SHOLAWAT GHAZALI : Bacaan, Doa, Keutamaan

By | Juli 30, 2019
teks lafadz bacaan doa shalawat ghazali

Lafadz teks bacaan doa sholawat ghazali arab, latin, terjemahan, keutamaan, manfaat, fadhilah, hikmah, faedah.

Doagama.com – Bacaan doa sholawat ghazali. Banyak sekali macam-macam shalawat nabi di dunia ini yang dikenal dalam ajaran Islam. Seluruh teks salawat bertujuan untuk memuliakan dan meninggikan nama Rasulullah SAW.

Bahkan salah satu dari bacaan sholawat Rasul dijadikan sebagai teks ucapan tahiyat akhir dalam sholat, yakni sholawat ibrahimiyah. Namun dari sekian banyak bacaan shalawat, salawat ghozali merupakan selawat yang diyakini bisa mendatangkan rezeki dari Allah SWT.

Hal ini bisa dilihat dari terjemahan sholawat ghozali yang secara garis besar, pendoa memohon kepada Allah agar melimpahkan berkat dan rahmat-Nya secara terus menerus kepada junjungan kita. Tidak ada ujung baginya tanpa keridhaan Allah SWT.

Keutamaan Sholawat Ghazali

Selain untuk mendapat rezeki yang melimpah, banyak keutamaan lain yang bisa diperoleh dari salawat ghazali sebagai faedah dan fadhilahnya. Seperti contohnya adalah mendekatkan diri kepada-Nya, memohon perlindungan-Nya dan lain sebagainya.

Secara garis besar keutamaan dari bacaan sholawat ini sama seperti bacaan shalawat lainnya karena tujuannya sama yakni memuliakan Nabi Muhammad SAW sebagai kekasih Allah, sebagai nabi akhir zaman dan yang telah menyebarkan agama Islam.

Berikut adalah manfaat, faedah, fadhilah shalawat ghozali atau keutamaan dan hikmahnya secara singkat.

  • Barang siapa membacanya secara istiqamah, maka Allah SWT akan melimpahkan rezekinya yang melimpah.
  • Siapa yang melafadzkannya secara sungguh-sungguh, akan diberkati di dunia dan akhirat.
  • Orang yang mengucapkannya dengan niat tulus, Allah SWT akan menyelamatkannya di hari kiamat.
  • Siapapun yang melantunkannya dengan hanya mengharap ridha-Nya, Allah SWT akan memberikan surga kepada-Nya.
  • Membaca sholawat ini sebanyak 16 kali selama 6 hari berturut-turut dan 17 kali pada hari ketujuh maka hati dan pikiran kita akan menjadi tenang dan jernih.
  • Memuliakan nama Nabi Muhammad SAW.
  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  • Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan hanya kepada-Nya.

Kenapa disebut secara singkat karena hikmah dari membaca sholawat sebenarnya tidak terbatas, banyak keutamaan yang bisa diperoleh pembacanya dan Allah SWT pasti akan mencintai mereka yang istiqomah dalam menjalaninya.

Bacaan Doa Sholawat Ghazali

sholawat ghazali
sholawat ghazali

Membaca sholawatan harus dilakukan dengan bersungguh-sungguh, termasuk selawat ghazali yang sangat istimewa ini. Karena jika tidak, maka kita tidak akan mendapat apapun termasuk pahala dari-Nya.

Bacaan teks lafal sholawat ghozali bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan Indonesia adalah sebagai berikut.

بسم الله الرحمن الرحيم اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً دَائِمَـــــةً مُسْتَمِرَّةٌ تَدُوْمُ بِدَوَامِكَ وَتَبْقَى بِبَقَـــائِكَ وَتَخْلُدُ بِخُلُوْدِكَ وَلاَغَايَــــة َلَهَا دُوْنَ مَرْضَـــاتِكَ وَلاَجَزَاءَ لِقَائِلِهَا وَمُصَلِّيْــــهَا غَيْرَ جَنَّتِكَ وَالنَّظْرِ اِلىَ وَجْهِكَ اْلكَرِيْمِ

Artinya :
“Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih dan penyayang. Ya Allah limpahkan lah rahmat pada junjungan kami Nabi Muhammad saw dan kepala keluarga junjungan kami Nabi Muhammad saw rahmat yang kekal dan terus menerus. ia kekal karena kekekalan-Mu. ia tetap karena ketetapanmu. Ia langgeng karena kelanggenganmu Tidak ada ujung baginya tanpa keridhaan-Mu. Tidak ada balasan bagi pembacanya dan yang memintakan rahmat selain surga-Mu dan melihat kepada wajah-Mu yang maha mulia.”

Tata Cara Mengamalkan

Disebutkan, ada cara pengamalan khusus untuk mendapat hikmah dari shalawat ini, yakni terlebih dahulu mendahuluinya dengan sholat tahajud, diikuti bacaan surat al ikhlas dan wirid atau dzikir ghazali.

1. Sholat Tahajud

Tata cara mengamalkannya adalah dengan melakukan sholat tahajud sebanyak 4 rakaat dengan masing-masing 2 kali salam. Berikut adalah rincian bacaan salam pada setiap rakaat.

Pada rakaat pertama membaca surat al-fatihah dan al-ikhlas sebanyak 10 kali, rakaat kedua 20 kali, ketiga 30 kali dan keempat 40 kali. Setelah selesai, bacalah doa ini.

الى حضرة النبي المصطفى صلى الله عليــــه وسلم واله وازواجـــه واولاده ودريتـــه الفــــــاتحـــة ….
الى حضرة نبي الله يوسوف عليـــه الســـلام الفـــاتحــة ….
ثم الى حضرة اخواته من الانبيـــاء والمرسلين والاوليـــاء والشهداء والصالحين والصحابة والتابعين والعلمـــاء العاملين والمصنفين المخلصين وجميع الملائــــكة المقربين خصوصا الى حضرة روح الشيخ عبد القدير الجيلان الفــــاتحة …..
ثنم الى حضرة جميع اهل القبور من المسلمين والمسلمــــات والمؤمنين والمؤمنات من مشارق الارض ومغاربهـــا برها وبحرها خصوصا اباءنا وامهــاتنا واجداتنا ومشايخنا ومشايخ مشايخنا واساتدة اساتدتنا ولمن اجتمعنا ههنا بسببه الفــــاتحة ….

Artinya:
“Kepada Yang terhormat Nabi terpilih (Nabi Muhammad saw), dan keluarganya, para isterinya, anak – anaknya dan semua cucu-cucunya. Al Fatihah…”

“Kepada Yang terhormat Nabiyullah Yusuf alaihissalam. Al Fatihah…”

“Kepada yang terhormat para handai taulannyadari pada Nabi dan Utusan, para wali, dan para pahlawan dan orang -orang yang shalih, para sahabat dan para tabi’in (pengikut), Para ulama’ yang mengamalkan ilmunya para pengarang yang ikhlas dan kepada semua para malaikat yang selalu taqarrub (mendekatkan diri kepada Allah swt) dan khusus yang terhormat atau teruntuk ruh Syeh abdul qadir al Jailani. Al fatihah…”

“Kepada yang terhormat semua ahli kubur dari kaum muslimin laiki-laki dan perempuan kepada kaum mukminin laiki-laki dan perempuan dari timur dan barat, baik yang di darat maupun yang di laut. Khususnya para bapak dan para ibu kami. Para kakek/nenek kami laki-laki maupun perempuan. Para guru besar kami dan para guru besar mereka para guru nya guru kami dan kepada orang yang menyebabkan kami semua berkumpul disini. Al Fatihah…”

2. Wirid Ghazali Sesudah Tahajud

Setelah selesai, kemudian membaca dzikir shalawat ghazali sebanyak 77 kali seperti berikut ini.

اللهم انا نسئلك رضاك والجنة ونعودبك من سخطك والنار ربنا اتنا فى الدنيا حسنة وفى الاخرة حسنة وقنا عداب النــــار

Artinya :
“Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi penyayang. Ya Allah sesungguhnya kami memohon keridhaan surga-Mu. Kami berlindung kepada-Mu dari murkamu dan api neraka. Wahai Tuhan kami, karuniailah kami kebajikan (kebaikan) di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”

Akhir Kata

Itulah teks lafadz bacaan doa sholawat ghazali beserta tata cara membacanya, keutamaan, faedah lengkap shalawat ghozali, manfaat, hikmah, fadhilah, serta selawat mp3, download, merdu dan sebainya.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *