SHOLAT ISTIKHARAH : Niat, Dzikir, Tata Cara, Waktu

By | Juni 13, 2019
doa sholat istikharah

Doa sholat istikharah sesuai sunnah, doa shalat istikharah arab, terjemahan dan arti doa sholat istikharah latin

Doagama.com – Doa sholat istikharah. Shalat sunnah istikharah dilakukan untuk berdoa agar kita diberi petunjuk dari dua pilihan yang sulit untuk kita tentukan, seperti jodoh, tempat tinggal, pekerjaan dan sebagainya.

Dalam islam memang kita selalu dianjutkan untuk berkepala dingin ketika bertindak dan memutuskan sesuatu. Segala keputusan termasuk yang sulit harus didasari oleh agama karena hal-hal yang didasari agama maka akan lebih bermanfaat.

Contohnya ketika kita memilih jodoh, maka harus melihat latar belakang agamanya. Bagaimana ibadahnya selama ini apakah baik atau kurang, walaupun sebenarnya kita tidak punya hak untuk menilai hal tersebut.

Atau ketika kita ingin memilih tempat tinggal, di mana baiknya, harus melihat tetangga-tetangganya juga apakah dapat membuat kita lebih dekat kepada Allah SWT atau justru menjauhkan.

Di sinilah Islam menganjutkan kita untuk melakukan shalat sunnah istikharah agar kita diberi petunjuk atas beberapa pilihan yang sulit untuk kita tentukan. Pada artikel ini saya akan membahas bacaan doa niat, tata cara, waktu dan doa dzikir setelah sholat sunnah istikharah. silahkan disimak.

Manfaat Doa Sholat Istikharah

Shalat istikharah memiliki manfaat atau keutamaan sebagai permohonan petunjuk kepada Allah SWT atas dua atau lebih pilihan. Manfaat yang didapat dari melaksanakan shalat istikharah antara lain:

  • Berusaha ikhlas menerima hasil akhir kepada Allah SWT
  • Menenangkan diri sehingga dapat berpikir lebih jernih
  • Memberikan kemantapan hati apabila sudah punya pilihan namun ragu-ragu untuk memutuskan
  • Menjauhkan diri dari bisikan syaitan yang membuat kita salah pilih
  • Memilih dengan pertimbangan agama karena apapun yang didasari oleh agama pasti hasilnya baik dan berkah
  • Ikhlas hanya kepada Allah SWT atas apa yang akan terjadi
  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT
  • Meningkatkan iman dan taqwa hanya kepada Allah SWT

Itu dia beberapa manfaat dari sholat istikharah, keutamaan sholat istikharah, yang tidak saya tulis semua namun kamu dapat menambahkannya sendiri apabila dirasa perlu.

Doa Sholat Istikharah

Berikut adalah bacaan doa sholat istikharah yang ditulis dengan menggunakan bahasa Arab, tulisan latin dan terjemahan ke dalam bahasa Indonesia meliputi niat dan dzikir setelah selesai sholat.

Niat Sholat Istikharakh

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya:
Aku niat shalat sunnah istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala.

Doa Setelah Selesai (Dzikir)

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَااْلاَمْرَ(…)خَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْهُ لِيَ الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ

Allaahumma inni astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as aluka min fadlikal ‘aziimi fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa laa a’lamu wa anta ‘allaamul guyuub. Allaahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro (…..) khairul lii fii diinii wa ma’aasyi faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baarik lii fii hi wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii wa ‘aajlihii fashrifhu ‘annii wasrifnii ‘anhu waqdurhu liyal-khaira haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bihi.

Artinya :
“Ya Allah sesungguhnya aku memohon petunjuk dari ilmu-Mu, memohon kekuatan dari kekuasaan-Mu, dan memohon karunia-Mu yang besar, karena sesungguhnya aku tidak kuasa sedang Engkau kuasa, dan aku tidak mengetahui sedang Engkau Maha Mengetahui semua yang gaib.

Tata Cara Sholat Istikharah

Shalat istikharah dilakukan dengan dua rakaat saja. Terdapat tata cara khusus untuk melaksanakan sholat sunnah istikharah, yakni sebagai berikut. Silahkan disimak dengan baik.

  1. Membaca niat sholat sunnah
  2. Membaca takbiratul ihram seperti biasa
  3. Membaca surat Al-Fatihah dan Al-Kafirun (diutamakan) pada rakaat pertama
  4. Membaca surat Al-Fatihah dan Al-Ikhlas (diutamakan) pada rakaat kedua
  5. Salam
  6. Membaca doa dzikir setelah sholat

Itu dia tata cara sholat istikharah sesuai sunnah, tatacara shalat istikharah, cara shalat istikharah, cara sholat istikharah.

Waktu Pelaksanaan

Shalat istikharah dilakukan sebanyak 2 rekaat dan waktu terbaik untuk melaksanakan sholat istikharah adalah pada malam hari setelah isya tanpa harus tidur terlebih dahulu.

Sama seperti sholat sunnah pada umumnya yang sebaiknya dikerjakan ketika malam hari agar lebih khusyu berdoa dan berkomunikasi kepada Allah SWT.

Akhir Kata

Terima kasih telah membaca Doa Sholat Istikharah di blog ini. Semoga dapat menjadi berkah bagi kita semua yang menjalankannya dan diberi petunjuk untuk menentukan pilihan yang tepat. Amin.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *