتى والمسلمين أجمعين

“Kepada para peziarah disunnahkan memperbanyak membaca Al-Qur’an, dzikir, dan doa untuk para ahli kubur, seluruh orang yang telah meninggal dunia, dan umat Islam secara keseluruhan.”

Rangkaian Doa Untuk Doa Ziarah Kubur

Berdasar hadits tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa memperbanyak membaca Al-Quran dan dzikir untuk para ahli kubur adalah suatu keutamaan.

Berikut adalah rangkaian surat Al-Quran dan dzikir yang biasa dibaca oleh para peziarah kubur ketika mengunjungi makam pada saat lebaran atau menjelang bulan puasa.

  • Membaca surat Al-Ikhlas (3 kali).
  • Membaca surat Al-Falaq (1 kali).
  • Membaca surat An-Naas (1 kali).
  • Membaca awal surat Al-Baqarah (1x).
  • Membaca doa ayat kursi.
  • Membaca surat yasin.
  • Membaca doa tahlil seperti ketika saat membaca doa melayat.

Doa Ziarah Kubur Singkat

doa ziarah kubur
doa ziarah kubur

Selain rangkaian doa di atas, ada lagi doa yang dapat dibaca untuk ahli kubur di dalam makam. Doa yang sama dengan doa untuk orangtua yang sudah meninggal.

Berikut adalah bacaan doa ziarah kubur yang singkat dan lengkap. Ditulis dalam bahasa Arab, latin beserta artinya atau terjemahan Indonesia.

1. Doa Ziarah Kubur Arab

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

2. Doa Ziarah Kubur Latin

Alloohummaghfir lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Wa’fu ‘ahu, Wa Akrim Nuzulahu, Wa Wassi’ Madkholahu, Waghsilhu Bil Maa’i WatsTsalji Wal Barodi, Wa Naqqihi Minal Khothooyaa Kamaa Naqqaitats Tsaubal Abyadho Minad Danasi, Wa Abdilhu Daaron Khoiron Min Daarihi, Wa Ahlan Khoiron Min Ahlihi, Wa Zaujan Khoiron Min Zaijihi, Wa Adkhilhul Jannata, Wa A’idhu Min ‘Adzaabil Qabri.

3. Arti Doa Ziarah Kubur

Artinya:
“Ya Allah, Ampunilah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempat-kanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.”

Akhir Kata

Itulah teks bacaan doa ziarah kubur singkat dalam bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia. Semoga doa yang kita panjatkan dapat meringankan siksa kubur sang ahli kubur. Amin.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *