Tulisan Arab Barakallah yang Benar Beserta Artinya

By | November 9, 2019
tulisan arab barakallah yang benar

Teks lafadz tulisan Arab barakallah yang benar lengkap dengan artinya, pengertian dan penjelasan.

Doagama.com – Tulisan arab barakallah yang benar beserta artinya. Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan kalimat barakallah karena kerap diucapkan pada saat perayaan tertentu.

Misalnya saat ulang tahun, selain mengucapkan doa panjang umur, seorang muslim juga berkata barakallah fii umrik, yang dimaksudkan untuk mendoakan kebaikan.

Atau saat ada sepasang pengantin yang baru menikah juga diberi ucapan barakallahu lakuma yang maknanya adalah mendoakan pasangan pengantin supaya hidup bahagia selamanya.

Nah apa sih arti dan makna lafadz barakallah? Lalu bagaimana teks serta tulisan Arab beserta artinya? Mungkin sebagian dari kita masih bertanya-tanya mengenai penjelasan kalimat barakallah.

Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai kata yang diambil dari bahasa Arab tersebut. Hal yang akan dibahas di sini mencakup pengertian serta tulisan bahasa Arabnya.

Pengertian Barakallah

Barakallah terdiri dari dua kata bahasa Arab, yaitu “barakah” yang artinya “mendapat berkah” dan “Allah” yang artinya “Tuhan Allah SWT“. Apabila digabung maka artinya menjadi semoga mendapat berkah dari Allah SWT.

Ada pula yang memaknai kalimat ini sebagai semoga mendapat kebaikan dari Allah SWT, semoga dilimpahkan nikmat, berkah, rezeki, dan sebagainya.

Barakallah fii umrik artinya semoga mendapat berkah dari Allah dalam usiamu, sedangkan barakallahu lakuma artinya semoga mendapat berkah dari pernikahanmu.

Intinya, barakallah merupakan ekspresi ucapan dari seseorang kepada orang lainnya untuk mendoakan kebaikan dan limpahan berkah dari Allah Ta’ala kepada orang yang didoakan.

Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa Rasulullah SAW mengucapkan kalimat tersebut saat menghadiri sebuah pernikahan sahabatnya. Berikut adalah doanya.

Baarakallahu lakuma wa baaraka ‘alaikuma wa jama’a bainakumaa fi khoir.

Arti dari kalimat yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW tersebut adalah sebagai berikut:

Semoga Allah senantiasa memberkahi kalian berdua dalam keadaan mudah dan dalam keadaan sulit, serta mengumpulkan kalian berdua senantiasa dalam kebaikan.

Selain itu, Rasul juga mencontohkan doa barakallah saat menjenguk istri sahabatnya yang baru saja melahirkan. Rasul membaca kalimat berikut:

Barakallahu laka fil mauhub, wa syakarta al wahib, wa balagha asyuddahu, wa ruziqta birrahu.

Yang apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti seperti ini:

Semoga Allah memberkahi kamu pada anak yang dikurniakan-Nya kepadamu, semoga kamu mensyukuri Tuhan Yang Maha Pemberi, semoga anak itu akan mencapai umur kuat/matangnya dan semoga kamu akan diberi rezeki kebaikannya.

Tulusan Arab Barakallah dan Artinya

tulisan arab barakallah
tulisan arab barakallah

Lalu, bagaimana tulisan Arab barakallah yang benar? Nah mungkin sebagian dari kita perlu mengetahui teks kalimat barakallah dalam tulisan Arab.

Selain digunakan untuk kartu ucapan selamat, kalima tersebut juga bisa dicantumkan pada kata pengantar skripsi, pembukaan pidato, khotbah dan untuk keperluan lainnya.

Secara lebih jelas, berikut adalah teks kalimat lafadz tulisan bahasa Arab barakallahu yang benar berdasarkan kaidah penulisan bahasa Arab.

بَارَكَ اللهُ

Barakallah.

Artinya:
“Semoga mendapat berkah dari Allah SWT.”

Sebenarnya kita juga bisa menjumpai kalimat ini pada beberapa Ayat di dalam Al Quran karena kata-kata tersebut sangat sering muncul pada kitab suci umat Islam tersebut.

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai tulisan arab barakallah, arabic text, maher zain, arti, makna, dan tulisan latin, pelafalan, jawaban dan penggunaan yang benar.

Jangan sungkan untuk bertanya apabila memiliki keluh kesah lainnya. Atau apabila ada request untuk memosting sebuah tulisan Arab, silahkan utarakan melalui kolom komentar yang tersedia.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *