SHOLAT SAFAR : Niat, Tata Cara, Doa, Waktu

By | April 23, 2019
sholat safar

Cara shalat safar sesuai sunnah, niat shalat safar beserta artinya, shalat safar perjalanan

Doagama.com – Sholat safar. Sebelum melakukan perjalana,, kita perlu melaksanakan sholat safar. Shalat safar ini dikerjakan secara sunnah bagi yang ingin beribadah umroh, haji, menuntut ilmu, berdagang dan apapun yang bukan merupakan perbuatan maksiat.

Hukum sholat ini adalah sunnah. Apabila dikerjakan mendapat pahala dan apabila tidak, maka tidak akan mendapat dosa. Sholat ini dikerjakan untuk mendapat keridhaan Allah SWT supaya perjalanan kita dilancarkan dan mendapat berkah ketika telah sampai di sana.

Nah, bagiamana sih cara mengerjakan sholat safar? Berapa rakaat, tata cara pelaksanaannya, bacaan niatnya, waktu, jumlah rakaat, dikerjakan berjamaah atau sendiri-sendiri? Pertanyaan tersebut akan saya jawab satu per satu melalui sub bab dibawah ini.

Keutamaan Sholat Safar

Setiap ibadah pasti memiliki keutamaan atau manfaat. Tidak terkecuali dengan shalat safar. Banyak sekali keutamaan dari menjalankan sholat sunnah ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memohon ridha Allah SWT atas perjalanan yang dilakukan
  • Meminta perlindungan Allah SWT selama perjalanan agar selamat sampai tujuan
  • Memohon berkah dalam perjalanan baik sebelum berangkat, saat di jalan, dan ketika sampai ke tempat tujuan
  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT
  • Menambah amal ibadah untuk timbangan di akhirat kelak

Sebenarnya, masih banyak keutamaan dari menjalankan sholat sunnah safar, namun tidak saya sebutkan semua karena halaman ini pasti tidak akan cukup untuk menjelaskannya.

Niat Sholat Safar

Sholat safar bisa dikerjakan sebanyak dua rakaat maupun empat rakaat. Tidak ada kewajiban untuk ini, jadi, kamu dapat menyesuaikan dengan keperluan atau kemampuan masing-masing. Jangan memaksanakn empat rakaat karena dua rakaat saja juga sudah sangat baik.

Berikut adalah bacaan doa niat shalat safar yang ditulis dalam bahasa Arab, terjemahan Indonesia dan tulisan latin. Silahkan disimak

1. Niat Shalat Safar Dua Rakaat

اُصَلّي سًنّةَ السَّفَرِرَكْعَتيْنِ للّهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatas safari rak’ataini Lillahi Ta’ala.

Artinya :
“Aku berniat shalat sunat safar dua rakaat karena Allah Yang Maha Tinggi.”

2. Niat Shalat Safar Empat Rakaat

اُصَلّي سًنّةَ السَّفَرِأَرْبَعَ رَكَعَاتٍ للّهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatas safari arba’a raka’ati Lillahi Ta’ala.

Artinya :
“Aku berniat shalat sunat safar empat rakaat karena Allah Yang Maha Tinggi.”

Tata Cara Sholat Safar

Bagaimana cara shalat safar? Apakah ada ketentuan-ketentuan khusus? Sebenarnya, cara menjalankan sholat yang biasa disebut sebagai shalat ketika bepergian jauh ini sama dengan sholat sunnah yang lain.

1. Melaksanakan Shalat Safar

Ketika kita selesai siap-siap, sudah mandi dan berpakaian, kita mengambil air wudhu dan melaksanakan salat safar dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Membaca Niat Sholat.
  • Membaca Takbiratul Ihram.
  • Membaca Surat Al-Fatihah dan Al-Kafirun (diutamaakan) pada rakaat pertama.
  • Membaca Surat Al-Fatihah dan Al-Ihlas (diutamakan) pada rakaat kedua.
  • Melakukan Ruku’.
  • Melakukan I’tidal.
  • Kemudian Sujud.
  • Lalu Duduk Di Antara Dua Sujud.
  • Kemudian Sujud kembali.
  • Membaca Tahiyat Awal dan Akhir, kemudian membaca Salam.
  • Membaca Doa Shalat Safar

Setelah selesai sholat, kamu bisa membaca doa bepergian jauh atau doa safar atau dzikir shalat safar seperti berikut ini.

2. Membaca Doa Setelah Shalat Safar

Berikut adalah doa setelah melaksanakan shalat safar ditulis dalam bahasa Arab, tulisan latin dan terjemahan Indonesia.

اَللَّهُمَّ اِنَّانَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَالبِرَّوَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَاتَرْضَى , اَللَّهُمَّ هُوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاَطُوْ عَنّا بُعْدَهُ.اَللّهُمَّ اَنْتَ الصَاحِبُ فِى السّفَرِوَالْخَلِفَةً فى الأَهْلِ.اللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وكَابَةِ الْمَنْظَرِوَسُوْءِالْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ والأَهْلِ

Allahumma inna nas-aluka hazal birri wat taqwa wa minal ‘amali ma tardha. Allahumma hawwin ‘alaina safarona haza wathwi ‘anna bu’dahu . Allahumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli. Allahumma inni a’uzubika min wa’zais safari wa kabatil mandzar wa su-il munqolabi fil mali wal ahli.

Artinya :
“Ya Allah, sesunggunya kami memohon kepada-Mu kebaikan dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami. Ya Allah, mudhkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagi kami jarak yang jauh. Ya Allah, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga. Ya Allah, sesunggunya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga.”

3. Membaca Doa Keluar Rumah

Setelah selesai, kita bisa keluar rumah untuk memulai perjalanan, namun jangan lupa mmebaca doa keluar rumah seperti berikut:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَحَوْلَ ولاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللَّهِ العَلِيِّ العَظِيْ

Bismillahi tawakkaltu ‘alallah la hawla wala quwwata illa billahil aliyyil adhim.

Artinya :
“Dengan menyebut nama Allah, aku berserah diri kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung.”

Waktu Pelaksanaan

Waktu paling mustajab melaksanakan shalat safar adalah setelah kita selesai siap-siap dan hendak segera bepergian. Sekitar 1 jam atau 30 menit sebelum berangkat ke tempat tujuan, sebaiknya melaksanakan shalat safar.

Jika waktu terlalu mepet, kamu bisa mengerjakan hanya 2 rakaat saja, namun jika waktu terluang banyak, silahkan kerjakan empat rakaat untuk menambah amalan ibadah kita.

Akhir Kata

Terimakasih telah mengunjungi blog ini dan membaca Sholat Safar. Artikel ini banyak dicari dengan kata kunci bacaan shalat safar, doa setelah shalat safar, doa safar haji, cara shalat safar, waktu shalat safar yang mustajab dan sebagainya.

One thought on “SHOLAT SAFAR : Niat, Tata Cara, Doa, Waktu

  1. pene grande

    Artikel yang menarik untuk dibaca, blog yang bagus untuk dikunjungi

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *