NIAT MANDI SUNNAH : Idul Fitri, Idul Adha

By | Juli 15, 2019
niat mandi hari raya idul fitri dan idul adha

Bacaan doa niat mandi sunnah idul fitri (lebaran) dan idul adha (hari raya kurban).

Doagama.com – Niat mandi idul fitri dan idul adha. Sebelum mengerjakan sholat ied, ada beberapa amalan yang dapat dikerjakan untuk menambah pundi-pundi pahala, salah satunya adalah melaknsakanan mandi sunnah.

Mandi sunnah pada hari raya idul fitri dan idul adha dikerjakan sebelum berangkat ke masjid atau mushola untuk mengikuti sholat hari raya secara berjamaah. Tujuannya agar seluruh badan atau tubuh kita menjadi bersih dan bugar agar dapat menjalankan ibadah sholat hari raya dengan khusyu’

Mandi pada pagi hari sebelum melaksanakan sholat ied merupakan salah satu mandi yang disunnahkan untuk dikerjakan oleh Rasulullah SAW selain mandi sebelum sholat jumat dan mandi wajib untuk membersihkan hadats besar.

Keutamaan Mandi Sunnah di Hari Raya

Banyak sekali keutamaan atau manfaat mengerjakan mandi sunnah pada hari raya idul fitri dan idul adha, berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Membersihkan seluruh badan dari hadats kecil dan hadats besar.
  • Merupakan mandi yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW.
  • Mendapat pahala dan kebaikan dari Allah SWT.
  • Membuat diri dan orang di sekitar menjadi nyaman ketika beribadah.
  • Membuat tubuh menjadi segar dan bugar.
  • Menciptakan suasana nyaman ketika mengerjakan sholat idul fitri atau idul adha.

Berikut adalah petikan kalimat yang terdapat dalam kitab Al Majmu’ Syarhul Muhaddzab.

“Disunnahkan pada hari raya Id membersihkan anggota badan dengan memotong rambut, memotong kuku, menghilangkan bau badan yang tidak enak, karena amalan tersebut sebagaimana dilaksanakan pada hari Jum’at, dan disunnahkan juga memakai wangi-wangian.”

– Al Majmu’ Syarhul Muhaddzab

Itulah beberapa keutamaan yang didapat ketika mengerjakan sunnah mandi pada hari raya. Selain itu, beberapa sunnah yang dapat dikerjakan pada hari raya antara lain memotong kuku dan rambut, memakai wangi-wangian serta berjalan kaki dari rumah sampai ke masjid atau mushola.

Bacaan Doa Niat Mandi Hari Raya

Bacaan doa untuk niat mandi pada hari raya idul fitri dan hari raya idul adha berbeda. Berikut adalah teks atau lafadz doanya untuk masing-masing mandi sunnah.

1. Niat Mandi Idul Fitri

niat mandi idul fitri
niat mandi idul fitri

Berikut adalah bacaan doa niat mandi idul fitri atau hari raya lebaran pada tanggal 1 syawal dalam bahasa arab, latin beserta artinya atau terjemahan Indonesia.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ الْفِطْرِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liyaumi ‘iidil fithri sunnatan lillaati ta’aala.

Artinya:
“Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Fitri sunnah karena Allah Taala.”

2. Niat Mandi Idul Adha

niat mandi idul adha
niat mandi idul adha

Berikut adalah bacaan doa niat mandi sunnah idul adha tanggal 10 dzulhijjah untuk laki-laki dan perempuan muslim dalam bahasa arab beserta artinya.

نَوَي’تُ الغُسلَ لِيَومِ عِي’دِ الاَض’حَى سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liyaumi ‘iidil adhaa sunnatan lillaati ta’aala

Artinya:
“Aku berniat mandi pada hari Raya Idul Adha Sunnah karena Allah Ta’ala.”

Akhir Kata

Itulah bacaan doa niat mandi hari raya idul fitri maupun idul adha dalam bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia untuk muslim laki-laki dan perempuan.

Tentu kita tidak boleh hanya fokus mengerjakan sunnah mandi di rumah saja, melainkan juga ibadah sunnah lainnya seperti sholat ied berjamaah, berziarah di makam atau kuburan kerabat yang sudah meninggal serta bersilaturahmi dengan orang yang masih hidup.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *