Niat Mandi Sebelum Sholat Jumat Arab Latin dan Artinya

By | September 17, 2019
niat mandi sunnah hari jumat

Bacaan doa niat mandi hari jumat sebelum sholat jumat arab latin dan artinya.

Doagama.com – Niat mandi sebelum sholat jumat arab latin dan artinya. Membersihkan tubuh dari hadats dan najis merupakan keutamaan di hari jumat.

Terutama bagi laki-laki yang hendak melaksanakan sholat jumat, disunnahkan untuk mandi terlebih dahulu sebelum berangkat ke masjid agar badan bersih dari segala kotoran.

Mandi sebelum jumatan juga merupakan sunnah sholat jumat sebagai salah satu upaya menjaga penampilan, membuat orang lain nyaman ketika berada di sebelah kita pada saat mendengar khotbah jumat maupun saat sholat.

Karena jum’at adalah hari yang sangat istimewa bagi umat Islam, maka kita pun sebaiknya menjaga diri pada hari tersebut, termasuk menjaga dari segala kotoran dan najis.

Sebelumnya kita sudah membahas niat mandi wajib dan niat mandi biasa, untuk niat mandi hari jumat sebelum sholat jum’at ini berbeda dengan keduanya.

Di sini kita akan membahas bacaan doa mandi hari jumat, keutamaan dan manfaat serta adab sebelum berangkat sholat jumat meliputi adab berpakaian, memakai wangi-wangian dan sebagainya.

Hadits Keutamaan Mandi Hari Jumat

Mandi untuk hadir dalam sholat jumat adalah sebuah keutamaan. Bahkan dalam sebuah hadits disebutkan jika orang yang tidak sempat melaksanakannya, maka menggantinya dengan wudhu.

Selain itu, Rasulullah SAW mengatakan bahwa orang yang melakukan mandi pada hari jumat akan mendapat beberapa fadhilah diantaranya bisa menghapus dosa yang pernah diperbuat.

وقال – صلى الله عليه وسلم -: إن الغسل يوم الجمعة ليسل الخطايا من أصول الشعر استلالا. رواه الطبراني.

Nabi SAW bersabda :
“Mandi pada hari Jumat itu benar-benar merontokkan dosa-dosa kecil dari pori-pori (kulit) rambut.”

Menurut hadist riwayat Ibnu Umar dan Anas bin Malik, seseorang yang mandi di hari jumat akan didoakan oleh malaikat agar dosa-dosa yang pernah diperbuat dihapuskan.

عن ابن عمر وأنس بن مالك – رضي الله عنهم – قالا: قال رسول الله – صلى الله عليه وسلم -: إن تحت العرش مدينة – وقال القرطبي في تفسيره سبعين مدينة – مثل الدنيا سبعين مرة، مملوءة من الملائكة كلهم يقولون: اللهم اغفر لمن اغتسل يوم الجمعة وأتى الجمعة.

Artinya :
“Di bawah Arasy itu terdapat sebuah kota. Dalam tafsir al-Qurtubi disebutkan terdapat tujuh puluh kota yang kota tersebut seukuran tujuh kali besarnya dunia yang dihuni malaikat. Semua malaikat itu berdoa :Ya Allah, ampunilah orang yang mandi pada hari Jumat dan menghadiri salat Jumat.”

Pada hadits lainnya yang ditulis oleh Imam Muslim, mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda mengenai keutamaan mandi sebelum berangkat sholat jumat.

إِذَا اَرَادَ اَحَدُكُمْ أَنْ يَأتِىَ الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ

Artinya :
“Apabila salah seorang dari kamu hendak sembahyang (sholat) Jum’at, hendaklah ia mandi.”

Bacaan Doa Niat Mandi Hari Jumat

niat mandi hari jumat
niat mandi hari jumat

Begitu banyak khasiat mandi hari jumat. Maka dari itu kita perlu melaksanakannya. Untuk mengerjakannya bisa dimulai sejak terbit fajar hingga sebelum sholat jumat.

Bagi orang yang mandi sebelum terbit fajar maupun melakukannya setelah sholat jumat maka tidak terhitung mandi pada hari jumat karena tidak termasuk dalam rentang waktu yang diperbolehkan.

Begitu pula dengan orang yang mandi pada waktu yang ditentukan namun tidak membaca niat, maka dianggap hanya mandi biasa dan tidak mengerjakan sunnah mandi hari jumat.

Untuk bacaan niatnya sendiri sangat singkat dan mudah dihafal. Berikut adalah teks, lafadz bacaan doa niat mandi hari jumat sebelum melaksankaan sholat jumat berjamaah di masjid.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِحُضُوْرِ صَلاَةِ الْجُمْعَةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَ

Nawaitul Ghusla Lihudhuuri Sholaatil Jum’ati Sunnatan Lillaahi Ta’aalaa.

Artinya :
“Saya niat mandi untuk shalat pada hari jum’at (mandi jum’at) sunnah karena Allah Ta’ala.”

Sebelum masuk ke kamar mandi, ada doa lain yang sebaiknya kita ucapkan yakni doa masuk kamar mandi dan ketika memasukinya, sebaiknya mendahulukan langkah kaki kiri terlebih dahulu.

Begitu pula jika sudah selesai mandi maka kita jgua harus membaca doa keluar kamar mandi. Karena Rasul mengajurkan kita membaca doa sebelum dan sesudah mengerjakan sesuatu.

Niat adalah inti dari sebuah ibadah, maka kita membacanya harus dengan sungguh-sungguh karena bila mengucapkannya setengah hati, maka mandi jumat tidak dinilai sebagai ibadah.

Jika ditanya bagaimana tata cara mandi hari jumat, pelaksanaannya adalah sama seperi mandi biasa, yakni membasuh seluruh anggota tubuh mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Adab Sebelum Berangkat Sholat Jumat

Mandi pada hari jumat juga merupakan penyempurna sholat jumat, sama halnya seperti sholat rawatib yang merupakan penyempurna sholat wajib lima waktu.

Adapun ketika ingin berangkat jumat’an, sebagai seorang laki-laki baligh ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan sebagai tambahan amalan di hari jumat selain mandi sunnah.

  • Memperbanyak membaca sholawat nabi mulai sejak pagi hingga di perjalanan menuju masjid.
  • Melaksanakan mandi jumat sebagai amalan yang hukumnya sunnah.
  • Memakai minyak wangi yang harum namun tidak terlalu semerbak.
  • Bersegera berangkat ke masjid.
  • Membaca doa menuju masjid ketika keluar rumah.
  • Menyapa orang-orang ketika bertemu selama dalam perjalanan, mengajak laki-laki yang ditemui untuk ikut sholat jumat.
  • Melaksanakan sholat sunnah sebelum imam atau khatib sampai di masjid dan sebelum adzan berkumandang, yakni sholat tahiyatul masjid.
  • Menjalankan sholat sunnah sebelum adzan jumat, yakni sholat qabliyah jumat.
  • Membaca surat al-kahfi sambil menunggu khutbah jumat dibacakan.

Ketika sudah berada di masjid, sambil menunggu waktu sholat jumat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai tata krama. Berikut ialah beberapa hal tersebut.

  • Pertama, tidak berbicara sendiri ketika khutbah dibacakan khatib.
  • Duduk diam dan tenang di satu tempat, tidak berpindah-pindah posisi.
  • Menertibkan anak-anak agar tidak berisik, namun dengan cara yang halus supaya mereka betah di masjid.
  • Tidak menyanggah atau bertanya mengenai isi khutbah jumat.

Ituah beberapa adab dan tata krama dalam menjalani sholat jumat maupun sebelum berangkat ke masjid.

Akhir Kata

Itulah penjelasan dan pengertian mengenai mandi jumat, termasuk niat, tata cara, waktu pelaksanaan, adab, keistimewaan, jadwal, mandi sebelum sholat jumat, dan sebagainya.

Sebagai seorang muslim sebaiknya kita melaksanakan mandi sunnah ini karena keutamaannya sangat banyak dan supaya sholat wajib jumat menjadi lebih sempurna.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *