SHOLAWAT ASYGHIL : Lirik, Tulisan, Sejarah

By | Agustus 7, 2019
lirik tulisan shalawat asyghil

Teks lirik tulisan bacaan doa sholawat asyghil, keutamaan, sejarah, manfaat, faedah, artinya, arab, latin.

Doagama.com – Lirik tulisan sholawat asyghil. Bacaan teks shalawat asyghil memiliki arti sibuk, secara harfiah berarti bertujuan memohonkan rahmat kepada Allah SWT dari pemimpin yang dzalim yang tengah berkuasa.

Salawat ini juga dikenal sebagai shalawat Habib Ahmad bin Umar al-Hinduaan Baalawy karena beliaulah yang menciptakannya pada abad pertengahan ketika masa kejayaan Islam sedang berada di puncaknya.

Solawat asyghil menjadi populer beberapa tahun yang lalu ketika kasus Basuki Tjahaja Purnama mencuat karena dianggap menghina umat Islam setelah menyinggung surat Al-Maidah ayat 3 pada salah satu pidato kampanyenya.

Banyak umat muslim yang berkumpul di monas, mereka memopulerkan salawat asyghil agar memenangkan calon pemimpin muslim yang seiman. Akhirnya pada tahun itu juga Anies Baswedan yang menjadi gubernur DKI Jakarta.

Sejarah Shalawat Asyghil

Sebenarnya bagaimana sih sholawat asyghil itu? Jadi begini cerita dibalik sholawat yang belakangan populer di telinga masyarakat Indonesia ini, khususnya para kaum muslimin yang dikenal sebagai jamaah 212.

Konon selawat tersebut merupakan doa yang dipanjatkan oleh Imam Ja’far ash-Shadiq, salah satu ulama besar dan tonggak kedigdayaan Islam pada masa keemasannya.

Beliau hidup pada akhir era Dinasti Umawiyyah dan di awal masa Abbassiyah yang penuh dengan retorika politik. Beliau kerap membaca doa ini yang kemudian diikuti oleh para jemaahnya.

Lama kelamaan bacaan lirik shalawat asyghil menjadi populer di kalangan umat Islam serta dengan cepat menyebar ke seluruh penjuru dunia, termasuk sampai di telinga penduduk muslim Indonesia.

Pertama kali sholawat ini dikumandangkan ialah melalui radio milik Yayasan Pesantren asy-Syafi’iyyah yang dahulu diasuh oleh imam besar Betawi, KH Abdullah Syafi’i.

Keutamaan Sholawat Asyghil

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa intisari dari bacaan shalawat ini ialah memohon kepada Allah SWT agar diberi pemimpin yang jujur, bertanggungjawab serta beriman kepada-Nya.

Salawat yang memiliki arti sibuk ini juga dipercaya sebagai doa agar pemimpin yang zalim disibukkan dengan kepentingan mereka sendiri sehingga apa yang umat muslim harapkan bisa tercapai.

Secara lengkap, berikut adalah keutamaan, manfaat, faedah sholawat asyghil, termasuk fadhilah, karomah dan hikmahnya lengkap.

  • Memohon kepada Allah SWT agar pemimpin yang dzalim dijatuhkan dari kekuasaannya.
  • Meminta kepada Allah Ta’ala agar diberi pemimpin yang beriman dan bertaqwa, serta bertanggungjawab.
  • Memohon kepada Allah SWT agar pemimpin yang dzalim disibukkan dengan kepentingan mereka sendiri sehingga umat Islam bisa menggapai apa yang mereka cita-citakan.
  • Meminta kepada Allah SWT agar wilayah yang ditempati diberi berkah, rahmat serta hidayah-Nya.
  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  • Memuliakan nama Allah Yang Maha Besar dan Nabi akhir zaman, Rasulullah SAW.
  • Meningkatkan iman dan taqwa seorang hamba kepada-Nya.

Dan masih banyak lagi keutamaan shalawat asyghil yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

Lirik Tulisan Bacaan Sholawat Asyghil

sholawat asyghil
sholawat asyghil

Membaca salawat asyghil haruslah dengan hati yang bersungguh-sungguh, tidak boleh setengah hati apalagi terpaksa, karena Allah tahu mana yang benar-benar berdoa dan memohon kepada-Nya.

Perlu diingat bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa seseorang apabila ia benar-benar bersungguh-sungguh, dan juga apabila yang diinginkannya merupakan hal yang terbaik baginya.

Berikut adalah lirik, teks, lafadz, tulisan shalawat asyghil, arab, latin dan artinya. Termasuk bacaan doa sholawat asyghil, download, mp3 dan sebagainya.

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠﻰَ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ، ﻭَﺃَﺷْﻐِﻞِ ﺍﻟﻈَّﺎﻟِﻤِﻴﻦَ ﺑِﺎﻟﻈَّﺎﻟِﻤِﻴﻦَ
ﻭَﺃَﺧْﺮِﺟْﻨَﺎ ﻣِﻦْ ﺑَﻴْﻨِﻬِﻢْ ﺳَﺎﻟِﻤِﻴﻦَ ﻭَﻋﻠَﻰ ﺍﻟِﻪِ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪِ ﺃَﺟْﻤَﻌِﻴﻦ

Allohumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammadin, wa asyghilidz dzoolimiina bidz-dzoolimiina (2x) wa akhrijnaa min baynihim saalimiin wa ‘alaa alihi wa shohbihii ajma’in.

Artinya :
“Ya Allah, berikanlah shalawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad, dan sibukkanlah orang-orang zhalim agar mendapat kejahatan dari orang zhalim lainnya, selamatkanlah kami dari kejahatan mereka. Dan berilanlah shalawat kepada seluruh keluarga dan para sahabat beliau.”

Akhir Kata

Itulah lirik sholawat asyghil arab dan artinya, ijazah shalawat asyghil, tulisan, lirik latin, merdu mp3, sholawat asyghil musik, lagu, youtube, video, download, shalawat asyghil pendek lengkap.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *