SHOLAWAT HAJAT : Bacaan, Doa, Keutamaan

By | Agustus 2, 2019
teks lafadz bacaan doa shalawat hajat

Lafadz teks bacaan sholawat hajat dunia akhirat agar terkabul, keutamaan, manfaat, faedah, fadhilah.

Doagama.com – Bacaan doa sholawat hajat. Memperbanyak membaca shalawat merupakan amalan dan ibadah yang sangat mulia. Tujuannya adalah mendoakan Nabi Muhammad SAW karena Beliau adalah junjungan sekaligus Rasul kita.

Ada banyak macam bacaan shalawat yang dikenal di seluruh dunia, salah satunya adalah bacaan shalawat agar hajat, harapan atau keinginan bisa dikabulkan oleh Allah SWT.

Teks shalawat hajat tergolong pendek dibanding tulisan solawat lain seperti sholawat ibrahimiyah yang bahkan menjadi bacaan dalam tasyahud akhir ketika sholat wajib maupun sholat sunnah.

Keutamaan dan Manfaat Sholawat Hajat

Membaca doa solawat hajat harus dilakuan dengan sungguh-sungguh karena jika tidak maka kita tidak akan mendapat hasil apapun termasuk berkah dan rahmat dari Allah SWT.

Untuk itu, sebaiknya kuatkan niat terlebih dahulu di dalam hati. Untuk apa kita membaca shalawat ini, apakah harapan yang ingin diwujudkan itu penting atau tidak. Soal niat dan keyakinan, semua kembali pada diri masing-masing.

Syaikh Yusuf bin Ismail An-Nabhani menjelaskan bahwa salawat hajat memiliki banyak fadhilah dan faedah.

مائة حاجة سبعين منها في اخرته قال الشيخ السجاعي في حاشيته عليه ولفظها اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَهْلِ بَيْتِهِ

“Ibnu Hajar dalam kitab Al-Shawa’iq berkat: Diriwayatkan oleh Imam Ja’far secara marfu’ bahwa siapa saja yang membaca shalawat kepada Nabi Saw dan ahli baitnya sebanyak seratus kali, maka Allah mengabulkan hajatnya sebanyak seratus hajat, tujuh puluh di antaranya diberikan di akhirat. Syaikh Al-Suja’i berkata dalam kitab Hasyiah atas kita Al-Shawa’iq, ‘Lafadz shalawat tersebut adalah; Allohumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala sayidina muhammadin wa ‘ala ahli baitihi.”

Bacaan Doa Sholawat Hajat

sholawat hajat
sholawat hajat

Selawat hajat untuk mengabulkan keinginan dunia akhirat berasal dari buku kitab Afdalus Shalawat ‘ala Sayyidis Sadat karya Syaikh Yusuf bin Ismail An-Nabhani dari timur tengah.

Oleh karena itu lafadznya juga berasal dari bahasa Arab. Namun dalam perkembangannya shalawat ini diterjemahkan ke tulisan latin dan bahasa Indonesia sehingga lebih mudah dipahami oleh kita.

Berikut adalah teks doa solawat hajat bahasa Arab dan artinya lengkap.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَهْلِ بَيْتِهِ

Allohumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala sayidina muhammadin wa ‘ala ahli baitihi.

Artinya :
“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, kepada keluarganya dan kepada penghuni rumahnya (ahlil bait).”

Renungan

Ada hal yang perlu digarisbawahi di sini, bahsa sesungguhnya Allah SWT merupakan Tuhan yang Maha Mulia, Maha Mengabulkan permohonan karena dia adalah Zat yang maha besar.

Namun di sisi lain, Allah juga memiliki sifat Maha Penyayang dan Maha Mengetahui, maka dari itu apabila doa yang kita panjatkan tidak terkabul, mungkin memang itu adalah yang terbaik bagi kita.

Karena Allah SWT lebih tahu mana yang terbaik untuk kita, Allah Ta’ala akan menciptakan masa depan hidup yang lebih indah bagi kita. Jadi, jangan pernah berpikir bahwa Allah tidak mengabulkan doa karena tidak suka terhadap kita, itu salah.

Akhir Kata

Itulah penjelasan pengertian sholawat hajat, teks, lafadz, doa dan bacaan shalawat hajat untuk mengabulkan permintaan seseorang agar bisa lebih cepat terwujud. Amin.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *