SHOLAT ISTISQO : Niat, Doa, Tata Cara, Waktu

By | Juni 12, 2019
sholat istisqo

Khutbah sholat istisqo, makna sholat istisqo, pertanyaan tentang sholat istisqa

Doagama.com – Sholat istisqo. Secara bahasa, istisqa berarti meminta turun hijan. Sholat istisqa berarti sholat yang dilakukan untuk memohon kepada Allah SWT agar turun hujan ke bumi. Oleh karena itu, istisqa disebut juga sebagai shalat minta hujan.

Bagi daerah yang kekeringan atau sudah lama turun hujan, bisa memohon agar segera turun hujan kepada Allah SWT melalui perantara sholat ini. Namun yang perlu diperhatikan di sini adalah sholat ini bertujuan hanya untuk memohon agar hujan disegerakan, bukan berarti setelah kita selesai sholat istisqo, hujan langsung turun ke bumi.

Pada artikel ini saya akan membahas dalil shalat istisqa, macam-macam istisqa, bacaan niat sholat, waktu pelaksanaan, tata cara shalat istisqa dan doa yang dibaca ketika Allah SWT mengabulkan permohonan kita setelah hujan diturunkan.

Dalil Sholat Istisqo

Berikut dalil mengenai sholat turun hujan atau shalat istisqa yang diambil dari al-Quran surat An-Nuh ayat 10-12.

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا(10)

يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا(11)

وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا(12)

Maka aku katakan kepada mereka: “Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, –sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun–,niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12)

Macam-Macam Sholat Istisqa

Sholat sunnah memohon turun hujan kepada Allah SWT ini memiliki tiga macam jenis, yakni ringan, sedang dan utama. Seluruhnya secara rinci dijelaskan sebagai berikut:

  • Istisqa Ringan, doa yang dilakukan dengan atau tanpa sholat, di masjid ataupun tidak dan berjamaah maupun sendiri.
  • Istisqa Sedang, doa setelah sholat jumat atau khutbah jumat atau khutbah yang lainnya
  • Istisqa Utama, sholat dua rakaat yang didahului dengan dua khutbah

Niat Sholat Istisqo

أُصَلِّيْ سُنَّةَ اْلإِسْتِسْقَاءِ رَكْعَتَيْنِ (……..) لِلَّهِ تَعَالَى

Ushalli Sunnatal Istisqa’i rak’ataini (imaman atau ma’muman) Lillahi Ta’ala.

Artinya :
“Saya Niat Salat Sunah Istisqa’ Dua Rakaat (jadi imam atau makmum) karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Sholat Istisqa

Adapun tata cara melaksanakan sholat istisqa dua rakaat adalah sebagai berikut, yakni sama dengan sholat sunnah yang lain, yakni sebagai berikut:

  • Membaca Niat
  • Pada rakaat pertama, takbir 7 kali dan pada rakaat kedua takbir 5 kali
  • Rakaat pertama diutamakan membaca Al-Fatihah dan Al-Ala
  • Rakaat kedua diutamakan membaca Al-Fatihah dan Al-Ghasiyah
  • Setelah sholat, diutamakan membaca khutbah dua kali
  • Berdoa menghadap kiblat dengan mengangkat dua tangan
  • Membaca doa istisqa bagi ahli bait
  • Kaum laki-laki disunnahkan membalikkan selendang dan sorbannya
  • Imam dianjurkan keluar bersama jamaah
  • Dianjurkan membawa hewan ternak

Doa Sholat Istisqa

Ada dua bacaan pada shalat istisqa, yakni doa yang dilafadzkan setelah selesai sholat dan doa yang dibacakan ketika hujan sudah turun ke muka bumi. Berikut adalah bacaan doanya.

1. Doa Setelah Sholat Istisqa

السَّماءَ عَلَيْنا مِدْرَاراً؛ اللَّهُمَّ اسْقِنا الغَيْثَ وَلا تَجْعَلْنا مِنَ القَانِطِينَ. اللهم إنَّ بِالعِبادِ والبِلادِ والبهائم والخلق من اللأواء والجهد والضنك ما لا نشكوه إلا إليك. اللَّهُمَّ أنْبِتْ لَنا الزَّرْعَ، وَأدِرَّ لَنا الضَّرْعَ، وَاسْقِنا مِنْ بَرَكاتِ السَّماءِ، وأنْبِتْ لَنا مِنْ بَرَكاتِ الأرْضِ؛ اللَّهُمَّ ارْفَعْ عَنَّا الجَهْدَ وَالجُوعَ والعُرْيَ، واكْشِفْ عَنَّا مِنَ البَلاءِ ما لا يَكْشِفُهُ غَيْرُكَ

اللهم اسقنا الغيثَ وانصرنا على الأعداء. اللهم أنت أمرتنا بدعائك ووعدتنا إجابتك، وقد دعوناك كما أمرتنا فأجبنا كما وعدتنا، اللهم امنن علينا بمغفرة ما قارفنا، وإجابتك في سقيانا، وسعة رزقنا.

2. Doa Setelah Hujan Turun

اللّهُمَّ اجْعَلهُ صَيِّبَاً هَنِيئاً نافعاً. اللهم حوالينا ولا علينا.ويقولون: مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ وَرَحْمَتِهِ

Artinya:
“Ya Allah jadikan hujan yang menyejahterakan dan bermanfaat. Ya Allah turunkan di sekeliling kami bukan adzab bagi kami. Dan jamaah mengucapkan:” Hujan turun dengan karunia dan rahmat Allah.”

Waktu Pelaksanaan

Jika hanya membaca doa istisqa saja, maka kita bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja. Namun jika melakukan sholat dan membaca doa, maka sebaiknya dilakukan pada saat khutbah jumat.

Adapun waktu paling utama melaksanakan shalat minta hujan atau istisqa adalah pada waktu Dhuha hingga Dzuhur, sama halnya seperti Sholat Idul Fitri atau Sholat Idul Adha.

Akhir Kata

Sekian artikel lengkap mengenai Sholat Istisqo, semoga membantu untuk yang sedang mencari sholat minta hujan, niat sholat turun hujan, niat shalat istisqa, bacaan doa setelah salat istisqa dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *