PUASA AYYAMUL BIDH : Niat, Tata Cara, Waktu

By | Juni 10, 2019
puasa ayyamul bidh

Keutamaan dan manfaat puasa ayyamul bidh, jadwal dan niat puasa ayyamul bidh

Doagama.com – Puasa Ayyamul Bidh. Pada setiap tanggal 13, 14 dan 15 Hijriyah, ada puasa sunnah bernama ayyamul bidh yang bisa kita kerjakan untuk diamalkan sebagai tambahan pahala. Ayyamul bidh sendiri berasal dari dua kata yakni al-yaum yang artinya hari dan bidh yang berarti putih.

Meski memiliki nama puasa putih, namun puasa sunnah ini berbeda dengan Puasa Mutih yang kita kenal di lingkungan kejawen. Menurut pendapat Ibnu Abbas, puasa ini berlatar belakang dari cerita Nabi Adam AS yang turun ke bumi.

ثُمَّ سَبَبُ التَّسْمِيَةِ بِأَيَّامِ الْبِيضِ مَا رُوِيَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّهُ قَالَ إِنَّمَا سُمِيَتْ بِأَيَّامِ الْبِيضِ لِأَنَّ آدَمَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ لَمَّا أُهْبِطَ إِلَى الْأَرْضِ أَحْرَقَتْهُ الشَّمْسُ فَاسْوَدَّ فَأَوْحَى اللهُ تَعَالَى إِلَيْهِ أَنْ صُمْ أَيَّامَ الْبِيضِ فَصَامَ أَوَّلَ يَوْمٍ فَأبْيَضَّ ثُلُثُ جَسَدِهِ فَلَمَّا صَامَ الْيَوْمَ الثَّانِيَّ اِبْيَضَّ ثُلُثُ جَسَدِهِ فَلَمَّا صَامَ الْيَوْمَ الثَّالِثَ اِبْيَضَّ جَسَدُهُ كُلُّهُ

Artinya:
“Sebab dinamai ‘ayyamul bidh’ adalah sebagaimana riwayat Ibnu Abbas RA, dinamai ayyamul bidh karena ketika Nabi Adam AS diturunkan ke muka bumi, matahari membakarknya sehingga tubuhnya menjadi hitam. Kemudian Allah SWT mewahyukan kepadanya untuk berpuasa pada ayyamul bidh (hari-hari putih); ‘Berpuasalah engkau pada hari-hari putih (ayyamul bidh)’. Lantas Nabi Adam AS pun melakukan puasa pada hari pertama, maka sepertiga anggota tubuhnya menjadi putih. Ketika beliau melakukan puasa pada hari kedua, sepertiga anggota yang lain menjadi putih. Dan pada hari ketiga, sisa sepertiga anggota badannya yang lain menjadi putih.”

Pada artikel ini saya ingin sedikit mengulas mengenai puasa sunnah ini mulai dari bacaan niat, bagaimana tata cara melaksanakan, waktu pelaksanaan hingga keutamaan, manfaat atau hikmah yang kita dapat dari menjalankan ayyamul bidh.

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Berikut adalah beberapa keutamaan dari melaksanakan puasa sunnah tiga hari pada pertengahan bulan ini atau yang lebih kita kenal dengan ayyamul bidh.

  • Menghidupkan sunnah nabi, khususnya sunnah untuk berpuasa.
  • Seperti berpuasa sepanjang tahun.
  • Menambah amal ibadah.
  • Merasakan menjadi fakir miskin.
  • Ikut merasakan penderitaan orang-orang yang kekurangan makanan.
  • Menahan diri dari hawa nafsu dan perbuatan maksiat.

Serta masih banyak lagi keutamaan puasa ayyamul bidh yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu.

Niat Puasa Ayyamul Bidh

Berikut adalah bacaan doa niat ayyamul bidh yang ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin beserta artinya atau terjemahan Indonesia.

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma ayyami bidh sunnatan lillahi ta’ala.

Artinya :
“Saya berniat puasa pada hari-hari putih , sunnah karena Allah ta’ala.”

Tata Cara Berpuasa

Cara melaksankaan puasa 3 hari pada pertengahan bulan ini sama seperti menjalankan puasa sunnah pada umumnya. Tata cara mengerjakan ayyamul bidh adalah sebagai berikut:

  • Membaca niat berpuasa pada malam hari (sebaiknya setelah Sholat Isya).
  • Makan sahur bila sempat (jika tidak, ya tidak apa-apa).
  • Menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa seperti makan, minum, merokok, berhubungan badan, berpikir kotor, maksiat dan sebagainya.
  • Berbuka setelah masuk waktu Sholat Maghrib, diutamakan dengan yang manis-manis.

Itulah cara mengerjakan sunnah ayyamul bidh mulai tanggal 13 tiap bulan selama tiga hari berturut-turut.

Waktu Pelaksanaan

Waktu mengerjakan puasa sunnah ini telah saya sebutkan di awal, yakni dikerjakan pada setiap 3 hari di pertengahan bulan penanggalan kalender Hijriyah. Jadi, kita bisa mengerjakan puasa ini pada tanggal:

  • Tanggal 13 setiap bulan hijriyah.
  • Tanggal 14 setiap bulan hijriyah.
  • Tanggal 15 setiap bulan hijriyah.

Itulah ketiga hari pada kalender hijriyah yang bisa kita laksanakan ayyamul bidh. Bisa dikerjakan selama 3 hari atau beberapa hari saja tergantung kemampuan.

Akhir Kata

Itu dia cara melaksanakan Puasa Ayyamul Bidh. Senang bisa berbagi dan semoga bermanfaat untuk kita semua, amin. Apabila ada pertanyaan, silahkan tulis melalui kolom komentar yang telah saya sediakan di bawah ini.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *