Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah Ibadah Haji Lengkap

By | Juli 18, 2019
niat puasa arafah dan tarwiyah

Lafadz bacaan doa niat puasa arafah dan tarwiyah ibadah haji sesuai sunnah.

Doagama.com – Niat puasa arafah dan tarwiyah. Sebelum melaksanakan sholat idul adha, terdapat dua ibadah puasa sunnah yang dapat dikerjakan oleh umat Islam, yakni puasa sunnah tarwiyah pada tanggal 8 dzulhijjah dan puasa sunnah arafah pada tanggal 9 dzulhijjah.

Keduanya puasa sunnah tersebut dapat dikerjakan berurutan maupun salah satunya saja. Tergantung situasi dan kondisi kita masing-masing. Dan meskipun salah satunya tidak dikerjakan, kita tetap mendapat pahala dari puasa sunnah yang dikerjakan.

Puasa arafah dan tarwiyah dikerjakan bertepatan dengan musim ibadah haji di tanah suci, Arab Saudi. Ibadah puasa ini sangat istimewa karena dapat menjadi pengganti ibadah haji.

Pengertian Puasa Sunnah Arafah dan Tarwiyah

Puasa sunnah merupakan ibadah puasa yang apabila tidak dikerjakan tidak mendapat dosa dan apabila dikerjakan akan mendapat pahala dari Allah SWT.

Termasuk ibadah puasa sunnah arafah dan tarwiyah yang apabila dikerjakan dapat menghapus dosa setahun sebelum dan setelah kita mengerjakannya.

1. Pengertian Puasa Sunnah Arafah

Puasa arafah merupakan puasa yang dikerjakan pada tanggal hari kesembilan bulan dzulhijjah pada musim haji. Puasa ini sangat dianjurkan dikerjakan umat muslim oleh Rasulullah SAW sesuai hadits berikut ini.

“Dari Abu Qatadah Al-Anshariy (ia berkata): Sesungguhnya Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam pernah di tanya tentang (keutamaan) puasa pada hari Arafah? Maka dia menjawab: Menghapuskan (kesalahan) tahun yang lalu dan yang sesudahnya.”

– (HR. Muslim no.1162 dalam hadits yang panjang)

Puasa arafah dikerjakan bertepatan dengan ibadah wukuf di padang Arafah, Arab Saudi. Hal ini agar umat muslim mengetahui perjuangan nabi terdaulu ketika berwukuf di padang Arafah.

2. Pengertian Puasa Sunnah Tarwiyah

Puasa tarwiyah merupakan ibadah puasa sunnah yang dikerjakan pada hari tarwiyah, yakni pada hari kedelapan dzulhijjah dan merupakan hari terbesar pada ibadah haji.

Karena pada hari tarwiyah, jamaah mengulang kembali apa yang pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dahulu kala. Hari tarwiyah juga berkaitan dengan peristiwa Nabi Ibrahim ketika menyembelih putranya, Nabi Ismail.

Ketika itu Allah sedang menguji keimanan Nabi Ibrahim AS apakah berani membunuh putranya demi Allah SWT atau tidak. Ketika pisau sudah berada di leher Nabi Ismail, Allah SWT menggantinya dengan domba dan Nabi Ismail pun selamat.

Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah

Puasa arafah dan tarwiyah hanya dikerjakan sekali dalma setahun. Berikut adalah lafadz bacaan doa niat puasa arafah dan tarwiyah.

1. Niat Puasa Sunnah Arafah

niat puasa arafah
niat puasa arafah

Berikut adalah bacaan niat puasa arafah dalam bahasa Arab, latin dan artinya.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i sunnati Arafah lillâhi ta’aala.

Artinya:
“Aku berniat puasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT.”

2. Niat Puasa Sunnah Tarwiyah

niat puasa tarwiyah
niat puasa tarwiyah

Berikut adalah lafadz doa niat puasa tarwiyah Arab dan latin lengkap beserta artinya.

نويت صوم ترويه سنة لله تعالى

Nawaitu sauma tarwiyah sunnatan lillahi ta’aala

Artinya:
“Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta’ala.”

Akhir Kata

Itulah lafadz bacaan doa niat puasa arafah dan tarwiyah pada bulan dzulhijjah tanggal 8 dan 9 sebelum ibadah hari raya idul adha atau hari raya kurban. Doa niat puasa sunnah arafah dan tarwiyah beserta artinya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *