SHOLAWAT MA’TSUROH : Bacaan, Doa, Keutamaan

By | Juli 24, 2019
bacaan doa teks lafadz sholawat matsuroh

Bacaan doa lafadz teks sholawat ma’tsuroh, pengertian, keutamaan, manfaat.

Doagama.com – Bacaan doa sholawat ma’tsuroh. Umat Islam mengenal berbagai macam bacaan shalawat Nabi Muhammad SAW. Salah satunya adalah shalawat ma’tsuroh yang merupakan kalimat sholawat yang sangat istimewa.

Sholawat sendiri merupakan doa yang dinyanyikan dalam bentuk lagu dengan suara indah atau merdu. Jadi barang siapa yang membaca sholawat maka juga telah berdoa kepada Allah SWT.

Mengapa sholawat ini disebut sebagai sholawat yang sangat istimewa? Karena bacaan sholawat ini merupakan shalawat yang waktu membaca, kalimat dan keutmaannya diajarkan langsung oleh Rasulullah SAW ketika Beliau masih hidup di dunia.

Sholawat ini disebut juga dengan ghoiruu matsuroh yang bacaannya disusun secara langsung oleh Baginda Nabi, para sahabat, auliyaa, para sholihiin dan umat Islam pada umumnya. Maka dari itu kalimatnya terdiri dari kata-kata yang indah serta merdu.

Selawat matsuroh mengekspresikan pujian, penghormatan serta getaran romantik rindu yang mendalam kepada Allah SWT, sang pencipta alam semesta dan pengatur segala apa yang terjadi di dunia.

Keutamaan Sholawat Ma’tsuroh

Sholawat dalam pengertian singkat berarti salam. Salam dalam hal ini memiliki makna bahwa kita memohon keselamatan, kedamaian, sejahtera dan aman sentosa kepada Allah SWT.

Jadi, seorang muslim yang membaca sholawat untuk Nabi Muhammad dimaksudkan untuk mendoakan dia semoga tetap hidup damai, sejahtera dan terhindar dari marabahaya.

Dalam al-quran, surat al-ahzab ayat 56 Allah menyerukan kepada seluruh umat Islam agar melaksanakan atau membaca sholawat.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi . Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

– (Q.S. Al-Ahzab : 56)

Karena sholawat ini merupakan sholawat yang tata cara membaca, waktu, kalimat dan keutamaannya telah dicontohkan langsung oleh Rasulullah SAW, maka tidak heran bila sholawat ini memiliki banyak sekali keutamaan yang mulia.

Berikut adalah macam-macam keutamaan dari sholawat ma’tsuroh untuk kehidupan sehari-hari.

  • Memuliakan nama Allah SWT yang maha besar.
  • Memuliakan nama Nabi Muhammad sebagai nabi akhir zaman.
  • Berdoa kepada Allah SWT untuk mengharap ridha-Nya.
  • Mengingatkan kita kepada Allah SWT.
  • Meningkatkan taqwa terhadap Allah SWT.
  • Membuat hati tenang.
  • Memohon keselamatan kepada Allah SWT.
  • Memohon bantuan terhadap permasalahan yang belum dapat kita atasi.

Dan masih banyak lagi keutamaan dari mengamalkan bacaan sholawat matsurah dalam kehidupan sehari-hari.

Teks Bacaan Lafadz Doa Sholawat Ma’tsuroh

sholawat matsuroh
sholawat matsuroh

Sholawat ma’tsuroh dibaca dengan suara merdu, seperti menyanyikan lagu. Sholawat dapat dibaca pada saat melakukan pengajian, kultum ramadhan, setelah membaca al-quran, berdzikir maupun pada waktu-waktu yang dimuliakan lainnya.

Bacaan sholawat ma’tsuroh tergolong pendek dibanding bacaan sholawat yang lainnya. Berikut adalah teks sholawat ma’tsuroh arab, latin dan terjemahannya.

أللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحّمَّدٍ نِالنَّـبِىِ اْلأُمِّىِّ وَعَلٰى اٰلِهِ وَسَلِّمْ

Artinya :
“Ya Allah! Limpahkanlah sholawat kepada Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya.”

Akhir Kata

Itulah bacaan sholawat ma’tsuroh yang merupakan sholawat yang dicontohkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Semoga kita dapat sama-sama mengamalkannya dengan baik.

Sholawat ma’tsuroh ditulis dalam bahasa Arab latin dan terjemahannya, fadilah sholawat matsuroh download mp3 merdu, pendek dan lengkap yang merupakan bagian dari kumpulan sholawat-sholawat nabi harian.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *