SHOLAT TAHAJUD : Niat, Tata Cara, Doa Bacaan, Waktu

By | April 20, 2019
doa setelah sholat tahajud

Amalan dan doa sholat tahajud, tata cara sholat tahajud dan bacaannya, sholat tahajud jam

Doagama.com – Sholat tahajud. Satu-satunya sholat sunnah yang langsung diperintahkan Allah SWT melalui al-Quran. Oleh karena itu, shalat ini merupakan shalat yang sangat istimewa dan mulia. Tentu umat muslim berlomba-lomba untuk mengerjakan shalat tahajjud ini.

Hukum sholat sunnah tahajud adalah sunnah mukkadah, yakni sunnah yang sangat dianjurkan. Bahkan awalnya sholat ini merupakan sholat wajib yang tidak boleh ditinggalkan, sebelum turunnya perintah sholat lima waktu.

Pada artikel ini saya ingin membahas secara lengkap mengenai shalat tahajud mulai dari keutamaan atau manfaatnya, bacaan niat sholat, tata cara tahajud, dan waktu melaksanakan salat tahajud. Silahkan disimak dan apabila ada kesalahan, mohon dikoreksi.

Keutamaan Sholat Tahajud

Shalat ini memiliki banyak sekali manfaat atau keutamaan, juga merupakan sholat malam yang paling banyak memiliki kebaikan. Berikut beberapa keutamaan yang dimiliki salat tahajud berikut ini.

  • Allah SWT menempatkan orang yang rajin melaksanakan tahajud ke kedudukan yang terpuji.
  • Shalat tahajud menjadi kunci masuk surga dengan selamat dan aman.
  • Shalat yang disebut dengan qiyamul lail atau shalat lail ini merupakan sholat sunnah yang paling utama tanpa mengesampingkan keutamaan sholat sunnah lainnya.
  • Orang yang senantiasa bertahajud akan mendapat kemuliaan dan kewibawaan di mata Allah serta ditempatkan di surga terbaik-Nya.
  • Orang yang bertahajud kemudian melafadzkan doa, insyaallah doanya akan segera dikabulkan.
  • Sholat ini merupakan kebiasaan orang-orang shalih terdahulu, bahkan Rasulullah SAW tetap menjadikan sholat ini sebagai sholat wajib meski sudah turun perintah sholat 5 waktu.
  • Setiap orang tentu memiliki dosa, namun orang yang melazimkan tahajud insyaallah akan dihapuskan dosanya dan terhindar dari hal-hal yang menimbulkan maksiat.
  • Dengan izin Allah SWT, orang-orang yang mengamalkan salat tahajud niscaya akan terhindar dari penyakitnya.

Sebenarnya masih banyak keutamaan yang akan kita dapat dari shalat tahajud, namun tidak akan saya tulis semua karena akan terlalu panjang dan saya tulis sebagian saja yang paling utama atau penting.

Niat Sholat Tahajud

Berikut adalah bacaan doa niat shalat tahajud dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya dalam terjemahan Indonesia.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat tahajudi rok’ataini lillahi ta’aalaa.

Artinya:
“Aku niat sholat sunnah Tahajud dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Sholat Tahajud

Pada dasarnya, tahajud dikerjakan sama seperti sholat sunnah lain, yakni dua rakaat salam, dua rakaat salam. Beberapa ulama berpendapat mengenai jumlah rakaat yang dikerjakan pada shalat tahajud.

1. Cara Melaksanakan Sholat Tahajud

Rasulullah biasa mengerjakannya dengan 11 rakaat termasuk witir atau 13 rakaat termasuk witir. Berikut adalah cara melaksanakan sholat ini sesuai sunnah.

  • Membaca niat
  • Membaca takbiratul ihram dan doa iftitah
  • Membaca Al-Fatihah dan surat panjang
  • Ruku’ dan membaca doa
  • I’tidal dan membaca doa
  • Sujud dan membaca doa
  • Duduk di antara dua sujud dan membaca doa
  • Sujud lagi dan membaca doa
  • Berdiri lagi untuk melaksanakan rakaat kedua
  • Ulangi dari membaca Al-Fatihah hingga sujud kedua
  • Membaca tahiyat akhir dan salam

Ulangi beberapa kali tergantung rekaat yang kamu hendaki, 4 kali untuk yang ingin menjalani 8 rakaat dan 5 kali untuk yang menjalani 10 rakaat. Setelah itu, kerjakan witir.

2. Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud

Setelah selesai melaksanakan shalat tahajud, kita dapat membaca dzikir tahajud seperti berikut ini. Insyaallah setelah membaca doa ini, permohonan kita akan dikabulkan oleh-Nya. Berikut adalah bacaan setelah tahajud yang paling singkat.

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya :
“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari)

Selain doa tersebut, terdapat versi lain dari doa tahajud yang lebih panjang dan lengkap. Semuanya telah dibahas di artikel lain yang bisa kamu kunjungi melalui tautan di bawah ini.

Baca : Doa Setelah Sholat Tahajud

Waktu Pelaksanaan

Sholat tahajud dikerjakan pada malam hari. Waktu mustajab untuk menjalankan shalat tahajud adalah pada sepertiga malam terakhir, yakni dimulai pada pukul 01.30 hingga 04.30 WIB, WIT atau WITA tepat sebelum masuk waktu Sholat Subuh. Namun demikian, waktu melaksanakan sholat sunnah ini terbagi menjadi tiga sebagai berikut.

1. Tahajud pada Sepertiga Malam Pertama

Waktu pertama untuk menjalankan shalat tahajud adalah pada sepertiga malam pertama. Dimulai setelah Sholat Isya selesai sejak pukul 08.00 hingga 10.30 WIB, WIT atau WITA.

2. Tahajud pada Sepertiga Malam Kedua

Waktu menjalankan salat tahajud pada sepertiga malam kedua dimulai pukul 10.30 hingga 01.30 WIB, WIT atau WITA. Ketika orang-orang sudah mulai mengantuk dan bersiap untuk tidur.

3. Tahajud pada Sepertiga Malam Terakhir

Waktu ini disebut sebagai waktu paling mustajab melaksanakan shalat tahajud, yakni pada sepertiga malam terakhir. Waktu salat tahajud jam 01.30 sampai 04.30 WIB, WIT dan WITA.

Akhir Kata

Itu dia artikel mengenai Sholat Tahajud. Semoga membantu untuk yang mencari shalat tahajud berapa rakaat, amalan dan doa shalat tahajud, cara salat tahajud dan witir, dan sebagainya. Apabila ada pertanyaan, silahkan tulis pada kolom komentar di bawah.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *