PUASA TARWIYAH : Niat, Tata Cara, Waktu, Keutamaan

By | Juni 12, 2019
puasa tarwiyah

Niat puasa tarwiyah, keutamaan puasa tarwiyah, puasa tanggal 8 bulan dzulhijjah

Doagama.com – Puasa Tarwiyah. Pada tanggal 8 Dzulhijjah, kita disunnahkan untuk melaksanakan puasa sunnah tarwiyah. Puasa sunnah ini dikerjakan satu hari setelah puasa seminggu awal bulan Dzulhijjah dan sehari sebelum puasa arafah.

Pada dasarnya, tarwiyah merupakan puasa penghubung antara puasa 7 hari awal bulan Dzulhijjah dan puasa Arafah yang dikerjakan tepat sebelum hari raya Idul Adha atau hari raya kurban. Puasa ini memiliki banyak sekali keutamaan terutama untuk menghapus dosa di tahun lalu.

Pada artikel ini saya akan menulis artikel mengenai tarwiyah lengkap dengan bacaan doa niat, tata cara pelaksanaan, keutamaan, waktu hingga puasa sunnah lain pada 9 hari awal bulan Dzulhijjah.

Keutamaan Puasa Tarwiyah

Berikut adalah beberapa keutamaan, hikmah maupun manfaat mengerjakan puasa sunnah ini pada bulan Dzulhijjah, tepatnya tanggal 8.

  • Menghapus dosa yang dilakukan setahun sebelumnya.
  • Mendapat pahala yang sangat berlimpah.
  • Belajar menahan hawa nafsu.
  • Meneladani Rasulullah SAW.
  • Membuang racun yang ada di dalam tubuh.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan jasmani.

Serta masih banyak lagi keutamaan atau manfaat yang didapat dari mengerjakan puasa sunnah pada tanggal 8 Zulhijah namun tidak saya tulis seluruhnya dan hanya beberapa saja untuk mempersingkat artikel.

Niat Puasa Tarwiyah

Berikut adalah bacaan doa niat tarwiyah yang ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesia atau artinya.

نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shaumat Tarwiyata Sunnatan lillahita’aala.

Artinya :
“Saya niat berpuasa Tarwiah Sunnah karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Puasa Tarwiyah

Pengerjaaan tarwiyah sesuai sunnah sama dengan seperti melaksanaan puasa wajib atau sunnah lainnya, yakni diawali dengan niat sampai berbuka. Berikut ulasannya.

  • Pertama, membaca bacaan niat puasa.
  • Melaksanakan sahur bagi yang sempat, jika tidak maka puasa tetap akan sah.
  • Menahan diri dari haw nafsu dan segala hal yang membatalkan puasa.
  • Berbuka dengan yang manis pada waktu masuk Sholat Maghrib atau ketika matahari tenggelam di sebelah barat.

Baca : Sholat Idul Adha

Waktu Pelaksanaan

Tarwiyah dikerjakan pada tanggal 8 Dzulhijjah pada penanggalan kalender Hijriyah Islam atau Arab. Puasa ini merupakan puasa sunnah perantara antara Dzulhijjah dan Arafah.

Disebut perantara karena tarwiah dikerjakan setelah umat Islam mengerjakan puasa 7 hari pertama bulan Dzulhijjah dan sehari sebelum melaksanakan puasa pada hari arafah.

Puasa 9 Hari Awal Bulan Dzulhijjah

Berikut ada tiga puasa sunnah yang dikerjakan pada awal bulan Zulhijjah sebelum hari raya Idul Adha. Ada puasa Dzulhijjah, tarwiyah dan arafah.

Dengan mengerjakan tiga puasa tersebut, insyaallah dosa kita akan diampuni dan doa kita akan dikabulkan oleh Allah SWT Yang Maha Pengampun dan Maha Mengabulkan.

Akhir Kata

Itulah artikel mengenai Puasa Tarwiyah. Semoga membantu bagi yang ingin tahu keutamaan tarwiyah, niat tarwiyah, hukum tarwiyah menurut muhammadiyah, tarwiyah dan arafah serta yang lainnya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *