SHOLAWAT SYIFA : Bacaan, Doa, Keutamaan

By | Juli 31, 2019
teks lafadz bacaan doa sholawat syifa

Teks lafadz doa bacaan sholawat syifa, keutamaan, manfaat, faedah, fadhilah, arab, latin, artinya.

Doagama.com – Bacaan doa sholawat syifa. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan kecintaan kepada Nabi Muhammad, salah satunya dengan membaca shalawat Nabi. Banyak sekali macam-macam bacaan solawat.

Salah satunya adalah shalawat syifa yang hampir mirip dengan ayat syifa. Yakni merupakan yang berkaitan dengan kedudukan Rasulullah SAW sebagai penyembuh dan penawar penyakit. Salawat ini disebut juga dengan shalawat Thibbil Qulub. Tentu dimaknai secara hakekat bahwa Allah SWT adalah yang mengabulkannya.

Dalil Shalawat

Membaca sholawat merupakan salah satu ibadah yang sangat baik karena tujuan dari selawat adalah memuliakan dan menjunjung tinggi nama Baginda Rasul. Bahkan perintah untuk mengamalkan salawat telah dituangkan dalam Al-Quran.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya :
“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah untuknya dan bersalamlah dengan sebenar-benar salam.” (QS. Al-Ahzab:56)

Pada surat Al-Ahzab ayat 56 tersebut dijelaskan bahwa Allah serta para malaikat bersholawat kepada Nabi. Maka dari itu, diperintahkan kepada umat Muslim di seluruh dunia untuk bersholawat kepada Kanjeng Nabi, bersalam dengan sungguh-sungguh.

Keutamaan Sholawat Syifa

Manfaat atau faedah shalawa syiifa dalat diperoleh apabila kita membacanya dengan sungguh-sungguh. Meniatkan diri untuk melafalkan shalawat hanya demi mengharap ridha dari Allah Ta’ala.

Salah satu fadhilah salawat syifa sebelumnya telah diberitahukan adalah untuk menjunjung tinggi nama Nabi SAW sebagai penyembuh dan penawar segala macam penyakit yang tentu yang mengabulkannya adalah Allah SWT. Selain itu, ada beberapat keutamaan lain dari solawat syifa, diantaranya:

  • Barang siapa membaca sholawat syifa 10 kali berturut-turut maka Allah SWT akan melimpahkan rahmat dan hidayahnya.
  • Barang siapa membacanya secara istiqamah, maka akan ditempatkan oleh Allah SWT di surga yang tertinggi.
  • Orang yang mengamalkan solawat syifa akan disembuhkan dan dijauhkan dari segala macam penyakit.
  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  • Memuliakan dan menjunjung tinggi nama Rasul SAW.
  • Membuat hati menjadi lebih tenang.

Dan masih banyak lagi faedah dari selawat syifa yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Kita boleh mengharap faedah-faedahnya namun perlu diingat bahwa doa yang paling utama adalah doa yang hanya untuk mengharap ridha Allah SWT.

Bacaan Doa Sholawat Syifa

sholawat syifa
sholawat syifa

Bacaan sholawat syifa diciptakan oleh orang Arab sehingga pada awal kemunculannya hanya merupakan teks tulisan bahasa Arab. Namun seiring perkembangan jaman bacaan sholawatnya diterjemahkan ke berbagai bahasa di dunia.

Termasuk di Indonesia. Teks sholawat syifa bahasa Arab telah diterjemahkan dan artinya secara langsung oleh para ahli. Berikut adalah lafadz bacaan salawat syifa.

أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آَلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ

Allaahumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammadin tibbi alqulubi wadawaaiha wa’afiyati al’abdaani wasyifaa’ihaa wanuuri alabshori wadliyaa’iha wa’alaa alihi washohbihi wabarik wasallim.

Artinya:
“Yaa Allah limpahkanlah rahmat kepada baginda kami Nabi Muhammad yang merupakan obat dan penyembuhan hati kami, penyehat dan penyelamat badan, yang merupakan cahaya dan sinar penglihatan, dan juga tumpahkan kesejahteraan itu atas keluarga dan sahabat-sahabatnya dan berilah keselamatan.”

Akhir Kata

Itulah mukkadimah, keutamaan, manfaat sholawat syifa, hikmah, faedah, fadhilah shalawat syifa, bacaan, doa, teks, tulisan arab, latin dan arti dari selawat syifa, mp3, download, musik, merdu. Semoga bermanfaat.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *