SHOLAT HAJAT : Niat, Dzikir, Tata Cara, Waktu

By | April 8, 2019
doa sholat hajat

Doa sholat hajat islam, niat sholat hajat, tata cara sholat hajat dan waktu sholat hajat

Doagama.com – Doa sholat hajat. Dalam Islam, sholat hajat dilakukan apabila ada keinginan dari kita yang belum tercapai, sholat sunnah ini diharapkan agar Allah SWT segera mengabulkan permohonan kita.

Tidak ada salahnya berdoa kepada Allah SWT asalkan permintaannya baik-baik. Mengandung manfaat bagi diri sendiri, orang lain dan tentunya agama Islam. Banyak sekali yang akan saya bahas pada artikel ini.

Pada artikel ini, saya akan membahas bagaimana lafaz doa sholat hajat mulai dari niat hingga dzikir setelah sholat. Bagaimana tata cata melaksanakan sholat hajat dan kapan waktu yang dianjurkan untuk melaksanakannya.

Silahkan disimak baik-baik artikel berikut. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi berkah untuk kita semua. Amin.

Apa itu Sholat Hajat?

Salat Hajat adalah ibadah salat sunnat yang dilakukan seorang muslim yang memiliki keinginan tertentu dan berharap agar Allah SWT mengabulkan permohonannya.

Salat hajat dilakukan sebanyak minimal 2 rakaat hingga maksimal 12 rakaat dengan jeda salam setiap setelah 2 rakaat. Jadi, kamu dapat melaksanakan sholat hajat dalam rakaat sebanyak 2, 4, 6, 8, 10 dan 12.

Manfaat Sholat Hajat

Secara umum manfaat dari sholat ini adalah agar Allah SWT mengabulkan permohonan kita terhadap suatu keinginan. Berikut adalah manfaat atau keutamaan sholat sunnah ini secara lengkap:

  • Permohonan kita segera dikabulkan oleh Allah SWT
  • Ikhlas menerima apabila hasil yang didapat tidak sesuai dengan yang diharapkan
  • Pasrah dengan segala ketentuan Allah SWT terhadap masa depan yang belum kita ketahui
  • Dapat mengendalikan segala kebutuhan
  • Termotivasi untuk lebih giat dalam berusaha
  • Mencegah dari bisikan syaitan
  • Selalu siap dengan apapun yang terjadi
  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Itulah beberapa manfaat dari melaksanakan shalat sunnah hajat. Sebenarnya masih banyak lagi manfaatnya, namun tidak saya sebutkan semua dan hanya mencantumkan yang umum-umum saja.

Doa Sholat Hajat

Berikut adalah doa sholat hajat yang ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan terjemahan ke dalam bahasa Indonesia.

Niat Shalat Hajat

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala.

Artinya:
“Aku niat shalat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Dzikir Setelah Shalat Hajat

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ .اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْعِصْمَةَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَّالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَّالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لَاتَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْ

Laa illaaha illallaahul-haliimul-kaarim, subhaanallaahi rabbil’arsyil-‘adzim. Al-hamdu lillaahi rabbil-‘aalamiin. As’aluka muujibaati rahmatika wa ‘azaa’ima magfiratika wal -‘ismata min kulli dzambiw wal-ganiimata min kulli birriw was-salaamata min kulli istmin, laa tada’ lii dzamban illaa gafartahuu wa laa hamman illaa farrajtahuu wa laa haajatan hiya laka ridan illaa qadaitahaa yaa arhamar-raahimiin.

Artinya: “Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Penyantun lagi Mahamulia, Mahasuci Allah Tuhan yang memiliki Arsy yang besar. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.
Aku memohon kepada-Mu hal-hal yang mendatangkan rahmat-Mu dan hal-hal yang memastikan ampunan-Mu, dan terpelihara dari semua dosa yang menjarah setiap kebaikan dan selamat dari semua dosa. Janganlah Engkau tinggalkan suatu dosa pun bagiku, melainkan Engkau mengampuninya, dan tidak pula kesusahan melainkan Engkau berikan penawar kepadanya dan tidak pula suatu keperluan yang diridhai oleh-Mu melainkan Engkau memastikan buatku, wahai Yang Maha Penyayang diantara para penyayang.”

Artinya:
“Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Penyantun lagi Mahamulia, Mahasuci Allah Tuhan yang memiliki Arsy yang besar. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.
Aku memohon kepada-Mu hal-hal yang mendatangkan rahmat-Mu dan hal-hal yang memastikan ampunan-Mu, dan terpelihara dari semua dosa yang menjarah setiap kebaikan dan selamat dari semua dosa. Janganlah Engkau tinggalkan suatu dosa pun bagiku, melainkan Engkau mengampuninya, dan tidak pula kesusahan melainkan Engkau berikan penawar kepadanya dan tidak pula suatu keperluan yang diridhai oleh-Mu melainkan Engkau memastikan buatku, wahai Yang Maha Penyayang diantara para penyayang.”

Tata Cara

Berikut adalah tata cara sholat hajat yang baik dan benar. Silahkan disimak. Cara melaksanakan sholat sunnah hajat adalah:

  • Membaca niat
  • Takbiratul ikhram
  • Rakaat pertama membaca surat Al-Fatihah sebanyak satu kali dan Al-Kafirun sebanyak 10 kali
  • Rakaat kedua membaca surat Al-Fatihah sebanyak satu kali dan Al-Ikhlas sebanyak 10 kali
  • Lakukan berulang sesuai jumlah rakaat yang kamu kehendaki
  • Setelah selesai sholat, baca doa berikut ini
  • Subhahanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil ‘aliiyil ‘adzim sebanyak 10 kali
  • Allahumma sholli ‘alaa sayyidina muhammad wa ‘alaa ali sayyidina muhammad sebanyak 10 kali
  • Rabbanaa aatinaa fidunyaa hasanah wa fil’ahirati hasanah wa qinaa ‘adzaabannar sebanyak 10 kali.
  • Terakhir, baca doa dzikirnya sebanyak 3 kali.

Waktu Pelaksanaan

Tidak ada batasan waktu melaksanakan sholat sunnah tersebut. Pengecualiannya hanya pada waktu-waktu yang dilarang sholat seperti:

  • Ketika terbitnya matahari
  • Ketika waktu istiwa sampai tergelincirnya matahari selain hari Jum’at.
  • Ketika matahari berwarna kekuning-kuningan sampai tenggelam
  • Setelah sholat subuh sampai terbitnya matahari
  • Setelah sholat ashar sampai tenggelamnya matahari

Akhir Kata

Terima kasih telah membaca artikel tentang Doa Sholat Hajat di blog ini. Apabila ada pertanyaan silahkan tulis melalui kolom komentar yang telah disediakan di bawah ini.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *