SHOLAT TASBIH : Niat, Doa, Tata Cara, Waktu

By | Juni 12, 2019
sholat tasbih

Keajaiban sholat tasbih, dzikir setelah sholat tasbih, manfaat sholat tasbih

Doagama.com – Sholat tasbih. Mungkin sedikit awam, tapi sholat tasbih merupakan salah satu dari sholat sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sholat ini memiliki keutamaan yaitu dzikir dan tasbihnya hanya kepada Allah SWT sang penguasa alam.

Umat Islam memang jarang yang mengetahui soal sholat ini karena sholat ini jarang dikerjakan. Namun baginda Rasul sangat mengajurkan sholat ini. Jika mampu, kerjakan sholat ini setiap hari, jika tidak, kerjakan sekali dalam seminggu, jika tidak mampu lagi, kerjakan sekali dalam sebulan, jika tidak mampu lagi, kerjakan sekali seumur hidup.

Shalat tasbih bisa dikerjakan 4 rakaat atau dua rakaat, hukumnya sunnah, yakni jika tidak dikerjakan tidak berdosa dan apabila dikerjakan mendapat pahala. Untuk menambah pahala pada akhirat kelak, tidak ada salahnya untuk menjalankan sholat ini, walaupun hanya sekali seumur hidup.

Keutamaan Sholat Tasbih

Banyak sekali keutamaan dari melaksanakan salat tasbih ini. Berikut beberapa keutamaan atau manfaat yang bisa kita dapat dengan rutin mengerjakan shalat tasbih.

  • Menjadi sholat yang kalimatnya paling dipilih oleh Allah SWT, yakni kalimat yang dipilih terhadap malaikat dan hamba-Nya, kalimat Subhanallahi wa bihamdihi’.
  • Ucapan tasbih dapat menambah berat timbangan amal kebaikan kita di akhirat kelak.
  • Ucapan dan shalat tasbih dapat menjadi penghapus dosa yang pernah kita perbuat di hari-hari sebelumnya.
  • Umat muslim yang rajin mengerjakan shalat tasbih akan dibuatkan kebun kurma yang luas di surga kelak.
  • Menghindarkan diri dari rasa sedih dan penyakit berat seperti stroke atau kanker.
  • Salat tasbih dapat membuat hati kita tenang dalam mengelola pikiran sehingga kita dapat lebih berpikir jernih dalam menghadapi persoalan.

Selain itu, masih banyak keutamaan lain dari melaksanakan shalat tasbih. Namun pada pembahasan ini, saya hanya menyebut beberapa saja agar tidak terlalu panjang.

Niat Sholat Tasbih

Ada dua jenis shalat tasbih, yakni 4 rekaat satu salam dan dua rekaat salam dua rekaat salam. Keduanya memiliki bacaan niat yang berbeda. Berikut adalah bacaan doa niat shalat tasbih bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia.

1. Niat Sholat Tasbih Dua Rakaat

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat-tashbiihi rok’ataini lillahi taa’alaa.

Artinya :
“Saya niat sholat sunat tasbih dua rakaat karena Allah ta’ala.”

2. Niat Sholat Tasbih Empat Rakaat

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat-tashbiihi arba’a raka’ati lillahi taa’alaa.

Artinya :
“Saya niat sholat sunat tasbih 4 rakaat karena Allah ta’ala.”

Bacaan Tasbih Saat Sholat

Doa tasbih ini dibaca setelah membaca surat al-fatihah dan suratan pendek. Dibaca sebanyak 15 kali. Berikut adalah bacaan tasbih dalam bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia.

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ

Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallohu allohu akbar.

Artinya :
“Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar.”

Doa Setelah Selesai Sholat

Selain itu, terdapat doa bacaan setelah selesai menjalankan shalat tasbih. Berikut adalah bacaan doa sesudah shalat tasbih dalam bahasa Arab, latin dan artinya dalam terjemahan Indonesia.

1. Doa Shalat Tasbih Bahasa Arab

اللّهُمَّ اِنِّى اَسْئَلُكَ تَوْفِيْقَ اَهْلِ اْلهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ اْليَقِيْن وَمُنَاصَحَةَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزَمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجَدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ اْلعِلْمِ حَتىَّ اَخَافَكَ

اللّهُمَّ اِنِّى اَسْئَلُكَ مَخَافَةً تُحْجِزُنِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَعَاتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُ بِهِ رِضَاكَ وَحَتَّى اُنَاصِحَكَ فِى

التَّوْبَةِ خَوْفًا مِنْكَ وَحَتَّى اُخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّالَكَ وَحَتَّى اَتَوَكَّلَ عَلَيْكَ فِى اْلأُمُوْرِ كُلِّهَا وَاُحْسِنَ الظَّنَّ بِكَ سُبْحَانَ

خَالِقِ النُّوْرِ رَبَّنَا اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَغْفِرْلَنَا اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْر بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّّاحِمِيْن

2. Doa Shalat Tasbih Latin

Yaa Alloohu ya Rohmaanu yaa Rohiimu yaa Hayyu yaa Qoyyuumu yaa dzal jalaali wal-ikroom, yaa ahlat taqwaa wa ahlal maghfiroh, yaa dzaakirodz dzaakiriin, tub ‘alayya taubatan nashuuhaa, wazidnii bifadhli rohmatika nuuron wazhuhuuron wawudhuuhaa. Yaa arhamar roohimiin.

3. Doa Shalat Tasbih Terjemahan Indonesia

Artinya:
“Ya Allah yang Maha Pengasih, yang Maha Penyayang, yang Maha Hidup dan Maha Berdiri sendiri, wahai Dzat yang Memiliki Keperkasaan dan Kemuliaan, Pemilik ketaqwaan dan Ampunan, wahai yang diingat para pedzikir, anugerahkanlah padaku taubat nasuha dan tambahkanlah bagiku dengan rahmat-Mu cahaya, kejelasan dan kebersihan. Wahai Dzat yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.”

Tata Cara Sholat Tasbih

Shalat tasbih dikerjakan minimal 2 rakaat dan maksimal 4 rakaat. Sama seperti sholat sunnah lainnya, berikut adalah tata cara menjalankan shalat sunah tasbih.

  • Membaca Niat Sholat
  • Membaca Surat Al-Fatihah dan Suratan Pendek
  • Membaca Bacaan Tasbih sebanyak 15 kali
  • Tuku’
  • I’tidal dengan membaca Tasbih sebanyak 10 kali
  • Sujud
  • Duduk diantara dua sujud
  • Sujud kembali
  • Salam
  • Membaca Subhaana mallaa ya’lamu qodrohu ghoiruhu walaa yablughul waashifuuna shifatah. Subhaana robbiyal ‘aliyyil a’lal wahhaab.
  • Membaca Doa Setelah Shalat Tasbih

Jika melaksankaan sholat yang dua rakaat salam, dua rakaat salam, maka bacaan doa setelah sholatnya dibaca setelah selesai melaksanakan rakaat kedua.

Waktu Pelaksanaan

Salat tasbih berapa rakaat? Jenis shalat tasbih ada dua, yakni 4 rakaat sekali salam dan empat rakaat dibagi dua salam. Keduanya dikerjakan masing-masing dalam waktu sebagai berikut.

  • Jika Siang Hari setelah Sholat Dzuhur, maka salat tasbih dikerjakan 4 rakaat sekali salam.
  • Jika Malam Hari setelah Sholat Isya, maka salat tasbih dikerjakan 4 rakaat dibagi dua salam atau masing-masing 2 rakaat.

Akhir Kata

Itu dia cara melaksanakan, niat, waktu dan doa dzikir setelah Sholat Tasbih. Semoga membantu untuk yang mencari gambar tata cara salat tasbih, waktu shalat tasbih siang hari, shalat tasbih malam hari dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *