SHOLAT TAUBAT : Niat, Doa, Tata Cara, Waktu

By | April 21, 2019
sholat taubat

Waktu sholat taubat nasuha, manfaat sholat taubat tiap hari, sholat taubat yusuf mansyur

Doagama.com – Sholat taubat. Selain taubat atau tobat, sholat ini juga disebut sebagai sholat istighfar, sholat minta ampun atau semacamnya. Shalat ini dikerjakan untuk memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa yang diperbuat sebelumnya.

Perlu diperhatikan bahwa shalat taubat hanya akan diterima apabila kita tidak melakukan kesalahan yang sama sesudah menjalankan sholat ini. Melakukannya dengan sepenuh hati, bertekad untuk tidak lagi berbuat dosa dan hendaknya dikerjakan sebelum ajal menjemput.

Manusia memang ladangnya berbuat dosa, maka dari itu, sholat ini sangat dianjurkan dalam Islam untuk dikerjakan oleh muslim atau muslimah. Pada artikel ini akan saya jelaskan keutamaan shalat taubat, tata cara, jumlah rakaat, waktu pelaksanaan, niat dan doa dzikir yang dibaca setelah sholat.

Keutamaan Sholat Taubat

Shalat taubat atau sholat memohon ampun kepada Allah SWT ini memiliki banyak sekali manfaat atau keutamaan. Beberapa manfaat atau keutamaan jika mengerjakan salat taubat adalah:

  • Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa yang pernah diperbuat.
  • Allah SWT menjanjikan surga kekal bagi siapa saja yang mengerjakan sholat minta ampun dengan sungguh-sungguh.
  • Allah SWT memberikan timbangan amal yang tinggi untuk bekal di akhirat

Jumlah Rakaat Sholat Taubat

Shalat taubat dikerjakan berapa rakaat? Shalat taubat dapat dikerjakan minimal 2 rakaat dan maksimal 6 rakaat. Jadi, shalat sunnah ini dapat dikerjakan dalam:

  • 2 rakaat
  • 4 rakaat
  • 6 rakaat

Adapun cara mengerjakannya sama dengan sholat sunnah lain yakni dua rakaat salam, dua rakaat salam.

Niat Sholat Taubat

Niat shala taubat dalam bahasa Arab, latin dan terjemahan Indonesia adalah sebagai berikut:

أصلي سنة التوبة ركعتين لله تعالي

Ushalli sunnatat taubati rokaataini lillahi taala.

Artinya :
“Saya niat shalat sunnah taubat dua rokaat karena Allah.”

Bacaan Doa Setelah Sholat

Berikut adalah bacaan yang dibaca setelah selesai melaksanakan sholat istighfar dalam bahas Arab, tulisan latin beserta artinya atau terjemahan Indonesia.

1. Dzikir Sholat Taubat

عَلَيْكُمْبِلاَإِلَهَإِلاَّاللهُوَالاِسْتِغْفَارِفَاكْثِرُوْامِنْهُمَافَإِنَّإِبْلِيْسَقَالَ : أَهْلَكْتُالنَّاسَبِالذُّنُوْبِوَأَهْلَكُوْنِيبِلاَإِلَهَإِلاَّاللهُوَالْاِسْتِغْفَارِفَلَمَّارَأَيْتُذَلِكَأَهْلَكَأَهْلَكْتُهُمْبِالْأَهْوَاءِفَهُمْيِحْسَبُوْنَأَنَّهُمْمُهْتَدُوْنَ

Artinya :
“Hendaklah kalian membaca Laailaaha illallah dan istigfar lalu perbanyaklah membaca keduanya karena iblis berkata : “Aku telah membinasakan manusia dengan dosa sedangkan mereka membinasakanku dengan Laailaaha illallah, istigfar, lalu tatkala aku mengetahui demikian maka aku binasakan mereka dengan (mengikuti) hawa nafsu maka akhirnya mereka menyangka dan merasa bahwa sesungguhnya mereka itu sedang mendapatkan petunjuk (dan sedang berada diatas kebenaran).”
(HR. Al-Imam Al-Hafidz Ibnu Ya’la)

2. Istighfar

أسْتَغْفِرُ اللّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لا إلَهَ إلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأتُوبُ إلَيْه

Astaghfirullahal ladzi laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi.

Artinya :
“Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

3. Tasbih

سُبْحَانَ اللّهِ وَ بِحَمْدِهِ

Subhanallahi wa bihamdihi.

Artinya :
“Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya.”

Baca : Sholat Tasbih

4. Doa Setelah Sholat Taubat

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ تَوْ فِيْقَ اَهْلِ الْهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجِدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّ غْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى اَخَافَكَ . اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ مَخَا فَةً تَحْجُزُ نِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَا عَتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ حَتَّى اُنَا صِحَكَ فِىالتَّوْ بَةِ خَوْ فًا مِنْكَ وَحَتَّى اَخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ وَحَتَّى اَتَوَ كَّلَ عَلَيْكَ فَ اْلاُمُوْرِ كُلِّهَاوَحُسْنَ ظَنٍّ بِكَ . سُبْحَانَ خَالِقِ نُوْرٍ

Artinya :
“Ya Allah sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu Taufiq(pertolongan)nya orang-orang yang mendapatkan petunjuk(hidayah),dan perbuatannya orang-orang yang bertaubat, dan cita-cita orang-orang yang sabar, dan kesungguhan orang-orang yang takut, dan pencariannya orang-orang yang cinta, dan ibadahnya orang-orang yang menjauhkan diri dari dosa (wara’), dan ma’rifatnya orang-orang berilmu sehingga hamba takut kepada-Mu. Ya Allah sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu rasa takut yang membentengi hamba dari durhaka kepada-Mu, sehingga hamba menunaikan keta’atan kepada-Mu yang berhak mendapatkan ridho-Mu sehingga hamba tulus kepada-Mu dalam bertaubat karena takut pada-Mu, dan sehingga hamba mengikhlaskan ketulusan untuk-Mu karena cinta kepada-Mu, dan sehingga hamba berserah diri kepada-Mu dalam semua urusan, dan hamba memohon baik sangka kepada-Mu. Maha suci Dzat Yang Menciptakan Cahaya.”

Jika doa tersebut dirasa terlalu panjang, terdapat doa shalat taubat yang lebih ringkas. Selengkapnya bisa dibaca pada artikel di bawah.

Baca : Doa Setelah Sholat Taubat

Tata Cara Shalat Taubat

Shalat taubat dikerjakan 2, 4 atau 6 rakaat dengan dua rakaat salam. Tata cara melaksanakan shalat sunnah taubat adalah sama dengan sholat sunnah lain, yakni sebagai berikut:

  • Membaca Niat Sholat.
  • Membaca Surat Al-Fatihah dan surat pendek, kalau bisa Surat Al-Kafirun.
  • Ruku‘.
  • I’tidal.
  • Sujud.
  • Duduk Diantara Dua Sujud.
  • Sujud kembali.
  • Tahiyat Awal dan Akhir, kemudian Salam.
  • Membaca Doa Setelah Shalat Taubat, mulai dari doa dzikir, istighfar, tasbih dan doa sesudah shalat taubat.

Waktu Pelaksanaan

Beberapa ulama sepakat menyebutkan bahwa waktu paling utama atau mustajab untuk melaksanakan shalat sunnah taubat adalah pada 2/3 malam atau waktu qiyamul lail, sekitar pukul 10.30 hingga 01.30 WIB, WITA, WIT.

Shalat taubat sangat dianjurkan dikejakan sebelum Sholat Tahajud. Kerjakan shalat taubat terlebih dahulu, kemudian tidur sebentar dan bangun lagi pada sepertiga malam terakhir untuk menjalankan shalat tahajud.

Akhir Kata

Terima kasih telah membaca Sholat Taubat. Semoga membantu untuk yang sedang mencari waktu shalat taubat nasuha, tata cara shalat taubat yang shahih, doa shalat taubat zina, dan sebagainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *