SHOLAWAT IBRAHIMIYAH : Bacaan, Doa, Keutamaan

By | Juli 25, 2019
lafadz bacaan doa teks sholawat ibrahimiyah

Bacaan doa lafadz teks sholawat ibrahimiyah arab, latin, terjemahan dan keutamaan.

Doagama.com – Bacaan doa sholawat ibrahimiyah. Berikut adalah lafal shalawat ibrohimiyah, yang merupakan sholawat yang sangat terkenal di kalangan umat muslim karena setiap hari dibaca minimal sebanyak lima kali.

Shalawat ibrahimiyyah dibaca pada posisi duduk dalam tasyahud akhir ketika sholat. Dibandingkan dengan sholawat yang lain, shalawat ibrahimiyah merupakan bacaan teks sholawat yang paling istimewa shighatnya, menurut Syaikh Yusuf bin Ismail An-Nabhani atau imam al-Qadi, tokoh muslim Lebanon yang terkenal di era 1900-an.

Selain dibaca pada sholat wajib dan sunnah, bacaan selawat tersebut juga dapat dibaca pada waktu-waktu lain seperti di pengajian, majelis taklim, kultum atau ceramah keagamaan Islam. Tidak ada larangan untuk melakukannya di luar ibadah sholat.

Seperti tujuan dari sholawat-sholawat lainya, tujuan mengamalkan membaca sholawat ibrohimiyyah adalah untuk memohon keselamatan dan kedamaian bagi diri sendiri serta dunia pada umumnya. Karena sholawat sendiri berasal dari kata salam atu selamat.

Hadits Dalil Shalawat Ibrahimiyah

Banyak hadits shahih atau dalil yang meriwayatkan perihal shalawat ibrahimiyah ini, mereka diantaranya adalah Imam Malik, Imam Bukhari, Abu Dawud, Nazai, Turmudzi, Imam As-Sakhawi, Imam Al-Iraqi dan ulama-ulama besar lainnya.

Salah satu yang meriwayatkannya adalah Ahmad As-Shawi, yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut:

من قال هذه الصلاة شهدت له يوم القيامة بالشهادة وشفعت له

Artinya:
“Barangsiapa yang membaca shalawat ini maka aku bersaksi baginya di hari kiamat dengan kesaksian dan aku memberi syafaat baginya.”

– (H.R. Imam Ahmad As-Shawi)

Keutamaan Sholawat Ibrahimiyah

Menurut Imam Nawawi, bacaan sholawat ini dinamakan ibrahim karena merupakan bentuk sholawat yang paling utama, banyak menimbulkan pengaruh bagi siapa saja yang membacanya, terutama bagi siapa saja yang ingin menunaikan ibadah haji.

Memperbanyak sholawat ibrahimiyah secara istiqomah dalam kehidupan sehari-hari merupakan ibadah yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Berikut adalah keutamaan-keutamaan dari sholawat ibrahimiyah.

  • Merupakan bacaan sholawat yang paling utama dan istimewa.
  • Satu-satunya sholawat yang dibaca saat sholat.
  • Menimbulkan pengaruh besar jika dibaca terus-menerus secara istiqomah.
  • Barang siapa membacanya sebanyak seribu kali maka akan dapat melihat Rasulullah SAW.

Selain itu, masih banyak manfaat yang bisa didapat jika melafalkan shalawat ini seara rutin. Tentu tidak bisa disebutkan satu per satu karena sholawat yang paling istimewa dan utama pasti memiliki keutamaan yang luar biasa.

Teks Bacaan Doa Sholawat Ibrahimiyah

sholawat ibrahimiyah
sholawat ibrahimiyah

Ada satu hal yang menarik dibahas yakni penambahan kata sayyidina pada sholawat ibrahimiyah. Apakah yang utama adalah menambahkannya atau menghilangkannya?

Untuk ini, Imam Ahmad bin Hajar menjelaskan bahwa penambahan kata Sayyidina (artinya: baginda, tuan) sebelum kata Muhammad tidak apa-apa. Justru ini merupakan sebuah bentuk tata krama kepada Baginda Rasul dalam beribadah.

Karena Rasulullah SAW merupakan manusia yang dimuliakan, oleh karena itu akan sangat sopan apabila kita menambahkan kata sayyidina pada nama depan Muhammad untuk bacaan ibrahimiyah ketika sholat.

Berikut adalah teks lafal bacaan shalawat ibrahimiyah dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammad wa’alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa shallaita ‘alaa sayyidinaa ibraahiima wa’alaa aali sayyidinaa ibrahiia wabaarik ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa baarakta ‘alaa sayyidinaa ’alaa sayyidinaa ibraahima wa ‘alaa aali sayyidina ibraahima, fil ‘aalamiina innaka hamiidun majiidun.

Artinya :
“Ya Allah, berilah kasih saying kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayangmMu kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita nabi Ibrahim dan kelurganya diantara makhluk makhlukmu, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.”

Akhir Kata

Itulah bacaan doa sholawat ibrahimiyah lengkap beserta fadhilah atau keutamannya. Ditulis dalam bahasa arab beserta artinya dan terjemahannya. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Download sholawat ibrahimiyah mp3 merdu pendek kualitas terbaik, suara sholawat ibrahimiyah, karomah, lengkap, menurut wahidiyah, ijazah sejarah shalawat ibrahimiyah dibaca ketika duduk, kisah nyata pengamal.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *