SHOLAT TOLAK BALA REBO WEKASAN : Niat, Tata Cara, Waktu

By | Juli 12, 2019
sholat tolak bala rebo wekasan

Niat, tata cara, doa, dan waktu pelaksanaan sholat tolak bala rebo wekasan.

Doagama.com – Sholat tolak bala rebo wekasan. Pada bulan kedua di kalender Hijriyah, yakni bulan Safar, terdapat satu hari yang istimewa dan umat muslim dianjutkan untuk melakukan banyak amalan pada hari itu. Yakni pada malam rabu terakhir di bulan Safar.

Diantara amalan baik pada malam rabu terakhir di bulan Safar atau yang biasa disebut Rebo Wekasan adalah melaksanakan sholat sunnah tolak bala atau lidaf’i bala. Tujuannya adalah meminta kepada Allah SWT agar terhindar dari malapetaka, bahaya dan diberi Keselamatan.

Konon Rebo Wekasan disebut sebagai hari diturunkannya 320.000 macam penyakit dan bencana ke muka bumi serta 20.000 marabahaya. Untuk itu, sudah menjadi kewajiban bagi kita sebagai umat muslim agar meminta perlindungan kepada Allah SWT karena Dialah yang maha melindungi.

Baca : Niat dan Tata Cara Sholat Safar

Maka rata-rata kegiatan yang dilakukan pada hari tersebut adalah bersifat tolak bala. Walau Rasulullah SAW tidak pernah mengerjakan sholat ini, namun menurut situs NU yang membahas hukum sholat rebo wekasan dalam islam, sholat ini akan dianggap berbeda jika diniati sebagai Sholat Mutlak.

Tata cara mengerjakan sholat tolak bala rebo wekasan dijelaskan pada kitab al-Jawahir al-Khomsi halaman 51-52 yang dilaksanan pada hari rabu terakhir bulan Safar. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel di bawah ini.

Niat Sholat Tolak Bala Rebo Wekasan

Sholat tolak bala dapat dikerjakan sendiri-sendiri sebagai sholat sunnah 4 rakaat dengan dua kali salam. Berikut adalah bacaan niatnya.

اُصَلِّي سُنَّةً لِدَفْعِ الْبَلاَءِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan lidaf’il balaa’i rok’ataini lillahi ta’aala.

Artinya:
“Saya sholat sunnah untuk tolak bala dua rakaat karena Allah.”

Tata Cara Sholat

Sholat rebo wekasan atau tolak bala dikerjakan sebanyak 4 rakaat dengan dua kali salam. Tata cara melaksanakannya sama seperti sholat wajib atau sholat sunnah pada umumnya.

Namun sangat disarankan membaca surat Al-Kautsar, Al-Ikhlas dan Al-Falaq dan An-Nas setiap selesai membaca al-Fatihah. Berikut adalah tata cara sholat tolak bala selengkapnya.

  • Membaca doa niat shalat rebo wekasan.
  • Membaca takbiratul ikhram.
  • Membaca doa iftitah.
  • Membaca surat al-Fatihah.
  • Membaca surat Al-Kautsar (17 kali), Al Iklhas (15 kali) dan Al-Falaq serta An-Nas (1 kali).
  • Ruku’.
  • I’tidal.
  • Sujud dua kali.
  • Ulangi rakaat kedua dengan bacaan yang sama.
  • Selesai.

Doa Setelah Sholat

Setelah melaksanakan sholat tolak bala, atau rebo wekasan, atau lidaf’il bala, silahkan baca doa berikut ini.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمْ يَاشَدِيْدُالْقُوَّى وَيَاشَدِيْدَالْمِحَالِ اّللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوذُبِكَ بِكَلِمَتِكَ التَّّآمَّاتِ كُلِّهَا مِنَ الرِّيحِ الْاَحْمَرِ وَمِنَ
الدَّاءِ الْاَكْبَرِ فِي النَّفْسِ وَالدَّمِّ وَاللَّحْمِ وَالْعُظْمِ وَالْْجُلُوْدِ وَالْعُرُوقِ سُبْحَانَكَ إِذَاقَضَيْتَ اَمْرًا أَنْتَقُولَ لَهُ كُنْ فَيَكُونَ , اَللهُ اَكْبَرْ
اَللهُ اَكْبَرْ اَللهُ اَكْبَرْ برحمتك يآارحم الرّا حمين

Artinya :
“Ya Alloh, aku berlindung kepada-Mu dengan kalimat-Mu yang sempurna dari angin merah dan penyakit yang besar di jiwa, daging, tulang dan urat. Maha Suci Engkau apabila memutuskan sesuatu hanyalah berkata kepadanya, Jadilah maka jadilah ia.”

Baca : Doa Amalan Rebo Wekasan

Waktu Pelaksanaan

Shalat tolak bala dikerjakan pada pagi hari, yakni setelah melaksanakan sholat isroq, isti’adzah dan Sholat Istikharah terebih dahulu.

Menurut sebagian ulama, isroq sendiri berarti Sholat Dhuha. Dan jika ingin mengerjakan sholat dhuha, sebaiknya kerjakan Sholat Subuh berjamaah kemudian lakukanlah dzikir sampai masuk waktu dhuha.

Akhir Kata

Itulah penjelasan Sholat Tolak Bala Rebo Wekasan. Semoga dapat membantu bagi yang sedang mencari asal usul sholat rebo wekasan, tolak bala, rabu wekasan atau rebo pungkasan yang sangat familiar dalam islam kejawen.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *