SHOLAWAT NARIYAH : Bacaan, Doa, Keutamaan

By | Agustus 6, 2019
teks tulisan bacaan doa shalawat nariyah

Tulisan teks doa bacaan sholawat nariyah, keutamaan, manfaat, faedah, fadhilah, arab, latin, artinya.

Doagama.com – Bacaan doa sholawat nariyah. Bersholawat merupakan kegiatan amalan yang sangat disenangi oleh Allah SWT. Barangsiapa membaca teks shalawat maka ia akan diberi 10 kemudahan, diampuni 10 dosanya dan ditambahkan 10 derajat baginya.

Ada banyak sekali macam-macam lagu sholawat yang sering dilantunkan umat muslim diantaranya adalah sholawat ibrahimiyah, sholawat ghazali, sholawat hajat dan salawat nariyah yang akan dibahas pada artikel hari ini.

Shalawat nariyat merupakan salah satu bacaan yang sangat populer dan sering dibaca oleh orang-orang yang sedang berada dalam masalah, cobaan atau marabahaya karena salah satu fadhilah dari sholawat ini ialah untuk mengadu kepada-Nya, Allah SWT.

Para ahli juga meyakini bahwa tulisan solawat nariyah merupakan kunci gudang yang mumpuni. Artinya adalah, menurut Imam Dainuri barang siapa yang membacanya 11 kali sehabis sholat fardhu maka rezekinya tidak akan putus dan akan mendapat pangkat dan kedudukan layaknya orang kaya.

Keutamaan dan Faedah Sholawat Nariyah

Selain untuk berdoa memohon pertolongan kepada Allah SWT, sholawat yang pada dasarnya merupakan pujian terhadap Rasulullah SAW ini juga diyakini memiliki manfaat dan faedah lain yang sangat banyak bagi siapapun yang mengamalkannya.

Yang terpenting dan perlu digarisbawahi bahwa ketika membacanya maka kita tidak boleh setengah-setengah dalam arti harus dibaca dengan sungguh-sungguh, niat untuk memuji nama Muhammad sebagai Nabi akhir zaman dan Allah Ta’ala sebagai Tuhan seluruh makhluk.

Berikut adalah beberapa keutamaan, faedah, manfaat, karomah dan hikmah sholawat nariyah bagi yang senantiasa dan istiqamah dalam mengamalkan selawat ini.

  • Sholawat nariyah dikenal juga sebagai sholawat tafrijiyah (pelepas kesungkaran). Bila membacanya sebanyak 11 kali selepas sholat 5 waktu maka Allah SWT tidak akan menghentikan pintu rezekinya.
  • Disebutkan bahwa apabila dibaca pada saat setelah sholat subuh sebanyak 31 kali, maka Allah Yang Maha Kuasa akan melancarkan segala aktifitas, urusan dan usahanya di hari itu.
  • Orang yang membaca salawat nariyat sebanyak 90 kali secara rutin dalam sehari maka akan dijauhkan dari segala macam penyakit mematikan.
  • Solawat nariyah apabila dibaca sebanyak 300 kali maka diyakini Allah akan mengabulkan semua hajat, permintaan atau harapannya.
  • Apabila mengamalkannya sebanyak 4444 kali, menurut Kitab Khozinatul Asror maka akan memermudah segala hajat dan keinginanya untuk dikabulkan.

Sejarah Shalawat Nariyah

Shalawat ini merupakan bacaan yang disusun oleh Syeikh Nariyah, beliau hidup di zaman Baginda Rasul sehingga merupakan salah satu sahabat Nabi. Beliau lebih fokus di bidang ketauhidan agama Islam.

Syaikh Nariyah selalu melihat kerja keras Kanjeng Nabi untuk menyebarkan agama Islam sehingga beliau selalu berdoa memohon keselamatan Nabi kepada Allah SWT yang maha menolong.

Doa-doa yang dibaca oleh Syeikh Nariyah tersebutlah yang kemudian menjadi dasar terbentuknya teks lagu sholawat narijah yang populer ini. Sehingga kemudian diteruskan oleh anak cucunya dan sampai di telinga kita pada saat ini.

Banyak yang menebut sholawat nariyah sesat, bi’dah atau semacamnya karena tidak tahu dan mengenal keampuhan sholawat nariyah, bagaimana keutamaan dan fadhilahnya.

Namun semakin banyak yang mengamalkannya dengan membuatkan video shalawat nariyah youtube, lagu mp3, lirik, download sholawat nariyah merdu.

Contoh yang paling populer di Indonesia ialah salawat nariyah yang dinyanyikan oleh Ustad Jefri Al Buchori, Fitriana Kamila, Idris Sardi dan M Rizqillah serta banyak lagi yang lainnya.

Teks Bacaan Sholawat Nariyah

sholawat nariyah
sholawat nariyah

Menurut hadits riwayat Ibu Mundah dan Jabir menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda barang siapa membacanya sebanyak 100 kali maka akan dikabulkan hajatnya 100 kali, 70 hajat di dunia dan 30 hajat di akhirat.

Oleh karena itu shalawat nariyah harus dibaca dengan segenap hati yang tulus, niatkan hanya untuk mengharap ridha dan pahala dari Allah SWT. Berikut adalah lafadz, teks, bacaan doa sholawat nariyah bahasa arab, latin dan artinya.

أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Alloohumma sholi sholaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman ‘alaa sayyidina muhammadinil ladzii tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu wa tuqdhoo bihil hawaa-iju wa tunaalu bihir-roghoo-ibu wa husnul khowaatimi wa yustasqol ghomaamu bi wajhihil kariimi wa ‘alaa aalihii wa shohbihii fii kulli lamhatin wa nafasin bi ‘adadi kulli ma’luumin laka’.

Artinya:
“Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

Akhir Kata

Itulah tulisan teks bacaan dan doa dari sholawat nariyah atau solawat tafrijiyah, shalawat qurthubiyah yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan bagi siapa saja yang rutin mengamalkan dan membacanya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *