SHOLAWAT UMMI : Bacaan, Doa, Keutamaan

By | Juli 29, 2019
bacaan teks lafadz doa sholawat ummi

Tulisan lafadz teks bacaan doa sholawat ummi arab latin artinya, keutamaan, manfaat, hikmah, khasiat.

Doagama.com – Bacaan doa keutamaan sholawat ummi. Membaca teks shalawat ummi atau ummiyil salawatan ini sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Tentu hal ini didasari karena banyak sekali manfaat yang bisa didapat seseorang apabila mengamalkannya.

Ummi sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya tidak dapat membaca dan menulis. Hal tersebut juga dapat diartikan bahwa Muhammad SAW tidak dapat melakukan baca tulis seperti sekarang karena Rasulullah SAW kesempurnaannya melebihi baca tulis.

Dibanding sholawat lain, sholawat ummi tergolong pendek maka dari itu akan lebih mudah dihafal dan diingat. Namun belum diketahui jelas apakah sholawat ini termasuk ma’tsuroh atau ghoiru ma’tsuroh namun yang pasti sholawat ini merupakan karya Syeikh Abu Abbas Al-Mursy.

Dalam hal ini, doagama akan menjelaskan keterangan dari shalawat ummi, termasuk keutamaan, hadits, fadhilah, khasiat dan manfaat. Serta tidak ketinggalan shalawat ummi bacaan doa teks lafadznya dalam bahasa Arab, latin dan artinya.

Keterangan Hadits dan Fadhilah

Al-Baihaqi pernah meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda siapa saja yang melaksanakan sholat ashar pada hari jumat, dan kemudian setelah selesai meninggalkan sholat tersebut kemudian membaca “ALLAHUMMA SHOLLI ALAA MUHAMMADIN UMMYYI WA ALAA ALIHI WASALLIM TASLIIMAN” sebanyak 80 kali maka dosanya selama 80 tahun akan diampuni.

Lalu At Tuhfah Al-Maldriyyah Fil-Akhbaril Qudsiyyah Wal-Ahaditsin-Nabawiyyah – As-Syikh-Abdul Majid Al-‘Adawiy bilang bahwa Rasulullah bersabda barang siapa membaca salawat ummi sebanyak 100 kali, maka dia bisa melihat Allah, Rasulullah atau surga.

Siapapun yang membaca bacaan solawat ini secara rutin dan istiqamah sepanjang hari jumat sebanyak 500 kali, maka orang tersebut tidak akan mati terlebih dahulu sebelum dipertemukan dengan Baginda Rasul. Hal ini berdasarkan riwayat hadits oleh Syeikh Abbu Abbas Al-Mursy.

Terakhir ada Syeikh Yusuf An-Nabhani yang menerangkan bahwa siapapun yang mengamalkan sholawat ini maka akan mendapat faedah berupa bisa bertemu dengan Rasulullah SAW di alam nyata, atau setidaknya di alam mimpi ketika tidur.

Keutamaan Sholawat Ummi

Mengamalkan salawat ummy harus dalam kondisi hati yang istiqamah, sungguh-sungguh dan diniatkan untuk mengharap ridha-Nya. Dari keterangan-keterangan hadits di atas, maka dapat disimpulkakn bahwa selawat ummi memiliki keutamaan atau khasiat diantarnya:

  • Apabila dibaca 80 kali setelah sholat ashar pada hari jumat, maka dosanya akan diampuni selama 80 tahun.
  • Apabila membacanya sebanyak 100 kali, maka ia dapat bertemu dengan Allah SWT, Muhammad SAW dan surga yang indah.
  • Apabila membacanya sebanyak 500 bacaan pada hari jumat, maka ia tidak akan mati sebelum bertemu dengan Kanjeng Nabi.
  • Apabila mengamalkannya secara istiqamah maka ia bisa betemu dengan Rasulullah di alam nyata, atau di alam mimpi ketika tertidur.

Bacaan Doa Sholawat Ummi

sholawat ummi
sholawat ummi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa shalawat ummy merupakan karya dari Syeikh Abu Abbas Al-Mursy yang artinya memiliki bahasa asli yakni tulisan Arab.

Namun seiring perkembangannya, bacaan doa shalawat ini telah ditranslasikan ke dalam tulisan lati serta diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Berikut adalah lafalnya.

اَللَّــهُمَّ صَلِّ عَـلـٰى سَـيِّـدِنَـا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَنَـبِـيِّكَ وَرَسُوْلِكَ نَبِى الْأُمِّـى وَعَــلـٰى أَلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسِلِّـمْ.

Allahumma sholli’alaa sayyidinaa muhammadin abdika wanabiyyika wa Rosuulika Nabil Ummy wa a’laa alihi wa shohbihi wasillam.

Artinya :
“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya.

Akhir Kata

Itulah penjelasan, keterangan dari sholawat ummi, meliputi mukkadimah, fadilah, manfaat, khasiat dan keutamaan. Semoga artikel tentang bacaan doa teks tulisan shalawat ummi bahasa arab latin dan artinya ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *