Niat Puasa Awal Bulan Rajab Lengkap

By | Juli 22, 2019
bacaan doa niat puasa awal bulan rajab

Bacaan doa niat puasa awal bulan rajab arab, latin, beserta artinya, terjemahan indonesia.

Doagama.com – Niat puasa awal bulan rajab. Dalam agama Islam, bulan rajab merupakan salah satu bulan yang paling mulia selain bulan ramadhan. Rajab merupakan bulan ke tujuh dalam kalender hijriyah atau komariyah yang terdiri dari 30 hari.

Bulan rajab menjadi istimewa karena pada bulan tersebut, Nabi Muhammad SAW melakukan isra’ mi’raj atau perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, kemudian dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha atau langit ke tujuh.

Perjalanan tersebut tujuannya adalah Nabi Muhammad SAW menghadap Allah SWT secara langsung. Setelah berhadapan dengan Allah SWT, Rasulullah SAW turun kembali ke bumi. Perjalanan tersebut hanya dilakukan dalam satu malam menggunakan buraq.

Selain itu, pada bulan rajab juga diperingati sebagai peristiwa turunnya wahyu dair malaikat kepada Baginda Rasul yang berisi perintah untuk sholat lima waktu. Yakni merupakan ibadah sholat wajib yang kita kerjakan sehari-hari, tepatnya pada tanggal 27 bulan rajab.

Melihat dari banyaknya kemuliaan yang ada pada bulan rajab, tidak ada salahnya apabila sebagai umat muslim kita mengerjakan amalan-amalan pada bulan tersebut, seperti memperbanyak dzikir, membaca al-quran dan melaksanakan puasa sunnah awal bulan rajab.

Dalil Puasa Awal Bulan Rajab

Puasa pada bulan rajab merupakan ibadah puasa sunnah yang memiliki banyak keutamaan. Sebagaimana dalil atau hadits yang diriwayatkan oleh At-Thabrani berikut ini.

“Barang siapa berpuasa pada bulan rajab sehari maka ia laksana berpuasa selama sebulan, bila puasa 7 hari ditutuplah untuknya 7 pintu neraka jahannam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu surga, dan bila puasa 10 hari maka Allah SWT mengabulkan semua permintaannya.”

– (H.R. At-Thabrani)

Melalui dalil tersebut kita bisa mengetahui betapa mulianya menjalankan ibadah puasa sunnah pada awal bulan rajab mulai tanggal 1 sampai tanggal 10 secara berturut-turut.

Puasa bulan rajab dilaksakanan dengan tata cara sama seperti ibadah puasa sunnah pada umumnya, yaitu berpuasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan menahan diri dari lapar, dahaga dan segala hal yang membatalkannya.

Dari keterangan di atas, akan sangat disayangkan apabila kita melewatkan hari-hari di bulan rajab tanpa melakukan amalan sedikitpun. Maka dari itu, sempatkanlah berpuasa pada bulan rajab setidaknya satu hari untuk mendapat berkah dari-Nya.

Niat Puasa Awal Bulan Rajab

niat puasa rajab
niat puasa rajab

Niat berpuasa adalah tonggak dari ibadah puasa apakah diterima oleh Allah SWT atau tidak. Jika membaca niat dengan setengah hati maka puasa tidak dihitung sebagai ibadah dan kita hanya akan mendapat lapar dan haus.

Mengucapkan bacaan niat berpasa awal bulan rajab juga tidak boleh sembarangan, ada waktu-waktu khusus yang diperbolehkan dan dilarang, sama seperti waktu membaca niat berpuasa sunnah pada umumnya.

1. Waktu Pembacaan

Membaca niat puasa bulan rajab tidak boleh dilakukan pada siang hari ketika masih berpuasa, harus diucapkan pada saat malam hari, tepatnya setelah waktu sholat isya sampai sebelum fajar terbit dari timur.

Kita dapat membaca niat berpuasa pada saat setelah sholat isya, sebelum tidur, atau ketika bangun dan makan sahur pada dinihari. Asal jangan sampai masuk waktu imsak dan sholat subuh tanda fajar telah terbit.

Tanpa membaca niat, maka puasa awal bulan rajab kita menjadi tidak sah. Untuk menghindari kemungkinan tidak bangun sahur, maka sebaiknya membaca niat berpuasa rajab maksimal sebelum tidur.

2. Bacaan Doa Niat Puasa Rajab

Saat membaca niat puasa rajab, harus dilakukan dengan sungguh-sungguh da dari hati yang paling dalam. Niatkan diri untuk berpuasa karena Allah ta’ala. Allah SWT mengetahui mana yang sungguh-sungguh berniat dan mana yang tidak.

Berikut adalah teks, lafadz, bacaan atau doa niat puasa awal bulan rajab dalam bahasa arab, latin beserta artinya atau terjemahan Indonesia.

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma haadzal yaumi ‘an adaa’i sunnati Rajaba lillaahi ta’aalaa.

Artinya:
“Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah SWT.”

Akhir Kata

Itulah bacaan niat puasa rajab bagi laki-laki atau perempuan yang ingin berpuasa pada hari pertama, kedua, ke-3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 dan bacaan niat puasa bulan rajab ke-10.

Puasa yang memiliki banyak keistimewaan ini akan sangat sayang bila kita lewatkan. Allah SWT juga menyukai orang-orang yang beribadah hanya untuk mendapat ridha-Nya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *