SHOLAT NIFSU SYABAN : Niat, Tata Cara, Waktu

By | Juni 13, 2019
sholat nifsu syaban

Shalat nifsu syaban, sholat nifsu sya ban, shalat nifsu saban

Doagama.com – Sholat nifsu syaban. Sholat ini merupakan ibadah sunnah yang dilakukan pada bulan Sya’ban, tepatnya pada tanggal 15 Sya’ban dalam kalender hijriyah atau Islam baik laki-laki maupun perempuan.

Sebelumnya saya juga sudah membuat artikel tentang Doa Malam Nifsu Syaban, maka artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel tersebut. Adapun hadits shahih menjalankan sholat sunnah nifsu sya ban telah diriwayatkan oleh Ibnu Majjah berbunyi:

“Apabila telah datang malam Nisfu Sya’ban maka kamu Shalatlah pada malamnya dan kerjakanlah puasa pada siangnya maka sesungguhnya Allah akan turun pada malam itu sampai terbenamnya matahari ke langit dunia, lalu Allah SWT berfirman: tidaklah seseorang yang memohon ampun kepada-Ku kecuali akan Ku (Allah) ampuni dia, tidaklah seorang hamba memohon Rizeki kepada-Ku maka akan aku berikan Rezeki kepadanya, tidaklah seseorang memohon dihindarkan dari bala kecuali akan Ku berikan kesehatan dan tidaklah permohonan ini dan permintaan itu kecuali Aku (Allah) mengabulkannya hingga terbitnya Fajar”. (HR Ibnu Majah)

Pada artikel ini saya akan membahas bacaan niat sholat sunnah pada malma nifsu syaban, tata cara dan waktu pelaksanaannya. Silahkan disimak pada artikel selengkapnya di bawah ini.

Bacaan Niat Sholat Nifsu Syaban

Ada dua macam bacaan doa niat untuk sholat sunnah ini. Berikut adalah niat sholat nifsu syaban Arab, latin beserta artinya.

Niat Sholat Sunnah Nifsu Syaban

اُصَلِّىْ سُنَّةً نِصْفُ شَعْبَانَ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan nisfu sya’baana rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya:
“Saya sholat sunnat Nisfu Sya’ban dua rakaat karena Allah Ta’ala”

Lafadz Niat Sholat Nifsu Syaban

اُصَلِّىْ سُنَّةَ لَيْلَةِ نِصْفُ شَعْبَانَ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Usholli sunnata lailati nisfu sya’baana rok’ataini lillahi ta’alaa.

Artinya:
“Saya sholat sunnat malam Nisfu Sya’ban dua rakaat karena Allah Ta’ala”

Tata Cara Sholat Sunnah Nifsu Syaban

Berikut adalah tata cara sholat nifsu sya’ban secara lengkap mulai dari saat sholat hingga hal-hal yang dilakukan setelah sholat.

Melaksanakan Sholat

  • Membaca niat sholat
  • Pada rakaat pertama, dianjurkan membaca Al-Fatihah dan Al-Kafirun
  • Pada rakaat kedua, dianjurkan membaca Al-Fatihah dan Al-Ikhlas
  • Kemudian mengucap salam

Membaca Surat Yasin

Setelah melaksanakan sholat, Dianjurkan untuk membaca surat Yasin sebanyak tiga kali dengan niat sebagai berikut.

  • Pada surat Yasin pertama, diniatkan untuk memohon agar panjang umur
  • Pada surat Yasin kedua, diniatkan untuk memohon rezeki yang lancar dan halal
  • Pada surat Yasin ketiga, diniatkan untuk memohon keteguhan iman kepada Allah SWT

Membaca Doa Malam Nifsu Syaban

Setelah selesai membaca tiga kali surat Yasin, dianjurkan untuk membaca doa nifsu syaban sebagai berikut.

اَللّٰهُمَّ يَاذَا الْمَنِّ وَلاَ يُمَنُّ عَلَيْكَ يَاذَا اْلجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ يَاذَا الطَّوْلِ وَاْلاِنْعَامِ لاَاِلٰهَ اِلاَّ اَنْتَ ظَهَرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَاَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ

اَللّٰهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَطَرْدِي وَاِقْتَارَ رِزْقِي وَاَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُوْ اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ اُمُّ اْلكِتَابِ

اِلٰهِيْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا اَعْلَمُ وَمَا لاَ اَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم


Waktu Pelaksanaan

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya bahwa untuk melaksanakan sholat sunnah nifsu syaban, setiap muslim dapat menjalankannya pada pertengahan bulan Sya’ban, tepatnya tanggal 15 Sya’ban di kalender hijriyah/Islam.

Untuk waktunya sendiri, sholat sunnah ini dapat dikerjakan pada malam hari setelah melaksanakan sholat Isya. Waktu yang sangat dianjurkan dan sesuai sunnah dalam agama Islam untuk laki-laki maupun perempuan.

Akhir Kata

Terima kasih telah membaca artikel mengenai Sholat Nifsu Syaban. Semoga membantu dan menjadi amal ibadah bila kita berkenan untuk membagikannya melalui media sosial.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *