Niat Puasa Ramadhan dan Doa Buka Puasa Lengkap

By | Juli 18, 2019
niat puasa ramadhan

Niat puasa ramadhan yang benar, doa niat puasa ramadhan sebulan

Doagama.com – Niat puasa ramadhan. Allah SWT mewajibkan kita melaksanakan puasa pada bulan Ramadhan. Bulan yang sangat mulia karena pada bulan Ramadhan, Allah SWT menutup pintu neraka dan membuka pintu surga selebar-lebarnya.

Barang siapa yang melaksanakan amalan dan ibadah pada bulan Ramadhan, insyaallah pahala yang didapat akan dilipatgandakan sebanyak-banyaknya. Termasuk ibadah puasa ramadhan yang diwajibkan oleh Allah SWT dalam al-Quran.

Hukum Puasa Ramadhan

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya :
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)

Maka dari itu, sambutlah bulan puasa dengan penuh sukacita dan kegembiraan. Jadikan ramadhan sebagai bulan untuk ladang memperoleh pahala. Laksanakan kewajiban berpuasa dan amalan-amalan lain seperti sholat sunnah tarawih, witir, dan sholat malam untuk mendapat berkah pada malam lailatul qadar.

Niat Puasa Ramadhan

Untuk mengawali ibadah puasa, pada hari pertama dan seterusnya, umat Islam diwajibkan untuk membaca doa niat puasa ramadhan. Berikut adalah doa niat berpuasa dalam bahasa Arab, latin beserta artinya.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghodin ‘an adaa’i fardhi syahri romadhona haadzihis sanati lillahi ta’ala.

Artinya :
“Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

Bacalah doa berpusa Ramadhan tersebut setelah sholat tarawih dan sebelum sholat witir atau dibaca sesaat ketika menjelang imsak.

Namun saya pribadi lebih mengutamakan membaca niat berpuasa ramadhan pada saat setelah selesai sholat tarawih karena ditakutkan, kita tidak bangun hingga lewat imsak.

Baca : Doa Sholat Tarawih dan Witir

Doa Buka Puasa Ramadhan

Setelah melaksanakan ibadah puasa ramadhan selama sehari, dengan menahan lapar, dahaga, hawa nafsu dan hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Ketika adzan Maghrib berkumandang, kita disunnahkan untuk menyegerakan berbuka sambil membaca doa niat berbuka puasa.

َللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya :
“Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang tidak mengulur-ulur berbuka ketika sudah waktunya. Berbukalah dengan yang manis-manis, kalau di Indonesia, berbukalah dengan kurma, kolak, atau bisa juga dengan es buah dan teh hangat.

Namun usahakan berbuka dengan yang hangat-hangat terlebih dahulu karena ketika perut dalam keadaan kosong, tidak baik untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu dingin atau terlalu panas.

Akhir Kata

Itu saja pembahasan mengenai Niat Puasa Ramadhan dan doa berbuka puasa yang bisa saya tulis. Semoga pada kesempatan Ramadhan yang kita jalani saat ini, dapat menjadi berkah dan ladang pahala yang menyelamatkan kita dari siksa api neraka pada hari akhir kelak.

Untuk pembahasan lebih lengkap mengenai puasa ramadhan, saya telah menulis artikel pada tautan lainnya. Bisa dibaca pada artikel berikut ini.

Baca : Puasa Ramadhan

Pada artikel tersebut, selain bacaan niat, saya juga menulis tentang keutamaan, tata cara berpuasa ramadhan dan waktu pelaksanaan. Ditambah bagaimana cara melaksanakan puasa ganti apabila kita berhalangan melaksanakan puasa (dikhususkan untuk wanita).

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *